Sukses

Patut Dicoba, 7 Cara Mudah untuk Mengatasi Stres

Liputan6.com, Jakarta - Stres tentu dapat dialami siapa saja. Pemicunya pun bermacam-macam. Pekerjaan yang menumpuk, jadwal yang padat, masalah ekonomi, dan masalah pribadi menjadi salah satu contoh penyebab timbulnya stres.

Kondisi tersebut bahkan bisa menimbulkan berbagai dampak negatif, diantaranya serangan jantung, stroke, masalah pada memori, kesehatan mental, hingga berbagai masalah medis lainnya. Stres juga dapat memengaruhi suasana hatimu. Dampak dari stres pun bermacan-macam. Mulai dari kerugian yang dialami diri sendiri, hingga oleh orang lain. Jika kamu sering mengalami stres, cobalah terapkan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya, sebelum stres-mu menjadi semakin akut atau parah.

1. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dapat membantumu mengurangi stres dan membuat suasana hatimu menjadi lebih baik. Genre musik yang bisa didengarkan pun bermacam-macam tergantung pada apa yang kamu suka.

Tak hanya musik pop atau folk. Musik klasik atau suara alam seperti kicauan burung, gelombang laut, suara air, dan lain sebagainya juga bisa melepaskan stres bagi beberapa orang.

2. Bersosialisasi

Mengobrol dengan seseorang secara langsung atau melalui telepon dapat membantu mengurangi stres. Menceritakan masalah dengan seseorang dapat membantu meringankan tingkat kecemasanmu.

Kamu juga bisa mendapat beberapa saran yang berguna saat berbagi cerita dengan orang lain. Bahkan, memulai percakapan dengan orang lain dapat membantu kamu dalam melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang.

3. Berbicara dengan Diri Sendiri

Hal ini mungkin terdengar agak aneh bagi beberapa orang. Namun, berbicara pada diri sendiri dapat membantumu untuk rileks. Berbicara pada diri sendiri mengenai masalah yang kamu miliki sambil memikirkan berbagai solusi, dapat memiliki efek menenangkan. Selain itu, cara tersebut dapat membantumu untuk berpikir lebih jernih.

2 dari 2 halaman

4. Tertawa

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa tertawa adalah obat terbaik. Hal itu tidak sepenuhnya salah, karena tertawa lepas dapat membuatmu mengatasi stres.

Tertawa dapat melepaskan hormon endorfin, hormon tersebut dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Jika kamu sulit tertawa, mungkin film komedi atau tulisan yang mengandung humor dapat membantumu untuk tertawa.

5. Minum Teh

Seperti yang telah diketahui banyak orang, bahwa kopi merupakan minuman favorit yang terkenal di mana-mana. Itu karena, kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan hormon yang berhubungan dengan stres.

Beralih ke minuman lain seperti teh hijau, dapat membantumu mengurangi tingkat stres. Itu karena teh hijau mengandung lebih sedikit kafein. Kandungan asam amino yang ada di dalam teh hijau juga dapat membantu menenangkan sisten saraf dan mengurangi stres.

6. Beristirahat

Bekerja tanpa henti dengan jangka waktu yang singkat adalah pemicu stres yang sering dirasakan para pekerja kantoran. Beristirahat sebentar selama 10-15 menit dapat membantumu mengembalikan fokus dan membuatmu rileks sejenak.

Beristirahat dapat membantumu lebih siap dalam mengerjakan berbagai pekerjaan yang menumpuk.

7. Tidur yang Cukup

Memangkas jam tidurmu karena alasan pekerjaan dapat membentuk sebuah kebiasaan baru yang buruk. Bukan rahasia lagi bahwa perasaan stres dapat membuatmu terjaga di malam hari.

Namun, tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup juga bisa meningkatkan tingkat stres. Pastikan kamu bisa mendapatkan waktu tidur sebanyak tujuh hingga delapan jam dalam satu hari agar terhinda dari stres.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Redakan Stres Pekerjaan, Lakukan 3 Hal Ini Saat Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
Cara Sederhana Cegah Stres, Sering Berhubungan Seks dan Cukup Tidur