Sukses

Jangan Salah, Begini Cara Bersihkan Sepatu Sesuai Bahan

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti memiliki banyak sepatu dengan bentuk dan bahan yang berbeda-beda. Sepatu yang dipilih untuk dipakai tentu disesuaikan dengan situasi atau acara yang akan dihadiri.

Bahkan, ada juga beberapa orang yang memiliki koleksi sepatu pribadi yang jumlahnya tidak terhitung. Mulai dari high heels, sneakers, boots, pantofel dan lain sebagainya.

Banyaknya sepatu dengan berbagai warna dan bahan, pasti akan membuatmu kesulitan dalam merawat sepatu-sepatu tersebut. Jika salah dalam perawatannya, bisa-bisa sepatu tersebut menjadi rusak atau terlihat usang.

Lalu, bagaimana seharusnya merawat koleksi sepatu yang kamu miliki? Dengan berbagai tips berikut, kamu bisa membersihkan semua jenis sepatu tanpa harus takut sepatu akan cepat rusak.

1. Bahan Kain

Bahan kain sering kali digunakan untuk berbagai alas sepatu, mulai dari sandal, sepatu, pantofel dan sebagainya. Sepatu dengan bahan kain, pasti akan selalu kotor dengan cepat.

Namun jangan khawatir, kamu hanya perlu menyiapkan sedikit sabun pencuci piring, air hangat, sikat gigi bekas, dan beberapa handuk untuk membersihkannya.

Pertama-tama, gunakan handuk untuk membersihkan kotoran dan debu pada permukaan sepatu. Selanjutnya, campurkan satu sendok teh sabun cuci piring dan dua gelas air hangat ke dalam mangkuk. Celupkan sikat gigi ke dalam campuran tersebut dan gunakan untuk membersihkan setiap bagian sepatu.

Namun, pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak air saat mencuci. Setelah selesai, gunakan handuk lain untuk mengeringkan sepatu (kamu bisa menepuk-nepuk bagian sepatu, asalkan tidak menggosok bagian sepatu).

Setelah itu diamkan di tempat terbuka hingga mengering. Sebagai catatan: jangan pernah mencuci sepatu kain di dalam mesin cuci.

Hampir semua sepatu kain, mengandung lem yang tidak bisa menahan banyak air. Lem bisa menjadi kendur dan membuat sepatu menjadi rusak.

 

2 dari 2 halaman

2. Bahan Kulit dan Kulit Palsu

Untuk membersihkan sepatu kulit, kamu bisa menggunakan larutan air dingin dan cuka putih. Gunakan kain bekas untuk membersihkan sepatu menggunakan larutan ini.

Cuka bisa membersihkan semua noda dan membuat goresan pada sepatu menghilang. Biarkan sepatu hingga mengering setelah dibersihkan.

Jika sepatu kulitmu memiliki goresan atau lecet, gunakan semir sepatu dengan warna yang sama dengan sepatumu. Namun, bagaimana jika kamu tidak bisa menemukan warna yang sesuai dengan sepatumu?

Solusinya, kamu bisa membuat semir sepatumu sendiri. Caranya adalah dengan membasahi kain dan mencelupkannya ke dalam baking soda.

Gosok bagian sepatu kulit dengan berhati-hati dengan kain ini dan kemudian bersihkan sepatu menggunakan kain bersih.

3. Bahan Suede dan NuBuck

Kamu tidak perlu repot-repot menjaga sepatu suede-mu agar tetap dalam keadaan yang baik. Hal yang terpenting adalah memastikan sepatu tersebut dalam keadaan sekering mungkin.

Selain itu, kamu bisa memoles sepatu suede-mu secara teratur dengan menggunakan sikat. Jika sepatumu terkena noda, maka kamu harus segera membersihkannya.

Pada beberapa kasus, coretan dan noda bisa hilang dengan menggunakan penghapus. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Kamu juga bisa menghilangkan noda minyak dengan menaburkan sedikit bedak di atas noda. Biarkan bedak menutupi noda tersebut setidaknya selama satu jam, sebelum membersihkannya menggunakan kuas atau sikat.

4. Sepatu Olahraga

Ada banyak sepatu olahraga yang bisa dibersihkan di dalam mesin cuci. Pastikan kamu melepas tali sepatu dan insole bagian dalam sepatu sebelum mencucinya.

Kamu bisa membersihkan bagian-bagian sepatu ini secara terpisah. Setelah dicuci, biarkan sepatu mengering dengan sendirinya pada tempat terbuka. Ingat, jangan pernah mengeringkan sepatu ini di dalam mesin pengering.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading