Sukses

Cara Efektif Membersihkan Ruangan Agar Tidak Capek 2 Kali

Begini beberapa tips kebersihan dari ahlinya, Melissa Maker.

Liputan6.com, Jakarta - Selain alat kebersihan dan bahan pembersih, ada hal lain yang perlu diperhatikan. Cara membersihkan pun tidak kalah penting agar kegiatan bersih-bersih efektif. 

Ketika kamu ingin membersihkan debu atau tumpahan makanan, bagaimana caramu membersihkannya? Saat membersihkan ruangan, apakah kamu juga memerhatikan caramu mengelap?

Kamu memang bisa menggunakan cara sendiri untuk membersihkan ruangan dan barangmu. Namun, seorang ahli dalam hal kebersihan, Melissa Maker, memberikan tips yang bisa kamu gunakan.

Seperti melansir dari tulisan Melissa Maker di Clean My Space, Minggu (25/8/2019), berikut beberapa tips membersihkan ruangan agar efektif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Atas ke Bawah, Kiri ke Kanan

Tips pertama adalah mulai membersihkan dari atas ke bawah, dan dari kiri ke kanan. Cara seperti ini akan lebih efektif dibandingkan membersihkan secara acak.

Cara membersihkan dari atas ke bawah akan bekerja efektif karena debu dan kotoran jatuh dari atas ke bawah ketika dibersihkan.

Jika kamu membersihkan bagian bawah terlebih dahulu, ketika membersihkan bagian atas, kotorannya bisa jatuh ke bagian bawah. Bisa-bisa, kamu perlu membersihkan bagian bawah dua kali.

Lalu, ketika membersihkan dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri, kamu perlu konsisten. Pilih cara membersihkan ini dari salah satu sisi.

3 dari 4 halaman

Pola S

Beberapa orang membersihkan atau mengelap dengan cara memutar. Jika kamu juga melakukannya, sebaiknya kamu mulai mengubahnya.

Membersihkan dengan cara memutar dapat membuat debu atau kotoran tidak terangkat, tapi justru mengotori tempat yang sama atau bahkan ke tempat lain.

Selain dari atas ke bawah, kiri ke kanan, Anda juga bisa menggunakan cara membersihkan dengan pola S. Cara ini sebenarnya sudah cukup terkenal.

Pola S bisa membuat bersih dan mengurangi garis atau guratan bekas cairan pembersih atau bekas debu. Coba mulai membersihkan dari samping lalu serupai bentuk huruf S atau zig-zag.

4 dari 4 halaman

Cek dengan 'eye level test'

Setelah selesai, pastikan ruangan atau benda telah bersih. Agar lebih terlihat, kamu bisa melihatnya dari berbagai sisi. Khususnya setelah membersihkan bagian horizontal seperti meja.

Sejajarkan mata dengan meja tersebut. Itu bisa membuatmu lebih mudah melihat debu atau kotoran yang terlewat. Cara itu umunya dikenal eye level test (tes tingkat mata).

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.