Sukses

Konsumsi Campuran Jus Lemon dan Minyak Zaitun Tiap Hari, Ini 7 Manfaatnya

Minyak zaitun dan jus lemon keduanya banyak digunakan dalam pengobatan alternatif.

Liputan6.com, Jakarta - Minyak zaitun dan jus lemon keduanya banyak digunakan dalam pengobatan alternatif. Bersama-sama, mereka menawarkan kombinasi kuat vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak sehat.

Jika Anda ingin menambahkan jus lemon dan minyak zaitun dalam konsumsi tiap hari, dosis yang tepat adalah setengah sendok makan masing-masing. Jangan lebih dari satu dosis per hari karena bila terlalu banyak dapat memiliki beberapa efek samping seperti sakit perut dan enamel gigi yang melunak.

Berikut 7 manfaat mengonsumsi kedua bahan ini tiap hari seperti dilansir dari Nutritionexp.

1. Membantu mengikis lemak perut yang membandel

 

Jus lemon dan minyak zaitun bersama-sama menawarkan manfaat yang mendukung pencernaan yang sehat dan memuaskan rasa lapar dengan lebih sedikit makanan. Kapasitas campuran ini untuk mendukung hati dan kantong empedu mengarah pada pencernaan lemak yang efektif dan metabolisme yang lebih cepat serta efek anti-inflamasi.

Jus lemon dan minyak zaitun juga mengandung asam lemak esensial yang benar-benar memetabolisme lemak yang disimpan di daerah perut. Itu berarti tubuh yang lebih ramping dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Membantu mencegah penuaan dini

Antioksidan sangat penting untuk memperlambat efek penuaan. Ini dikarenakan radikal bebas dapat membuat kita terlihat lebih tua. Satu sendok jus lemon dan minyak zaitun setiap hari dapat menghasilkan antioksidan yang kuat.

Ini juga memberi Anda jumlah vitamin E yang baik, yang mengurangi munculnya garis-garis dan kerutan di kulit. Campuran dua bahan ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan mineral yang mendukung fungsi organ Anda, terutama ginjal, hati, dan sistem pencernaan.

3. Mencegah sembelit

Minyak zaitun adalah pencahar alami karena menghaluskan bagian dalam usus Anda dan membantu tinja menahan lebih banyak air sehingga lebih lembut. Jus lemon memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat merelakssi usus cukup untuk menghasilkan gerakan usus yang sehat.

Kombinasi jus lemon dan minyak zaitun merupakan langkah awal yang baik untuk meredakan kondisi sembelit yang menyakitkan. Obat pencahar kimia biasanya memiliki efek samping, sedangkan jus lemon dan minyak zaitun akan menghilangkan gejala-gejala tersebut.

 

3 dari 4 halaman

4. Baik untuk kulit, rambut, dan kuku

Rambut dan kuku dapat menjadi kering dan rapuh tanpa pelembab eksternal. Jus lemon dan minyak zaitun melakukan pekerjaan yang fantastis untuk melembabkan dan juga memberikan nutrisi penting. Anda bisa menggunakan campuran ini untuk merendam jari-jari Anda selama 15-30 menit kemudian pijat kuku untuk memastikan sebanyak mungkin diserap. Campuran ini juga memiliki sifat antiseptik dan astringen yang menjadikannya toner untuk kulit.

 

5. Mengontrol kolestrol

Lemak sehat dalam minyak zaitun dapat membantu mengatur lipid dalam darah yang pada gilirannya memperlambat pembentukan endapan plak di arteri Anda. Jus lemon menawarkan manfaat serupa berdasarkan vitamin C dan flavonoidnya.

Studi menunjukkan orang dengan kadar vitamin C tinggi dalam darah cenderung memiliki kadar trigliserida dan kolestrol yang lebih rendah. Bersama-sama, minyak zaitun dan jus lemon mendukung pemeliharaan kadar kolestrol baik.

 

4 dari 4 halaman

6. Mendukung sirkulasi dan menurunkan tekanan darah

Salah satu fitur keren dari minyak zaitun adalah ia memiliki sifat anti-koagulan. Ini berarti dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi Anda mengalami pembekuan darah yang berbahaya. Sementara vitamin C dalam jus lemon membuat arteri tetap fleksibel.

Lemon juga mengandung zat sitrat yang secara alami meningkatkan sirkulasi. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitu setiap hari sangat efektif dalam mengurangi tekanan darah tinggi sehingga 35% peserta dapat berhenti minum obat.

7. Baik untuk kesehatan sendi

Jus lemon dan minyak zaitun juga merupakan kombo yang bagus untuk perawatan sendi. Antioksidan dalam jus lemon melawan stres oksidatif yang dapat menyehatkan sendi.

Yang terbaik dari semuanya, jus lemon dan minyak zaitun dapat bermanfaat untuk sirkulasi dan kesehatan sendi ketika dikonsumsi baik secara oral atau dioleskan. Jika Anda ingin mencobanya secara dioles, cukup gosokkan sendi yang sakit. Ini bagus untuk varises.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini