Sukses

Baterai hingga Garpu, 52 Benda Asing Ditemukan dalam Perut Pria Asal Jember

Pria asal Jember ini menelan berbagai macam benda asing. Dokter yang mengoperasinya sampai terkejut.

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok dokter yang mengoperasi pria asal Jember, terkejut menemukan total 52 benda asing di dalam tubuh pria tersebut. Dokter yang berjumlah 8 orang itu melakukan operasi setelah mendapat keluhan dari Hendro yang merasakan sakit perut ekstrem.

Saudara Hendro, Haryanto, kemudian membawanya ke rumah sakit untuk pemeriksaan. Setelah melakukan X-ray, dokter memutuskan untuk mengoperasi Hendro karena melihat benda-benda aneh di dalam perutnya. Sebuah video menunjukkan bagaimana proses operasi tersebut, namun terdapat kekeliruan dalam menyebutkan usia Hendro.

 

Setelah operasi, ditemukan 18 kotek api, 3 sendok sepanjang 15 cm, 2 baterai, 2 stik es krim, uang kertas Rp 20 ribu, dan masih banyak lagi. Dr. Subandi dan Dr. Samsul Huda yang melakukan operasi tersebut juga menemukan jarum suntik tanpa jarum, 5 buah paku payung, 2 kantong plastik, garpu kecil, 5 koin Rp 200, dan satu koin Rp 500.

"Operasi berlangsung sekitar 3 jam: dimulai pukul 11 pagi dan berakhir pukul 14 WIB. Kami terpaksa menggunakan ronsen sebagai panduan (selama operasi)," ujar salah satu dokter seperti dilansir dari World of Buzz.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengalami gangguan mental

Para dokter menyatakan keprihatinan mereka tentang operasi itu karena banyaknya benda logam kecil yang tersebar di seluruh perut Hendro. Tak hanya memakai tangan untuk mencari benda yang kecil, para dokter bahkan harus menggunakan detektor logam.

"Detektor logam kami gunakan untuk mencari benda logam yang lebih kecil karena kami khawatir ada yang tertinggal."

Untungnya, operasi tersebut berjalan lancar dan kini Hendro dalam kondisi stabil.

"Tak ada organ vital di tubuhnya yang rusak atau berdarah karena menelan semua benda tersebut. Itulah hebatnya usus. Kadang-kadang bahkan benda tajam tak dapat melukainya."

Setelahnya, diketahui bahwa Hendro memang memiliki penyakit mental. Pria berusia 30 tahun itu pernah dimasukkan ke rumah sakit jiwa untuk mengobati kondisinya.

"Dia akan menelan segala macam benda keras setelah mendengar instruksi dari suara di kepalanya," pungkas saudaranya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.