Sukses

Ini Jenis Perusahaan di Indonesia, Dilengkapi Pengertian Sesuai UU

Jenis perusahaan bermacam-macam, perlu tahu perbedaannya.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan secara umum diartikan sebagai kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan untuk mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu. Perusahaan mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa dan sebagainya). 

Kegiatan perusahaan dilakukan guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia. Kegiatan produksi dan distribusi dilakukan dengan menggabungkan berbagai faktor produksi, yaitu manusia, alam dan modal. 

Kegiatan produksi dan distribusi umumnya dilakukan untuk memperoleh laba. Namun ada juga kegiatan produksi yang tujuannya bukan untuk mencari laba. Seperti yayasan sosial, keagamaan, dan lain lain. Hasil suatu produksi dapat berupa barang dan jasa. 

Untuk mengetahui lebih jelas tentang perusahaan, Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Senin (25/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Perusahaan menurut Undang-Undang

1. Menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 6

Setiap bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak, miliki orang perseorangan, milik persekutuan atau milik badan hukum, baik milik swasta maupun milik negara yang mempekerjakan pekerja/buruh dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.

Usaha-usaha sosial dan usaha-usaha lain yang memiliki pengurus dan mempekerjakan orang lain dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.

2. Undang-Undang Republik Indonesia No.19 Tahun 2003 pasal 1 Tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Pengertian perusahaan umum menurut Undang-Undang Republik Indonesia No.19 Tahun 2003 pasal 1 Tentang BUMN adalah perusahaan umum yang selanjutnya disebut dengan Perum adalah BUMN yang seluruh modalnya dimiliki negara dan tidak terbagi atas saham.

Tujuan perusahaan adalah kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan sekaligus mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan.

3 dari 6 halaman

Tujuan Perusahaan

Tujuan perusahaan merupakan sesuatu yang akan dicapai atau yang dihasilkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Tujuan perusahaan adalah target yang bersifat kuantitatif dan pencapaian target tersebut merupakan ukuran keberhasilan kinerja perusahaan.

Tujuan perusahaan sangat penting sehingga perumusan misi dan visi perusahaan harus dilakukan dengan serius. Misi dan visi perusahaan harus dirumuskan sependek mungkin dengan spesifikasi yang jelas sehingga setiap orang akan selalu mengingatnya.

Tujuan perusahaan juga berisikan tentang komitmen beserta resikonya. Tujuan juga untuk menggambarkan arahan bagi perusahaan secara jelas, dalam merumuskannya tujuan harus memberikan ukuran yang lebih spesifik.

4 dari 6 halaman

Jenis Perusahaan Berdasarkan Kepemilikan

1. Perusahaan milik negara, yaitu perusahaan yang dimodali dan didirikan oleh negara. Jenis Perusahaan ini memiliki contoh seperti PT. Pertamina, PT. Telkom dan BUMN lainnya.

2. Koperasi, yakni perusahaan yang dimodali dan didirikan oleh anggotanya. Sekarang ini jenis perusahaan seperti koperasi ini sudah agak jarang ditemui.

3. Perusahaan swasta, yaitu perusaaan yang dimodali dan didirikan oleh sekelompok orang luar (di luar negara). Jenis perusahaan ini semakin pesat berkembangnya dengan banyaknya anak muda Indonesia yang memilih terjun langsung ke dunia bisnis.

5 dari 6 halaman

Jenis Perusahaan Berdasarkan Lapangan Usaha

1. Perusahaan Ekstratif, yaitu perusahaan yang fokus di bidang pemanfaatan kekayaan alam, mulai dari penggalian, pengambilan dan pengolahan kekayaan alam yang tersedia. Contohnya tambang batu bara.

2. Perusahaan Agraris, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan lahan atau ladang. Seperti perusahaan yang bekerja di bidang pertanian, perikanan darat, perkebunan, kehutanan, dan lainnya.

3. Perusahaan Industri, yaitu perusahaan yang memproduksi barang mentah menjadi setengah jadi atau setengah jadi menjadi produk siap jual. Bisa juga perusahaan yang meningkatkan nilai guna barang.

4. Perusahaan Perdagangan, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang jual beli barang, membeli barang yang sudah jadi tanpa diolah lagi. Misalnya usaha pertokoan, usaha minimarket, dan lainnya.

5. Perusahaan Jasa, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang jasa atau layanan. Contohnya seperti jasa perbankan, asuransi, perhotelan, pembiayaan, dan lainnya.

6 dari 6 halaman

Jenis Perusahaan di Indonesia

1. Perusahaan Berbadan Hukum.

Perusahaan ini bisa dimiliki oleh negara atau swasta. Bisa juga bentuknya persekutuan yang dimiliki oleh beberapa pengusaha baik swasta atau negara yang sudah memiliki syarat-syarat hukum.

Contoh perusahan berbadan hukum diantaranya: PT (Perseroan Terbatas), P.T. Tbk. (Perseroan Terbatas, Terbuka), Perusahaan Perseroan (Persero), Koperasi (Co-operative), dan Perusahaan Umum.

2. Perusahaan yang Bukan Berdasarkan Badan Hukum

Jenis perusahaan ini adalah perusahaan swasta yang dimiliki dan didirikan oleh beberapa orang pengusaha dalam bentuk kerjasama. Mereka bisa menjalankan berbagai bidang perekonomian seperti perdagangan, perjasaan dan perindustrian.

Perusahaan ini dimiliki oleh swasta, bisa berbentuk perseorangan atau persekutuan. Contoh perusahaan yang bukan berdasarkan badan hukum yaitu: Perusahaan perseorangan, Firma (FA), Commanditaire Vennootschap (CV), Persekutuan Perdata dan Yayasan (Foundation)

3. Perusahaan Multinasional

Perusahaan ini akan tumbuh dan mendapatkan posisi yang kuat dan kebanyakan bisa bersing di era globalisasi. Ada beberapa faktor yang membuat perusahaan bisa tumbuh dan berkembang, salah satunya adalah terlengkapinya unsur-unsur perusahaan sesuai dengan jabaran pengertian perusahaan di atas, antara lain:

Kegiatan dalam bidang ekonomi, Memiliki badan usaha, Bersifat konsisten, Terang-terangan, Memiliki keuntungan atau laba, Ada pembukuan.

Itulah beberapa jenis perusahaan yang ada di Indonesia. Sekarang banyak perusahaan yang telah dimulai oleh anak muda Indonesia yang tumbuh dengan pesat.

Banyak anak muda Indonesia yang sekarang mendirikan perusahaanya sendiri, dengan memulai perusahaan rintisan (start-up), dan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dalam pencapaian tujuannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini