Sukses

Cukup 30 Detik, Begini Cara Mudah Cek Kesehatan Jantungmu

Untuk membantu mengetahui kondisi tubuhmu, kami akan memberitahu cara memeriksa kesehatan jantungmu hanya dalam 30 detik.

Liputan6.com, Jakarta - Sangat penting untuk menjaga jantungmu tetap sehat, agar bisa hidup sehat. Nah, ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan baik-baik saja.

Untuk membantu mengetahui kondisi tubuhmu, kami akan memberitahu cara memeriksa kesehatan jantungmu hanya dalam 30 detik. Berikut ulasannya seperti melansir Brightside, Senin (16/12/2019).

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yakni siapkan sebuah wadah atau baskom yang cukup besar agar pas dengan kedua tanganmu. Lalu tuangkan air yang sangat dingin ke dalam wadah tersebut. Pertimbangkan memasukkan es untuk hasil yang lebih baik.

Selanjutnya, tempatkan tanganmu di dalam air dengan es batu selama 30 detik. Ini akan membantumu mengetahui bagaimana darahmu akan merespons ketika bersentuhan dengan air dingin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasilnya

Jika kamu sudah melakukan dua tahap tersebut, akan ada dua kemuningkan, jari memerah atau jari menjadi pucat.

Jari Memerah

Jika jari-jarimu memerah, ini menjadi kabar baik. Ini berarti kamu tidak memiliki masalah terkait dengan oksigenasi darahmu. Jantung dan sirkulasi darahmu sehat.

Jari Pucat atau Sianosis

Jika ujung jarimu menjadi pucat atau sianosis (memiliki warna kebiruan), kamu mungkin memiliki masalah sirkulasi darah. Ini terjadi karena ada kadar oksigen yang rendah dalam sel darah merahmu, atau karena kamu memiliki masalah memasukkan darah beroksigen ke dalam tubuhmu.

Jika kamu mengalami hal ini, coba segera memeriksakan diri ke dokter.

3 dari 3 halaman

Makanan yang Bisa Meningkatkan Jantung

Berikut beberapa makanan yang bisa meningkatkan jantungmu, bahkan mudah ditemukan di sekitarmu.

1. Bawang Putih

Bawang putih bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi vasokonstriksi.

2. Dark Cokelat

Dark cokelat bisa menormalkan tekanan darah dan melawan peradangan.

3. Kayu Manis

Kayu manis bisa melawan penyakit jantung dan aterosklerosis.

4. Alpukat

Alpukat bisa mengurangi kadar kolesterol "jahat" dan membantu membersihkan arteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.