Sukses

7 Jenis Kertas Undangan Pernikahan yang Harus Diketahui, Pilih yang Terbaik Saat Mencetak

Jenis kertas undangan ini bisa digunakan sebagai referensi bagi kamu yang ingin menikah.

Liputan6.com, Jakarta Kartu undangan merupakan salah satu syarat wajib yang biasa digunakan oleh orang-orang yang akan mengadakan acara, seperti acara ulang tahun, acara pernikahan serta acara-acara besar lainnya yang menghadirkan banyak tamu atau peserta pada acara tersebut. Namun kini undangan juga disebarkan melalui media sosial dalam bentuk gambar atau video yang biasa disebut undangan digital.

Adapun undangan yang disebarkan melalui kertas undangan menurut sebagian orang dianggap serta dipandang lebih bijak daripada menerima undangan melalui pesat chat pada media sosial. Kesan yang disampaikan terhadap undangan yang disampaikan melalui kertas, terasa lebih dekat dan resmi daripada sekadar chat biasa.

Oleh karena itu, saat ini banyak sekali orang-orang mencari bahan kertas yang cocok dan baik digunakan dalam membentuk surat undangan. Apalagi undangan pernikahan, masih banyak yang bingung mencari kertas yang cocok dan sesuai selera. Oleh kerena itu berikut Liputan6.com, Rabu (20/3/2019) rangkum jenis kertas undangan yang wajib kamu ketahui sebelum membuat kertas undangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kertas Concorde

Kertas Concorde merupakan jenis kertas undangan yang mempunyai ciri khas pada permukaannya yang penuh dengan serat garis yang tidak beraturan. Lazimnya, kertas ini digunakan untuk kop surat atau amplop (Concorde tipis) dan untuk kartu nama atau sertifikat atau Concorde tebal. Namun, kertas Concorde bila dijadikan bahan untuk undangan pernikahan bisa memberikan nuansa romantis.

Biasanya Concorde tabal dibuat sebagai isi undangan pernikahan dengan hanya satu warna cetak saja, hitam atau putih sehingga kesan romantisnya tetap terjaga. Jenis kertas undangan Concorde tebal jika terlipat akan menyisakan luka pada teksturnya, bahkan telihat patah-patah.

3 dari 8 halaman

2. Kertas Jasmine

Jenis kertas undangan yang satu ini paling banyak atau sangat umum digunakan untuk keperluan cetak undanan. Kertas ini memiliki gliter-gliter berwarna yang memberikan kesan mewah pada kertas ini. Oleh sebab itu jenis kertas ini banyak digunakan untuk jenis undangan mewah. Harganya tergolong murah, tetapi tampilannya eksklusif dan menawan, apalagi jika diaplikasikan dengan desain yang sesuai.

Jenis kertas undangan Jasmine ini memiliki ciri khas berupa tekstur serpihan kristal pada setiap permukaannya. Terasa halus saat diraba, tetapi saat terkena cahaya akan tampak butir-butir kristal halus yang berkilau. Penggunaan bahan kertas ini memberikan kesan mewah, cocok untuk undangan resepsi pernikahan, sunatan, atau acara-acara formal lainnya.

4 dari 8 halaman

3. Kertas Samson Kraft

Jenis kertas undangan yang satu ini sebenarnya hasil daur ulang yang dimanfaat dengan baik. Kertas Samson Kraft mempunyai warna coklat kusam dengan teksture kasar bahkan terasa seperti ada pasir-pasirnya ketika diusap. Kertas Samson Kraft ini bisa menjadi bernilai ketika dibuat sebagai bahan kertas undangan.

Adapun warna favorit yang sering digunakan adalah warna coklat kusam yang dianggap bisa memberi nuansa klasik sehingga jika desain undangan dibuat simple dan sebaik mungkin, maka hasil yang didapatkan bisa luar biasa. Mencetak undangan menggunakan kertas Samson ini biasanya hanya terdiri dari warna spesial, artinya hanya satu atau dua warna saja agar kesan klasiknya tidak hilang.

5 dari 8 halaman

4. Kertas Linen

Selain digunakan sebagai bahan kartu undangan, kertas linen umumnya juga dipakai dalam pembuatan kartu nama. Kertas Linen juga sangat cocok digunakan dalam pembuatan pencetakan foto dan sertifikat. Jenis kertas undangan ini memiliki tanda teksturnya kasar, pada permukaannya terdapat garis-garis timbul yang tipis. Kertas ini fleksibel, kamu juga bisa mencetaknya dengan metode apa saja, baik secara digital maupun manual.

Biasanya jenis kertas undangan ini banyak dipilih orang ketika ingin membuat undangan unik. Selain unik, jenis kertas ini mempunyai karakter kuat sehingga jika desain undangan yang kamu buat sangat tepat, maka undangan yang dihasilkan akan terlihat mewah namun tetap elegan. Kertas Linen atau Buffalo terdiri dari beberapa varian gramasi, mulai dari 150 hingga 230 gram.

6 dari 8 halaman

5. Kertas Aster

Jenis kertas undangan Aster termasuk dalam kategori kertas mahal. Karena harga yang memang mahal namun kualitasnya memang baik dan cocok sekali digunakan untuk bahan undangan. Kertas ini tentu saja memiliki tekstur dan permukaan yang halus. Bagi orang yang ingin membuat undangan pernikahan ekslusif, kertas Aster sering kali menjadi alternatif.

7 dari 8 halaman

6. Kertas Akasia

Kertas Akasia merupakan jenis kertas undangan yang memiliki tekstur seperti kain dengan garis-garis seperti membentuk tenunan. Kertas Akasia ini sering digunakan dalam mencetak undangan, sertifikat, piagam hingga foto. Jenis kertas undangan pernikahan yang menggunakan bahan ini akan terkesan mewah dan sangat menarik.

8 dari 8 halaman

7. Kertas Art Paper

Jenis kertas undangan seperti ini memiliki permukaan yang halus dan memiliki efek glossy. Selain dapat dibuat menjadi undangan, jenis kertas yang satu ini biasa digunakan untuk pembuatan kalender gantung.

Namun berbeda dalam pembuatan undangan, jenis kertas undangan ini dijadikan pelapis luar atau dalam hard cover dari undangan, tapi dapat juga digunakan untuk isi undangan tersebut. Hasil undnagan dengan jenis kertas ini akan lebih terlihat mewah jika dilaminasi dengan doff, glossy, atau UV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini