Sukses

5 Cara Perbaiki Sepatu Kulit yang Rusak, Simpel Banget

Liputan6.com, Jakarta - Merawat sepatu berbahan kulit memang cukup sulit dilakukan. Keadaan sepatu harus benar-benar diperhatikan agar tidak mudah rusak.

Namun, meskipun sudah dirawat sebaik mungkin, ada saja hal yang membuat kulit sepatu menjadi retak dan terkelupas. Jika sudah begitu, kamu mungkin akan merasa bingung apakah sepatu tersebut harus kamu buang atau tidak.

Pasalnya, selain kulit sepatu yang mengelupas, sepatu tersebut tentu masih sangat layak pakai dan mungkin masih terlihat bagus. Namun, sebenarnya memperbaiki sepatu kulit ini jauh lebih ekonomis daripada membeli sepasang sepatu baru.

Meskipun tidak mudah, tetapi ini merupakan cara yang sederhana, murah, dan menyenangkan untuk memperpanjang umur sepatumu. Selain itu, pencegahan memang merupakan alternatif yang baik.

Cara yang bisa dilakukan yakni dengan menggosok dan memoles sepatu secara teratur, hal tersebut akan meminimalkan kemungkinan keretakan yang terjadi pada sepatu kulit. Jika retakan mulai muncul pada sepatu kulitmu, coba lakukan tips berikut ini seperti melansir dari Do It Yourself, Selasa (21/5/2019).

1. Gunakan Sabun Pelana

Salah satu tips berguna yang bisa kamu terapkan untuk memperbaiki sepatu kulitmu adalah dengan mencucinya menggunakan sabun pelana terlebih dahulu. Sabun pelana dapat kamu beli di beberapa situs e-commerce.

Cara pemakaiannya adalah dengan menggosok sabun secara perlahan ke bagian sepatu yang retak. Saat menggosokkan sabun, kamu juga harus menggunakan air sesedikit mungkin. Perbaikan kulit pada sepatu akan bekerja dengan sangat baik ketika sepatu tersebut dalam keadaan kering.

2 dari 2 halaman

2. Hindari Panas dan Udara Kering

Hindari menggunakan hawa panas untuk mengeringkan sepatu dengan cepat, karena retakan sepatu akan menjadi lebih parah. Letakkan sepatu kulit di tempat yang bebas dari paparan sinar matahari langsung dan hujan. Biarkan sepatu kering dengan udara alami.

3. Padatkan Isi Sepatu

Untuk Menjaga Bentuknya, sepatu kulit yang sering dibersihkan dan diperbaiki memiliki kecenderungan kehilangan bentuk aslinya. Untuk menghindari hal ini, kamu dapat memasukkan kain bekas atau koran ke dalam sepatu saat kamu sedang memperbaiki sepatu.

4. Gunakan Mink Oil

Mink Oil merupakan minyak yang terbuat dari lemak hewan cerpelai. Mengaplikasikan minyak tersebut ke retakan kulit sepatu akan menembus jauh ke dalam retakan dan merehidrasi kulit sepatu yang kering.

Ini menjadi cara yang efektif untuk mengembalikan kelembapan ke retakan kulit sepatu. Pastikan untuk selalu mengeringkan sepatu sebelum mengoleskan krim.

5. Gunakan Semir Sepatu

Salah satu tips lain adalah dengan membawa sepatu ke toko sepatu yang menjual semir untuk sepatu kulit. Dengan cara ini, kamu akan bisa menentukan warna semir yang cocok dengan sepatumu.

Saat kamu telah menemukan warna yang cocok, oleskan semir sepatu secara perlahan ke bagian kulit sepatu. Berikan perhatian khusus pada setiap retakan sepatu.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading