Sukses

Berkat Bisnis Nama Bayi, Gadis Ini Raup Miliaran Rupiah

Liputan6.com, Tiongkok - Menemukan nama yang cocok untuk bayi ternyata menjadi masalah besar di Tiongkok. Untuk itu, seorang gadis membuka jasa layanan online untuk membantu orangtua di negeri Tirai Bambu mendapatkan nama bahasa Inggris yang tepat untuk buah hati mereka.

Beau Jessup bahkan telah menghasilkan ratusan ribu dolar melalui layanan online-nya yang cerdik. Melansir Odditycentral, Rabu (27/3/2019), para orangtua di Tiongkok, biasanya akan memilih dua atau tiga karakter yang memiliki makna. Namun, kini orantua lebih memilih nama Inggris demi masa depan anak mereka, tapi banyak dari mereka yang kesulitan.

Di situlah gadis 19 tahun itu dan perusahaannya, Special Name, masuk. Perusahaan nantinya akan menyarankan beberapa nama Inggris yang memiliki makna berbeda, seperti kejujuran atau ambisi, yang terkait dengan kliennya.

Dalam tiga setengah tahun terakhir, Jessup telah membantu memberi nama 677.900 bayi di Tiongkok, dan menghasilkan lebih dari 400.000 dolar atau setara dengan lebih dari Rp 5 miliar.

2 dari 2 halaman

Awal Mula Merintis Bisnis

Jessup mulai memiliki ide membuat jasa membuat nama bayi pada tahun 2015, setelah menemani ayahnya dalam perjalanan bisnis ke Tiongkok. Salah satu mitra bisnis ayahnya, Wang, meminta bantuannya dalam memilih nama bahasa Inggris untuk putrinya yang berumur 3 tahun.

"Terpikir oleh saya bahwa jika nyonya Wang membutuhkan layanan ini, maka mungkin orangtua lain juga akan melakukannya," kata Jessup.

Dia pun merasa tersanjung dengan permintaan itu dan segera menyadari pentingnya memilih nama yang sesuai dalam budaya Tiongkok.

Wang pun tampak senang dengan pilihan nama dari Jessup dan memberi tahu gadis itu tentang pentingnya memilih nama bahasa Inggris untuk anak-anak Tionghoa. Sebagai negara Asia yang kini menjadi lokomotif ekonomi global, berinteraksi dengan penutur asli bahasa Inggris dan mitra barat lainnya adalah suatu keharusn, dan banyak orang Tiongkok percaya bahwa memiliki nama Inggris menjadikannya lebih mudah.

Situs web Special Name memiliki versi bahasa Mandarin untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, meminta pengguna untuk memilih lima karakteristik dari daftar yang ingin mereka wujudkan.

Awalnya Jessup menawarkan layanan secara gratis untuk mempromosikan situs web tersebut, tetapi setelah digunakan oleh lebih dari 160 ribu orang, ia mulai memungut biaya 79 sen atau setara dengan Rp 11 ribu per pengguna.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: