Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Disimpan dalam Lemari, Uang Kertas Rp 10 Juta Rusak Dimakan Rayap

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang tidak jarang menyimpan atau menabung uang. Tempat menyimpannya pun beragam, bisa di bank, celengan, brankas, atau tempat lainnya.

Begitu pula yang dilakukan seorang perempuan bernama Putri Buddin yang menyimpan uangnya di lemari. Namun, hal tak diinginkan terjadi.

"Niat hati biar ga boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap," twitnya melalui akun Twitter @putribuddin, Sabtu (17/8/2019).

Lembaran uang Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu memang tampak dalam foto yang diunggahnya itu. Twit tersebut pun menarik perhatian warganet dan telah mendapat lebih dari 2,4 ribu likes dan retweet.

2 dari 6 halaman

Sekitar Rp10 juta

Berdasarkan taksirannya, uang yang ditemukan Putri di lemari itu sekitar Rp10 juta.

"Itu uang yang aku kasih ke nenek aku sekitar Rp3 juta-an. Terus ditambahin sama nenek aku sampai Rp 10 jutaan." kata Putri ketika dihubungi tim Citizen6-Liputan6.com, Selasa (20/8/2019).

Perempuan itu pun lupa menyimpannya di lemari. "Nenek aku udah meninggal satu tahun yang lalu sih, kemungkinan udah dua tahun," tuturnya ketika ditanya berapa lama dirinya menyimpan uang itu.

Saat ditemukan, uang itu dipisahkannya menjadi dua buntelan. Satu tumpuk telah menjadi sarang rayap sehingga Putri memutuskan membuangnya. Tumpukkan uang lainnya dibungkus plastik seperti foto yang dibagikannya di Twitter. Dalam plastik itu, terdapat sekitar Rp 5,4 juta.

3 dari 6 halaman

Tukarkan uang

Meski sempat pesimis, perempuan itu pun memutuskan mengikuti saran teman-temannya. Dengan membawa sisa uang yang telah dimakanan rayap, Putri pergi ke Bank Indonesia (BI), pada Senin (19/8/2019).

Sesampainya di BI dan mengantre, saat penukaran pun tiba. Dengan hati-hati Putri mengeluarkan uangnya dan dibantu pekerja Bank.

Uang itu dipilih dan dipisahkan antara yang bisa ditukar dan tidak. Setelah dipisahkan, uang itu diperiksa kondisi fisiknya menggunakan alat.

4 dari 6 halaman

Pemeriksaan uang

"Fungsi alat ini membaca kelayakan dan keutuhan uang secara fisik. Uang yang dapat diganti harus memiliki keutuhan fisik sebesar minimal 67%," tulis Putri.

Uang yang keutuhan fisiknya kurang dari 67 persen akan dicap "TIDAK DIGANTI." Sedangkan uang yang kondisinya di atas 67 persen dilem di kertas putih.

5 dari 6 halaman

Uang yang diganti dan yang tidak

Dari Rp 5,4 juta yang dibawa Putri ke BI, tidak semua bisa ditukarkan. "Dari 5,4 jt uang gue yang diganti oleh BI senilai Rp1.050.000,00," twit pemilik akun @putribuddin itu.

Putri pun mengunggah sisa uang yang tidak bisa ditukarkannya. "Ini uang yang 'TIDAK DIGANTI' terus kata masnya disimpen aja buat kenang-kenangan. Dimasukin ke dalem plastik dong. Buat rayap-rayap lain yang laper lumayan," cuitnya.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
BI Beri Tips agar Uang Tak Dimakan Rayap