Sukses

Cara Membuat Aquascape Murah dan Mudah Untuk Pemula, Lengkap Cara Merawatnya

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini demam aquascape atau akuarium hias kembali bermunculan. Aquascape adalah seni mendekorasi pemandangan dalam akuarium ikan. Uniknya, dalam aquascape ini tak hanya sekedar meletakkan tanaman-tanaman bawah air, batuan atau kayu-kayuan, tetapi juga menuntut estetika seni, ketelatenan dan kesabaran yang tinggi.

Pada umumnya aquascape adalah membuat kebun di dalam akuarium. Kebun itu diisi oleh tanaman air, kayu, batu, dan ikan. Tapi, bukan asal mengisinya namun yang terpenting dalam membuat aquascape ialah semua komponen itu alami tanpa buatan dan ekosistemnya dapat hidup seperti di alam.

Aquascape memiliki keunikan tersendiri dalam menciptakan ekosistem dari tumbuhan hidup dengan ikan-ikan kecil dalam sebuah kotak kaca. Hasilnya bisa menjadi sangat indah sebagai hiasan di rumah. Pilihan tanaman dan ikannya beragam, serta sering dibudidayakan. Untuk aquascape laut biasanya harganya cenderung mahal serta dianggap dapat merusak biota laut

Namun, bagi kamu yang tertarik untuk membuat aquascape tanpa merusak biota laut bisa membuat aquascape dari air tawar. Berikut liputan6.com rangkum cara membuat aquascape yang murah untuk pemula, Senin (18/3/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Cara membuat aquascape

1. Bahan atau komponen aquascape

Sebelum mengetahui cara memuat aquascape yang murah untuk pemula ada beberapa bahan atau kompenen yang harus kamu siapkan, diantaranya; aquarium, filter, lampu, pasir silica, pupuk dasar atau pupuk cair, tanaman, ikan, CO2, dan bebatuan. Setelah semua bahan atau kompenen telah kamu siapkan, sekarang kamu bisa membuat aquascape

2. Membentuk aquarium

Jika kamu ingin membuat aquascape yang kecil kamu bisa menyiapkan aquarium yang kecil, namun lebih baik jika kamu membuat aquarium yang besar sehingga tampilannya akan semakin menarik. Setelah kamu memastikan ukuran aquariumnya, cara membuat aquascape selanjutnya adalah menaburkan pasir halus di bagian dasar dengan ketinggian 2-3 cm.

Jenis pasir yang digunakan bisa pasir silica dan tambahkan di bagian tengahnya karbon aktif. Karbon aktif ini berfungsi untuk menyerap zat yang berbahaya yang ada pada air saat kita membuat aquascape. Usahakan untuk membuat pasirnya tersebut memiliki semacam pola lekukan menjorok di bagian tengah dan agak tinggi di sampingnya.

3. Memberi pupuk

Setelah menata pasir di bagian dasarnya silahkan masukan pupuk di atas pasir pada bagian lekukan yang tadi telah kamu atur, sehingga pupuknya tersebut tidak akan tampak jika dilihat dari samping. Jika pupuknya sudah dimasukan, sekarang tutup kembali dengan pasir agar pupuknya tidak kelihatan.

Pemberian pupuk pada pembuatan aquascape hanya untuk tanaman yang punya akar. Kalau tanaman yang kita pilih tidak memiliki akar, atau menyerap nutrisinya lewat daun, Tapi jika menggunakan jenis tanaman air yang mampu menyerap nutrisi melalui daun, pemberian puuk ini bisa dihilangkan untuk menghemat biaya. Itulah langkah ketiga sebagai cara membuat aquascape yang murah untuk pemula.

4. Membuat Hardscape

Cara membuat aquascape murah untuk pemula selanjutnya adalah membuat Hardscape yaitu menambahkan hiasan berupa bebatuan yang telah kamu siapkan dan kayu untuk membentuk aquascape yang menarik.

Penataan hardscape ini tentu tidak boleh sembarangan. Penataan kayu dan batu harus dilakukan dengan baik agar ketika ditambahkan tanaman hasilnya akan seperti yang kamu harapkan. Jika kamu ingin membentuj efek kedalaman, kamu bisa membuat pasir yang ada di bagian belakang lebih tinggi daripada yang ada di depan.

5. Masukkan tanaman

Tahapan menanam ini sebenarnya bisa kamu lakukan sebelum akuarium diisi air. Namun ada baiknya jika isi terlebih dahulu seperempat bagian aquarium dengan air. Pastikan untuk memasukan airnya secara perlahan dengan menggunakan bantuan saringan atau alat khusus agar kucuran airnya tidak merusak dekorasi pasir dan pupuk yang telah dipasang.

Selain menanam tanaman, cara membuat aquascape murah untuk pemula yang harus kamu lakukan adalah memasang peralatan seperti outlet filter, peletakan diffuser CO2, pemasangan lampu atau pencahayaan, dan peralatan lainnya. Setelah semua siap, jangan kamu masukkan dulu hewan ke dalam aquascape ini.

Jika kamu langsung memasukkan hewan ke dalam aquascape, dikhawatirkan akan mati karena masih terdapat kandungan amonia yang tinggi di dalam air. Sebaiknya tunggu dulu lebih kurang selama 2 minggu, agar kandungan amonia di dalam air hilang. Baru deh, setelah itu kamu bisa memasukkan ikan hias yang berukuran kecil ke dalam aquascape.

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa langsung menyaksikan disini

3 dari 3 halaman

Tips Menjaga Aquascape Air Tawar Tetap Indah

1. Jangan memasukkan tangan kotor

Sebisa mungkin jangan mengobok-obok isi akuarium. Jika terpaksa, misalnya kamu ingin memindahkan tanaman, cucilah tangan kamu hingga bersih.

2. Tak perlu menambah oksigen

Aquascape tidak selalu membutuhkan gelembung oksigen yang besar. Pasalnya, tanaman di dalam akuarium juga membutuhkan CO2.

3. Letakkan di area sejuk

Hindari meletakkan akuarium di area yang terlalu terpapar sinar matahari. Teriknya sinar akan membuat suhu air meningkat sehingga tidak ideal untuk tanaman. Pastikan suhu air tidak lebih dari 26°C.

4. Jangan menguras hingga kering

Untuk mencegah akuarium keruh, jangan mencuci akuarium dengan sabun, karena malah akan membunuh tanaman dan ikan.

5. Pastikan ada ruang gerak

Jangan membiarkan akuarium terlalu rimbun. Pastikan ada ruang gerak bagi ikan maupun tanaman untuk bertumbuh.

6. Berikan pupuk

Tambahkan pupuk sekali sebulan agar tanaman tumbuh subur, dan bersihkan lumut yang menempel di kaca akuarium agar tak mengganggu pertumbuhan tanaman air.

Nah, itu tadi ulasan mengenai cara membuat aquascape yang murah dan mudah untuk dipraktikkan oleh pemula. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.