Sukses

Rayakan HUT ke-74 RI, Begini Kemeriahan di Komplek Persada Kemala, Bekasi

Liputan6.com, Jakarta - Kemerdekaan Indonesia dirayakan oleh seluruh bangsa dari Sabang sampai Merauke. Hari kebebasan NKRI dirayakan dengan berbagai cara. Mulai dari pemasangan bendera Merah Putih, dekorasi di jalan, hingga berbagai acara meriah.

Salah satu komplek di Bekasi, Jawa Barat, merayakan hari kemerdekaan dengan acara meriah dari pagi hingga malam hari. Komplek Persada Kemala, Bekasi Barat, mengajak seluruh penghuni di komplek tersebut untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai acara yang telah dirancang khusus untuk hari kemerdekaan setiap tahunnya.

2 dari 5 halaman

Ikatan Remaja Persada Kemala

Acara perayaan dirancang dan dilaksanakan oleh Ikatan Remaja Persada Kemana (IRPK). Komunitas ini merupakan perkumpulan dari remaja-remaja di komplek Persada Kemala yang ingin berorganisasi.

“Menjadikan kita untuk belajar lagi, untuk caranya berorganisasi, supaya kita terlatih juga untuk membuat acara,” ujar Karel (21), Ketua Pelaksana Acara Kemerdekaan Komplek Persada Kemala di Sport Club Persada Kemala pada Sabtu (17/8/2019).

 

Selain acara merayakan kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun, komunitas remaja ini juga membuat acara-acara lain setiap tahunnya.

“Tahun lalu itu, kita ada acara futsal. Futsal itu mengundang tim-tim luar, ya, antusiasmenya lumayan banyak. Setelah itu ada acara buka bersama dengan panti asuhan,” lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Acara

Perayaan dibuka dengan jalan sehat seluruh penghuni komplek Persada Kemala, yang kemudian disandingi dengan parade delman dan marching band dari Yayasan Feranissa Purwakarta. Setelah itu penghuni komplek berkumpul di Sport Club Persada Kemala untuk melanjutkan perayaan.

Tersedia bazaar makanan yang bertema nusantara, sehingga banyak dijual makanan-makanan daerah. Terdapat sekitar 14 tenant makanan yang berasal dari sekitar komplek Persada Kemala.

4 dari 5 halaman

Lomba

Berbagai lomba juga ikut memeriahkan perayaan ini. Lomba untuk menghibur anak-anak yang ikut dalam perayaan tersebut dilakukan dari siang hingga sore hari. Terdapat juga lomba yang mengajak ibu-ibu dari komplek tersebut untuk berpartisipasi seperti lomba memasak.

 

“Ada lomba makan kerupuk seperti biasa, lomba tangkap belut, paku botol, lomba bawa kelereng,” kata Kiki (19), Ketua Ikatan Remaja Persada Kemala di Sport Club Persada Kemala pada Sabtu (17/8/2019).

Malam hari merupakan puncak dari acara perayaan tujuhbelasan di komplek ini. Terdapat berbagai penampilan serta pembagian hadiah bagi pemenang lomba di panggung yang telah disediakan.

5 dari 5 halaman

Partisipasi Penghuni Komplek

Menurut Kiki, seluruh penghuni komplek telah diberitahukan akan adanya perayaan ini dari grup Whatsapp komplek. Selain itu, panitia juga melakukan pemberitahuan kepada semua penghuni setiap harinya dengan memutari komplek.

 

Ariefin (40), penghuni komplek Persada Kemala, mengaku selalu mengikuti perayaan kemerdekaan ini setiap tahun. Ia selalu bersedia untuk mengosongkan jadwal setiap tanggal 17 Agustus untuk mengajak keluarganya mengikuti acara di komplek itu.

“Dampingin anak, biar tau 17 Agustus seperti apa perayaannya, acaranya seperti apa. Biar anak juga ikut meramaikan,” tutur Ariefin saat acara lomba makan kerupuk berlangsung.

 

Salah satu orangtua lain yang juga merupakan penghuni Persada kemala, Lulu (38), juga mengungkapkan bahwa ia selalu merayakan hari kemerdekaan di komplek. Ia juga sekaligus menemani anak-anaknya melakukan berbagai lomba.

“Memang selalu ngadainnya di sini, di komplek,” kata Lulu.

Antusiasme seluruh warga terlihat dari ramainya perayaan ini. Merah Putih mewarnai komplek Persada Kemala membawa kegirangan dan solidaritas bagi seluruh penghuni komplek.

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Loading