Sukses

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Gelar Aksi Peduli Anak-Anak Pemulung

Liputan6.com, Jakarta - Antusias serta rona bahagia terlihat dari wajah anak-anak pemulung, Sekolah Kami, yang bertempat di Kawasan Pemulung-Bintara Jaya, Bekasi.

Sekiranya puluhan anak pemulung menghadiri acara Pentas Seni dan Kreatif yang digelar Mahasiswa Universitas Mercu Buana Kampus D, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Broadcasting dan Public Relations 2019, Sabtu (6/7/2019). 

Pada kesempatan tersebut, Tim Relation, yang merupakan kepanjangan dari Respect, Social, Creative, dan Education ini menggelar aksi peduli dengan sesama yang bertema “Bina Kreatif, Karakter, Sehat, serta Pentas Seni dan Kreatif”.

"Pentas Seni dan Kreatif" adalah bagian dari puncak acara yang bukan hanya sekadar memberikan hiburan namun juga edukasi serta pengalaman dalam menggali keahlian anak-anak tersebut di bidangnya masing-masing.

Pada puncak acara ini, mahasiswa/i UMB turut serta mengundang Lurah, RT, RW, para donator, dan ibu-ibu PKK untuk dapat melihat langsung kegiatan yang dilaksanakan di Sekolah Kami. Mereka berharap semua pihak yang hadir dapat memahami dan peduli atas kondisi warga mereka yang sangat membutuhkan bantuan untuk kehidupan yang lebih layak baik dari segi ekonomi maupun edukasi.

2 dari 5 halaman

Bina Karakter dan Kreatif

Keceriaan anak-anak tentunya telah memberikan energi positif tersendiri bagi para mahasiswa. Terlebih lagi banyak interaksi yang terjadi antara para mahasiswa dan anak-anak. Sejumlah anak juga telah memberanikan diri untuk bernyanyi dan memainkan gitar dalam memeriahkan acara puncak.

Ada pula kegiatan tanya jawab antara MC dengan anak-anak, pertunjukan sulap yang diisi oleh seorang relawan Dr. Kelvin Wilbent. Tak cukup sampai di situ, ada pula games yang semakin memeriahkan acara tersebut.

Sebelumnya telah melaksanakan kegiatan “Bina Karakter dan Kreatif” yang bertujuan untuk membangun karakter anak-anak dengan mengedukasi mengenai nilai-nilai akhlak, moral, serta budi pekerti.

Tak hanya itu, ada pula sesi pengembangan bakat seni, seperti membaca puisi maupun membuat video blog (vlog). Dalam setiap kegiatan, anak-anak tentunya mendapatkan pengarahan dari staf guru dan para mahasiswa program studi Broadcasting dan Public Relation UMB Bekasi.

3 dari 5 halaman

Penampilan Istimewa

Di akhir kegiatan, anak-anak turut memberikan kejutan kepada para mahasiwa berupa penampilan istimewa dengan bermain alat-alat musik tradisional.

Kegiatan aksi peduli ini juga dihadiri oleh Dosen Mata Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana, Dr. Santa Lorita Simamora. Menurutnya, meski digelar secara sederhana dirinya berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat besar bagi anak-anak pemulung di kawasan tersebut.

“Kontribusi tim KPN Mercu Buana Broadcasting dan PR 2019 mungkin terlihat kecil, tetapi dengan ketulusan hati, Insya Allah membawa manfaat besar bagi anak-anak pemulung dan anggota tim KPN itu sendiri.”

4 dari 5 halaman

Sekolah Kami

Sekolah Kami didirikan oleh dr. Irina Amongpradja sejak beberapa tahun silam. Lokasi yang sangat berdekatan dengan kawasan pemulung menjadikan Sekolah Kami sebagai tempat mengenyam pendidkan bagi anak-anak pemulung di sana.

Namun tak hanya anak-anak kawasan pemulung yang diperbolehkan belajar, tetapi juga mereka yang membutuhkan meskipun bukan dari bagian Kawasan Pemulung Bintara Jaya, Bekasi.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading