Sukses

Tempat Wisata di Bandung Terbaru dan Terlengkap di 2018, Wajib Dikunjungi!

Jakarta Jika berbicara soal wisata Indonesia, Bandung adalah salah satu kota yang jadi destinasi masyarakat. Tak cuma kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, Tempat wisata di Bandung juga jadi ikon di mata masyarakat.

Dengan wisata alamnya yang identik dengan kontur pegunungan yang sejuk serta pemandangan yang spektakuler, tempat wisata di Bandung tak habis-habis untuk dijelajahi.

Berikut beberapa pilihan destinasi tempat wisata di Bandung jika Anda ingin berlibur ke Kota Kembang ini. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum Liputan6.com pada Selasa (12/6/2018) dari berbagai sumber.

 

Tempat wisata di Bandung untuk anak dan keluarga

Jika Anda ingin rekreasi di Bandung bersama banyak anak-anak serta remaja, berikut tempat wisata di Bandung yang ramah anak dan keluarga seperti dirangkum Liputan6.com, Selasa (12/6/2018)

 

2 dari 12 halaman

1. Trans Studio

Salah satu tempat wisata di Bandung berkonsep wahana adalah Trans Studio Bandung. Dibuka tahun 2011 silam, tempat ini tak pernah sepi karena wahana permainan indoornya yang menarik. Di dalamnya terdapat 20 wahana permainan yang terbagi dalam 3 tema, dan hampir semuanya ramah anak.

 

2. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Wisata edukasi akan selalu cocok dengan anak, sehingga tempat wisata di Bandung berkonsep edukasi yakni Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani ini adalah pilihan yang cukup tepat untuk liburan anak. Di sini, Anda bisa melihat berbagai konsep lalu lintas berupa simulasi dan berbagai rambunya.

 

3. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung ini adalah salah satu jujugan keluarga jika mencari tempat wisata di Bandung. Bahkan tak cuma liburan, ketika akhir pekan pun kawasan rekreasi yang dulu bernama Bandung Zoological Park ini juga tetap ramai. Kebun Binatang Bandung ini menampung lebih dari 200 jenis fauna yang beberapa di antaranya adalah satwa yang dilindungi.

3 dari 12 halaman

4. Taman Superhero

Taman Superhero adalah taman tematik berbagai tokoh superhero yang berbentuk patung. Tak cuma deretan superhero yang terkenal dari komik dan film dari Amerika Serikat saja, terdapat beberapa tokoh lokal seperti Gatot Kaca. Semua patung ini adalah karya seni dari pengrajin asal Bandung.

 

5. Bandung Science Center (BSC)

Bagi anak-anak pecinta ilmu pengetahuan, Bandung Science Center bisa jadi tujuan liburan yang menarik di Bandung. Di Bandung Science Center ini, anak-anak bisa melakukan berbagai uji coba fisika dan kimia, di mana ada berbagai fasilitas yang tersebar di 16 ruangan.

 

6. Kampung Gajah

Kampung Gajah Wonderland atau Kampung Gajah adalah objek wisata dengan 20 wahana, salah satu yang terbanyak di Bandung. Kampung Gajah ini terkenal dengan wahana waterboom yang lengkap dengan tabung perosotan yang tinggi dan panjang serta kolam renang dengan ombak buatan, yang bisa jadi pilihan keluarga jika mencari tempat wisata di Bandung yang berkonsep taman hiburan.

4 dari 12 halaman

Tempat wisata di Bandung yang murah hingga gratis

Dengan modal yang tidak menguras kantong bahkan tak perlu rogoh kocek sama sekali, deretan tempat wisata di Bandung ini menawarkan berbagai keceriaan yang tak kalah menarik dengan yang bayar.

 

1. Jalan Cihampelas

Cihampelas adalah sebuah jalanan legendaris yang kerap jadi tujuan jika kita mencari tempat wisata di Bandung. Dulu, Cihampelas adalah jalan yang dipenuhi toko pakaian dan jadi pusat fashion sebelum adanya Factory Outlet yang menjamur di Bandung. Salah satu keunikan toko pakaian di Cihampelas adalah tampilan luarnya yang mencolok, dengan patung Spider-Man atau Rambo, bahkan bentuk dek perahu.

Jalan Cihampelas juga merupakan lokasi bagi mal ternama di Bandung yakni Ciwalk atau Cihampelas Walk. Mal ini adalah mal yang lengkap dengan taman, area outdoor, serta fasilitas mal yang lengkap.

Selain itu juga terdapat Teras Cihampelas yang merupakan kawasan kuliner 'street food' yang dibuatkan semacam flyover di atas badan jalan Cihampelas.

5 dari 12 halaman

2. Jalan Riau

Bandung sudah identik dengan surga belanja. Terkenal dengan dengan Factory Outlet, para wisatawan bisa berbelanja pakaian dengan harga menarik dengan kualitas papan atas. Salah satu tempat wisata di Bandung dalam hal mode adalah di Jalan Riau, di mana banyak sekali tersebar Factory Outlet di sana.

Jalan Riau sendiri terbentang dari Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Merdeka, sampai pertigaan Dago.

Tak cuma Factory Outlet seperti The Secret dan The Heritage, banyak juga restoran khas Bandung yang bisa jadi jujugan wisata kuliner.

3. Jalan Braga

Braga adalah jalan yang mempertahankan bangunan lawas di kedua sisinya. Suasana khas Belanda lengkap dengan jalanan pavingnya membuat Braga jadi destinasi wajib jika Anda mencari tempat wisata di Bandung. Beberapa landmark seperti Hotel Savoy Homann dan Restoran Braga Permai masih berdiri dan lestari hingga sekarang.

Terdapat banyak restoran modern serta hotel murah untuk para backpacker. Braga juga populer di kalangan turis Internasional karena banyaknya restoran, bar, dan kafe. Braga juga salah satu tempat di Bandung yang hidup 24 Jam.

6 dari 12 halaman

4. Alun-alun Kota Bandung

Jika mencari tempat wisata di Bandung wajib hukumnya untuk datang ke alun-alun Bandung. Alun-alun kota Bandung berada di halaman Masjid Raya Bandung di jalan Asia Afrika. Pengerjaan renovasi dengan dilapisinya lapangan dengan rumput sintetis, membuat alun-alun kota Bandung jadi nyaman dan bersih untuk dikunjungi. Pedagang kaki lima penjual makanan pun melengkapi nikmatnya nongkrong di alun-alun ini. Lokasinya pun dekat dengan Braga dan juga Museum Asia Afrika.

Tempat wisata di Bandung bernuansa alam

Tak cuma soal mal dan mode, Bandung juga terkenal akan wisata alamnya. Tak cuma kita bisa menghirup udara segar dan menikmati pemandangan indah, banyak di antara tempat wisata di Bandung bernuansa alam ini adalah destinasi untuk hunting foto untuk pre-wedding atau sekedar mengisi feed Instagram Anda.

 

7 dari 12 halaman

1. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya adalah tempat wisata di Bandung dengan pemandangan hutan pinus, lengkap dengan kegiatan menantang seperti sepeda tali, serta flying fox. Di tempat ini juga terdapat lokasi perkemahan glamping.

Maribaya juga lokasi dari beberapa kawasan seperti Taman Bunga Begonia yang merupakan kebun bunga, serta De Ranch yang merupakan wahana naik kuda dengan pemandangan menarik.

 

2. Curug Tilu Leuwi Opat

Air terjun di Ciwangun Indah Camp ini termasuk tipe air terjun tiga tingkat. Di sini wisatawan tidak disarankan untuk berenang, karena kedalamannya mencapai 15 meter.

 

3. Gua Pawon

Di Guha Pawon atau Gua Pawon, wisatawan bisa mempelajari sejarah masyarakat Sunda. Situs purbakala ini berada di Gunung Masigit dan bisa dicapai dengan trekking.

 

4. Stone Garden Geopark

Selain Gua Pawon, di Gunung Masigit juga ada tebing-tebing kapur berselimut tumbuhan hijau yang Instagramable. Inilah Stone Garden Geopark yang lagi hits di Instagram.

 

5. Kawah putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey adalah tempat wisata di Bandung selatan yang sering jadi kawasan syuting film. Kawah Putih memang memiliki pemandangan fotogenik yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

8 dari 12 halaman

6. Situ Cileunca

Situ Cileunca adalah danau dengan pemandangan menakjubkan dengan hamparan hijau perkebunan dan latar belakang pegunungan. Di Situ Cileunca juga terdapat jembatan cinta yang kerap didatangi oleh pasangan.

 

7. Sunrise Point Cukul

Sunrise Point Cukul menawarkan keindahan matahari terbit dipadu dengan pemandangan alam berupa kebun dengan kontur tanah berkelok jika kita amati dari ketinggian. Sangat syahdu dan menenangkan.

8. Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar adalah hamparan kebun teh di dataran tinggi dengan suasana asri dan latar belakang pegunungan yang sangat menarik untuk jadi spot foto landscape.

9 dari 12 halaman

9. Tangkuban Perahu

Meskipun terletak di lembang, Tangkuban Perahu bagi orang luar Bandung dianggap sebagai tempat wisata yang merupakan ikon dari kota Bandung. Dipenuhi mitos berbagai hal yang membuat gunung ini terbentuk, Tangkuban Perahu jadi makin menarik untuk dikunjungi.

10. Pemandian Air Panas Ciater

Terletak di Desa Nagrak, sumber air panas ini merupakan tempat wisata di Bandung yang sudah kondang. Daya tarik wisatanya sudah bukan cuma kolam air panas. Ada berbagai wahana, fasilitas olahraga, camping ground, outbond, sampai spa dan restoran.

 

11. Curug Malela

Berlokasi di Desa Cicadas, Gunung Halu, air terjun ini mengalir dalam 5 jalur, menghasilkan pemandangan yang megah dan memikat. Air terjun ini masih satu rangkaian dengan Curug Katumiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir, dan Pameungpeuk.

 

12. Tebing Keraton

Tebing Keraton adalah salah satu tempat wisata baru di Bandung, yang ramai dikunjungi anak-anak hits. Berfoto di tempat ini akan membuat feed Instagram senantiasa lebih indah.

10 dari 12 halaman

Tempat wisata di Bandung yang terbaru

Bagi Anda yang gemar mencari tempat wisata baru untuk berlibur atau sekedar berburu foto selfie yang hits, tempat wisata di Bandung yang terbaru ini bisa Anda jadikan pilihan menarik.

 

1. Dago Dream Park

Mirip dengan The Lodge Maribaya, Dago Dream Park juga menawarkan aneka spot selfie kekinian seperti permadani terbang dan zip bike. Ada juga wahana permainan seru seperti perahu kora dan flying fox. Berkuda dan memanah pun bisa.

2. Barusen Hills

Barusen Hills adalah tempat wisata di Bandung yang terletak di Ciwidey. Ini adalah kawasan wisata alam dengan hamparan taman bunga yang cocok untuk jadi spot foto. Adanya kincir angin, dek dengan latar perbukitan, serta hamparan bunga, makin sah membuat tempat ini jadi tempat baru jujugan para milenial.

 

3. Bukit Senyum

Bukit Senyum yang terletak di Desa Cipada, Kecamatan Cikalong Wetan, adalah tempat di mana Anda bisa menikmati hamparan indah hutan pinus, kebun teh dan perbukitan dari atas dek. Tempat yang asal mula namanya berasal dari para pengunjung yang disebut selalu tersenyum saat datang kemari tersebut, adalah tempat wisata di Bandung yang cocok bagi Anda yang gemar berburu foto-foto ciamik untuk feed Instagram Anda.

11 dari 12 halaman

4. Taman Lembah Dewata Bandung

Taman Lembah Dewata adalah kawasan wisata yang berlokasi di Berkuda Ganesha H Equstian, yakni di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cibogo, Lembang. Lebih tepatnya, tempat ini dekat dengan perbukitan Maribaya. Keunggulan dari Taman Lembah Dewata adalah danau yang dikelilingi panorama hijau, lengkap dengan dermaga bambu yang menjorok ke danau. Tempat wisata di Bandung ini sontak langsung ramai jadi tempat foto pre-wedding.

 

5. Orchid Forest lembang

Terletak di Jalan Tangkuban Perahu KM 8, Cikole, Lembang, tempat yang merupakan kawasan hutan pinus ini memiliki koleksi banyak sekali jenis anggrek. Namun tak cuma itu, jajaran pinus yang rindang membuat tempat ini jadi incaran para milenial untuk berfoto.

 

6. Puncak Eurad Pingping

Puncak Eurad Pingping ini terletak di lembang, dan merupakan tempat yang menawarkan panorama pegunungan dan pemandangan perkebunan di bagian bawahnya. Terdapat sebuah spot foto berbentuk perahu yang laris manis jadi spot selfie di tempat ini. Namun selain foto, berbagai kegiatan seperti hiking, trekking, serta berkemah juga bisa dilakukan.

12 dari 12 halaman

Tempat wisata di Bandung malam hari

Berikut adalah destinasi wisata malam di Bandung, bagi Anda pecinta kuliner malam di kota yang hidup 24 jam ini.

 

1. Bandung Carnival Land

Bandung Carnival Land atau BCL adalah tempat wisata di Bandung yang lebih hidup di malam hari. BCL menawarkan wahana permainan bagi Anda pecinta adrenalin yang tak terlalu ekstrem. Seluruh wahana permainan pun dihias lampu warna-warni yang membuatnya jadi sebuah taman hiburan yang indah. Ada juga rumah hantu dengan koridor dan patung yang seram.

 

2. Puncak Bintang Bukit Moko

Bukit Moko adalah tempat tinggi di kota Bandung yang mampu menyuguhkan Anda pemandangan kota dengan paparan lampu kota yang romantis sejauh 180 derajat. Bukit ini terletak di ketinggian 1.500 meter, dengar warung-warung yang bisa Anda singgahi untuk makan dan minum.

3. Caringin Tilu

Terkenal dengan nama Cartil, Caringin Tilu yang terletak di Padasuka ini terkenal dengan pemandangan sunset eksotis dilanjut dengan suasana malam yang romantis. Kota Kembang pun bisa dinikmati dari ketinggian Cartil dengan panorama indah berbalut udara sejuk khas Bandung.

 

4. Puncak Ciumbuleuit (Punclut)

Puncak Ciumbuleuit atau Punclut merupakan destinasi wisata malam layaknya Bukit Moko, dengan pemandangan yang tak kalah indah. Di ketinggian yang sebenarnya tak setinggi Moko, Punclut sudah mampu menyuguhkan panorama 'city lights' yang cantik dari atas bukit.

Fenomena Langka, Hujan Turun Hanya 1 Meter di Binjai

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
10 Manfaat Lidah Buaya Super Lengkap untuk Kesehatan Tubuhmu
Artikel Selanjutnya
20 Cara Menambah Tinggi Badan Secara Efektif, Tanpa Efek Samping, dan Pasti Berhasil