Sukses

7 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Jarang Diketahui, Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Jawa Barat yang popular dan mempesona

Liputan6.com, Jakarta Wilayah Jawa Barat memang terkenal dengan keindahan alamnya yang tak kalah dari wilayah lain di Indonesia. Banyak tempat wisata di Jawa Barat menjadi incaran wisatawan karena viral di dunia maya dan eksotis. Jawa Barat juga memiliki udara yang sejuk karena banyak dikelilingi oleh pegunungan, membuat kawasan ini memiliki tempat wisata indah yang elok dan menawan.

Di wilayah ini tidak hanya terdapat wisata alam, namun juga terdapat daya tarik wisata budaya, kuliner, pantai serta tempat hiburan maupun tempat makan berkonsep unik. Namun, ada beberapa tempat wisata yang masih jarang diketahui oleh orang-orang. Berikut Liputan6.com rangkum 7 tempat wisata di Jawa Barat yang wajib dikunjungi dan jarang diketahui, Rabu (20/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Green Canyon, Pangandaran

Indonesia juga memiliki Green Canyon sendiri yang tak kalah lebih indah dari objek wisata di Amerika, objek wisata ini terletak di Pangandaran, Jawa Barat. Awalnya, tempat wisata di Jawa Barat yang menakjubkan ini bernama Cukang Taneuh yang dalam bahasa Sunda berarti jembatan tanah. Nama ini untuk menyebutkan sebuah jembatan dengan lebar 3 meter yang terbuat dari tanah yang berada di atas tebing kembar tepi sungai.

Green Canyon merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang tersembunyi di balik semak-semak tebal dan pepohonan hutan Pangandaran. Karena itulah dibutuhkan perahu untuk menuju lokasi ini. Ketika tiba di area parkir Green Canyon, kamu akan mendapati ketinting atau perahu kayu yag berbaris rapi di tepi sungai. Dengan menaiki ketinting, kamu akan diajak menyusuri sungai yang berwarna kehijauan.

Kamu akan melihat pemandangan indah pepohonan di tepi sungai, serta tebing kembar tinggi yang berdiri tegak di kudua sisi sungai dengan stalaktit dan stalagmit dan air yang begitu jernih. Tidak hanya itu saja, kamu akan dibuat kagum dengan megahnya air yang mengalir turun dari setiap sisi tebing yang menciptakan gemuruh suara air terjun.

3 dari 8 halaman

Kampung Naga, Tasikmalaya

Nuansa tradisional masih teramat kental di kampung ini, di mana budaya leluhur dan adat istiadat sangat dijunjung tinggi di kampung ini. Ya, namanya Kampung Naga merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang Indah.

Di sini kamu bisa merasakan bagaimana gaya hidup masyarakat lokal yang memegang teguh warisan leluhur dalam budaya yang begitu kental. Pendek kata semua serba tradisional sehingga suasana perkampungan benar-benar alami. Kamu bisa memilih jalur Garut Tasikmalaya untuk mencapai lokasi Kampung Naga.

4 dari 8 halaman

Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta

Taman air mancur Sribaduga Maha Raja yang berlokasi di kawasan Situ Buleud, Purwakarta, menjadi destinasi andalan baru sekaligus tempat wisata di Jawa Barat yang terkenal. Taman air mancur yang terletak di pusat Kota Purwakarta ini diklaim sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Air mancur Sribaduga dilengkapi dengan unsur cahaya.

Variasi dari gerakan air mancur disesuaikan dengan alunan irama musik yang mengiringi pertunjukan. Mulai dari irama cepat hingga lambat dapat disaksikan alunan air mancur berwarna-warni itu. Dengan keberadaannya, kini air mancur itu pun menjadi daya tarik tersendiri, dan merupakan tujuan utama tempat wisata di Jawa Barat dan rekomendasi para pengunjung, terutama dari luar daerah.

5 dari 8 halaman

Pulau Biawak, Indramayu

Seperti namanya, Pulau Biawak merupakan habitat alami satwa liar biawak. Dulunya pulau ini tertutup untuk umum karena dijadikan lokasi penelitian milik pemerintah. Namun kini, asalkan berani, kamu dapat bebas untuk menjelajahi setiap jengkalnya pulau yang dijuluki pulau komodo versi Indramayu dan saat ini masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Tempat wisata di Jawa Barat ini bisa kamu datangi menggunakan perahu dan akan langsung disambut oleh megahnya mercusuar kuno setinggi 65meter yang sudah ada sejak zaman Belanda. Kamu dapat naik ke puncak mercusuar tersebut melalui tangga berputar untuk melihat seluruh bagian pulau.

Tak hanya di daratan saja, pemandangan alam bawah laut sekitar Pulau Biawak pun tak kalah cantiknya. Kamu juga dapat menikmati indahnya bunga karang dan ikan-ikan beraneka warna tersebut sambil snorkeling.

6 dari 8 halaman

Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur

Situs Megalitikum Gunung Padang merupakan situs piramida peninggalan tertua di dunia. Terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, situs ini dibuat sekitar 9.000 hingga 20.000 tahun lalu, mengalahkan piramida Mesir yang dibuat hampir 5.000 tahun lalu. Salah satu mahakarya ini harus menjadi salah satu pilihan yang wajib kamu datangi untuk liburan.

Tempat wisata di Jawa Barat ini terletak di antara gunung berapi, pohon pisang, dan perkebunan teh diatas 885 meter di atas permukaan laut, dan memiliki jarak sekitar 120 kilometer dari selatan Ibu Kota Jakarta. Situs yang terdiri dari puing-puing vulkanik yang dimulai dari lereng gunung ini dianggap sakral oleh masyarakat lokal Sunda.

7 dari 8 halaman

Tebing Citatah, Padalarang

Buat anak-anak pecinta alam atau yang sekadar ingin mencoba tempat wisata di Jawa Barat yang baru dan anti mainstream, cobalah datang dan uji adrenaline kalian nge-trip ke Tebing Citatah. Tebing Citatah termasuk salah satu favorit buat panjat tebing yang ada di Indonesia.

Kalau sudah sampai di puncak, pemandangan alam sekitar yang luar biasa sudah menanti untuk diresapi. Jangan lupa jepret satu foto ekstrem buat mengabadikan momen.

Tidak jauh dari tebing Citatah kamu juga bisa Stone Garden yang berlokasi di Gunung Masigit, Cipatat. Tempat wisata di Jawa Barat sangatlah eksotis dan cocok sebagai tempat mengambil foto pre-wedding sehingga mulai viral saat masuk ke media sosial.

Sebelumya tidak banyak orang tahu keindahan yang tersembunyi dari atas bukit Stone Garden. Padang bertabur bebatuan ini begitu menakjubkan terutama di kala pagi hari atau di senja hari saat matahari tenggelam.

8 dari 8 halaman

Pangalengan, Bandung

Selain terkenal sebagai daerah penghasil susu sapi, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung ternyata memiliki wisata air indah bernama Danau Cileunca. Danau buatan zaman kolonialisme Belanda ini menawarkan pemandangan yang tak kalah cantik dari wisata kebun teh dan pemandian air panas Cibolang.

Danau yang dibuat tahun 1917 ini memiliki luas 1.400 hektare, mencakup tiga desa hasil pemekaran wilayah setempat. Di sisi kanan dan kiri danau, pohon-pohon tinggi menjulang menghimpit perkampungan, lengkap dengan pemandangan perkebunan teh, stroberi dan kopi yang memanjakan mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini