Sukses

10 Kebiasaan Sehari-hari Ini Tanpa Disadari Membahayakan Kesehatanmu

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan seperti merokok dan makan makanan cepat saji memang membawa dampak negatif pada kesehatan. Padahal selain itu, ada kebiasaan-kebiasaan berbahaya lainnya yang kita lakukan tanpa disadari.

Apa saja? Melansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Menyimpan dompet di saku belakang

Ini adalah kebiasaan yang tak sehat. Duduk dengan dompet di saku belakang celana untuk 15 menit saja dapat menyebabkan tulang belakang berrgeser dan ligamen tulang belakang berubah.

Ini pada akhirnya membuat asimetri yang dapat mengganggu penyelerasan normal tulang belakang Anda. Duduk di dompet Anda dalam waktu lama juga dapat menyebabkan sakit punggung kronis, linu panggul, dan skoliosis.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 6 halaman

2. Bawa gawai ke tempat tidur

Studi terbaru menunjukkan bahwa menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur mengurangi kualitas tidur. Ini juga menyebabkan penambahan berat badan dan memicu kelelahan di siang hari.

Tak hanya itu, kebiasaan buruk ini juga memengaruhi tingkat produktivitas, kemampuan belajar, dan tingkat stres. Menjauhkan diri dari perangkat elektronik selama setidaknya satu jam sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur dan menjaga kesehatan.

3. Mencuci tangan dengan air panas

Meski diketahui bahwa air panas membunuh bakteri, ada persepsi yang salah tentang itu. Air panas mendidih lah sebenarnya yang membunuh bakteri.

Jika ingin membunuh kuman di tangan, ketimbang memakai air hangat, lebih baik menggunakan air dingin. Mencuci tangan dengan air hangat hanya akan melembutkan kulit Anda sehingga rentan terhadap kuman.

 

3 dari 6 halaman

4. Minum dari botol plastik

Tak semua botol plastik aman dan ramah lingkungan. Malahan, botol plastik murah menimbulkan ancaman dari bahan kimia yang dilepaskan saat terkena suhu tinggi yakni bisphenol A. Zat kimia ini dapat memengaruhi sistem endokrid dan meningkatkan risiko kanker payudara.

5. Makan terlalu cepat

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makan/mengunyah terlalu cepat dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Ini menyebabkan bertambahnya berat badan pada tingkat yang dipercepat dan bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Pemakan cepat juga lebih cenderung makan berlebihan. Ini dikarenakan butuh sekitar 20 menit dari saat Anda mulai makan untuk otak Anda mengirimkan sinyal kenyang. Jadi, Anda mungkin kenyang dan terus makan tapi tak mengetahuinya.

 

4 dari 6 halaman

6. Menyikat gigi segera setelah makan

Anda seharusnya menunggu setidaknya 30 menit setelah makan sebelum menyikatnya. Gigi berada kondisi terlemah setelah makan karena makanan menciptakan asam yang menghancurkan enamel pelindung pada gigi.

Menyikat gigi segera setelah makan sama berarti menyerang gigi. Lebih baik untuk biarkan air liur menyeimbangkan kadar asam di mulut terlebih dahulu sebelum menyikat gigi.

7. Membersihkan telinga dengan cotton bud

Penelitian menunjukkan membersihkan telinga dengan cotton bud justru mendorong kotoran telinga lebih jauh ke dalam saluran telinga. Ini juga dapat menyebabkan infeksi, gendang telinga yang rusak, bahkan tinitus.

Sebaiknya biarkan kotoran telinga rontok secara alami. Ini karena minyak di telinga berfungsi seperti filter untuk membersihkan kotoran yang masuk ke dalam telinga. Cukup bersihkan dengan handuk bila perlu.

 

5 dari 6 halaman

8. Duduk sepanjang hari

Duduk terlalu banyak membawa sejumlah masalah kesehatan. Duduk terlalu banyak berhubungan dengan masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan obesitas.

Cobalah beristirahat dari duduk tiap 30 menit, berdiri sambil berbicara, atau berjalan-jalan sebentar untuk meminimalkan efek negatif terlalu banyak duduk.

9. Tidur terlalu banyak

Penelitian telah membuktikan bahwa tidur berlebihan membawa sejumlah bahaya kesehatan. Jumlah tidur tiap orang bervariasi tapi tolok ukur rata-ratanya adalah 7-9 jam.

Lebih dari itu telah dikaitkan dengan depresi, penyakit jantung, obesitas, dan gangguan fungsi otak.

 

6 dari 6 halaman

10. Mengonsumsi terlalu banyak garam

Jumlah garam yang Anda konsumsi memiliki efek langsung pada kesehatan Anda. Ini juga dikaitkan dengan kondisi seperti tekanan darah tinggi, penyakit tinggi, dan kanker perut.

Mengonsumsi garam terlalu banyak membuat tubuh kita menahan air dan ini meningkatkan tekanan darah kita. Pada akhirnya, tekanan darah tinggi dapat membuat jantung, arteri, dan ginjal Anda sakit.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Tanpa Disadari Dapat Menghancurkan Gigimu
Artikel Selanjutnya
Merapikan Tempat Tidur... 8 Kebiasaan Pagi Hari yang Harus Dihindari