Sukses

Tak Hanya Indonesia, 5 Negara Ini Juga Melakukan Tradisi Mudik

Liputan6.com, Jakarta Hanya dalam hitungan hari seluruh umat muslim di dunia akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan telah berangkat kembali ke kampung halaman masing-masing atau yang kerap dikenal dengan istilah mudik.

Nyatanya tradisi mudik tak cuma dilakukan oleh masyarakat di Indonesia loh. Ada pula negara-negara lain yang juga menjalankan tradisi ini menjelang Lebaran. Lantas negara apa saja yang ikut lakukan tradisi mudik? Berikut ulasannya:

Turki

Turki merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Oleh karena itu, sama halnya dengan Indonesia mudik juga jadi tradisi yang wajib dilakukan menjelang Lebaran.

Para perantau akan pulang ke kampung halaman dan memenuhi ruang transportasi publik untuk kembali ke kampung halaman. Tak hanya itu, mereka juga akan membeli baju baru untuk lebaran dan akan bersilaturahmi ke tetangga saat Hari Raya.

2 dari 2 halaman

Pakistan

Sebelum lebaran masyarakat muslim di Pakistan akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman mereka dan memadati jalan raya. Hal ini tentu menyebabkan kemacetan hingga aparat kepolisian harus mengatur lalu lintas di beberapa arus mudik di sana. Mirip kaya di Indonesia ya.

Malaysia

Nah, nampaknya tak ada berbeda nih dari Indonesia dengan Malaysia. Tradisi mudik di Malaysia lebih dikenal dengan istilah "balik kampung" dan dilakukan oleh mereka yang bekerja di tanah rantau. Saat musim mudik ini berbagai transportasi umum juga bakal dipadati oleh para pemudik.

India

India juga merupakan salah satu negara dengan muslim terbanyak di dunia. Tak heran tradisi pulang kampung atau mudik banyak dilakukan para perantau menjelang Lebaran. Namun tak hanya Lebaran, para perantau yang bekerja atau belajar jauh dari tempat tinggal mereka akan pulang ke kampung halaman saat menyambut perayaan Diwali.

Bangladesh

Negara yang berbatasan dengan Pakistan ini juga punya tradisi mudik loh. Ketika Hari Raya Idul Fitri akan tiba, jalanan akan dipenuhi oleh pemudik. Transportasi umum mulai dari darat, laut hingga udara juga dipadati oleh pemudik yang akan kembali ke kampung halaman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: