Sukses

Patut Dicoba, 10 Cara Mudah Bersihkan Noda Membandel di Baju

Liputan6.com, Jakarta - Hal paling menyebalkan ketika mencuci baju yakni saat noda yang tertinggal di pakaian tidak bisa dibersihkan. Noda yang menempel pada pakaian tentu akan meninggalkan bekas yang tidak sedap dipandang.

Beberapa noda yang sangat sulit untuk dihilangkan di antaranya noda tinta, noda keringat pada bagian ketiak, noda kopi, dan lain sebagainya. Detergen dengan merek terkenal sekalipun, tak akan bisa menjamin bahwa noda tersebut dapat hilang dengan sempurna.

Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Beberapa tips jitu ini akan memberikan solusi bagaimana cara membersihkan noda-noda pada pakaianmu.

Sekarang kamu tidak perlu merasa takut lagi jika pakaianmu terkena noda yang sulit dihilangkan.

1. Noda Saus

Untuk membersihkan noda ini, bahan yang kamu butuhkan adalah sebuah pisau, sabun cuci piring, dan cuka putih.

Langkah yang harus kamu lakukan adalah kerik sisa noda saus pada baju menggunakan pisau. Setelah bersih, tutupi bagian noda tersebut menggunakan sabun cuci piring dan tambahkan cuka putih di atasnya. Lalu diamkan selama 10 menit dan bilas di bawah air mengalir sampai noda tersebut hilang.

2 dari 10 halaman

2. Noda Tinta

Bahan yang kamu butuhkan adalah, hairspray dan selembar handuk atau sepotong kain. Langkah yang harus kamu lakukan yakni semprot noda tinta dengan hairspray dan diamkan selama 10 menit. Serap noda dengan handuk atau kain dan cuci seperti biasa.

3 dari 10 halaman

3. Noda Minyak

Untuk menghilangkan noda minya, kamu membutuhkan tisu, bedak bayi atau tepung, sabun cuci piring, dan air.

Langkah yang harus kamu lakukan adalah membersihkan sisa minyak pada pakaian menggunakan tisu, tambahkan bedak bayi atau tepung ke atas noda dan diamkan selama satu jam hingga minyak terserap.

Bersihkan tepung atau bedak, oleskan sedikit sabun cuci piring pada noda, dan beri sedikit air. Gosok baju secara perlahan dan cuci baju seperti biasa menggunakan mesin cuci.

4 dari 10 halaman

4. Noda Darah

Nah, jika pakaianmu terkena noda darah, kamu hanya membutuhkan air dingin, garam, dan hidrogen peroksida.

Langkah yang harus kamu lakukan adalah campur garam dan air di dalam mangkuk. Rendam baju yang memiliki noda selama 10 menit. Lalu bilas dan oleskan hidrogen peroksida pada noda dan diamkan selama lima menit. Setelah itu cuci baju seperti biasa menggunakan mesin cuci.

5 dari 10 halaman

5. Noda Kopi

Noda kopi pasti sering mengotori pakaianmu. Nah, untuk menghilangkan noda tersebut pada pakaianmu, kamu hany perlu membutuhkan air dingin dan sabun cuci piring cair.

Untuk noda baru, kamu bisa membasahi bagian belakang noda dengan air mengalir hingga baju yang terkena noda menjadi bersih. Jika tidak berhasil, campurkan sabun pencuci piring cair dengan air dingin lalu tuangkan pada noda.

Gosok baju secara perlahan. Diamkan selama setengah jam dan gosok lagi secara perlahan. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan cuci seperti biasa.

6 dari 10 halaman

6. Noda Keringat Pada Ketiak

Bahan yang kamu butuhkan adalah satu cup cuka, setengah cup soda kue, satu sendok teh garam, dan satu sendok teh hidrogen peroksida.

Langkah yang harus lakukan, yakni taruh baju di dalam wadah, rendam dengan cuka dan dua cup air hangat selama 30 menit. Pada wadah lain, campur sisa bahan hingga teksturnya berubah menjadi seperti pasta.

Selanjutnya, keluarkan baju dari rendaman cuka dan letakkan di atas handuk. Oleskan pasta tadi ke bagian noda keringat dan diamkan selama 25 menit.

Bilas bagian pasta tadi dan cuci seperti biasa menggunakan mesin cuci.

7 dari 10 halaman

7. Noda Lipstik

Jika kamu ingin menghilangkan noda lipstik pada bajumu, kamu hanya perlu hairspray dan kain yang lembap. Langkah yang harus kamu lakukan adalah semprotkan hairspray ke seluruh area noda dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bersihkan bagian yang terkena noda dengan menyekanya menggunakan kain lembap.

Jika sudah, cuci seperti biasa untuk menghilangkan sisa noda.

8 dari 10 halaman

8. Noda Lumpur

Noda lumpur biasanya banyak mengotori baju anak-anak. Nah, untuk menghilangkan noda lumpur pada pakaianmu, kamu hanya perlu cuka dan air secukupnya.

Langkah yang harus kamu lakukan adalah campurkan cuka dengan air dan tuangkan pada noda di baju. Diamkan selama 5-10 menit. Jika noda tidak juga hilang, maka tambahkan campuran cuka dengan air dan gosok secara perlahan. Setelah itu, cuci baju tersebut seperti biasa menggunakan mesin cuci.

9 dari 10 halaman

9. Noda Cokelat

Bahan yang kamu butuhkan adalah sebuah pisau, susu, air dingin, dan detergen cair. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu kerik sisa noda cokelat pada baju menggunakan pisau. Jika sudah, tuangkan susu pada bagian noda dan tunggu selama 5 menit.

Bilas bagian yang terkena noda di bawah air dingin dan gosok menggunakan jari. Setelah itu, oles noda cokelat dengan detergen cair dan masukkan ke dalam mesin cuci.

10 dari 10 halaman

10. Noda Rumput

Bahan yang kamu butuhkan hanyalah cuka secukupnya. Langkah yang harus dilakukan yakni oleskan bagian noda dengan menggunakan cuka. Gosok secara perlahan dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, cuci pakaian seperti biasa.

Semoga tips tersebut dapat membantumu untuk membersikan noda membandel di pakaian, ya. Selamat mencoba!

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading