Sukses

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel Bentuk Unicorn Lucu

Liputan6.com, Jakarta Salah satu mainan yang paling digemari anak adalah boneka. Bahkan boneka juga disukai orang dewasa. Boneka memiliki ragam bentuk yang tak terbatas mulai dari hewan, kartun, atau manusia.

Nah, bentuk boneka yang paling banyak disukai adalah boneka berbentuk hewan seperti beruang, kucing, sapi, dan lain sebagainya. Bentuk-bentuk boneka hewan memang menggemaskan. Salah satu bentuk hewan yang cukup populer saat ini adalah unicorn.

Unicorn merupakan hewan magis berwujud kuda dengan sebuah tanduk di dahi. Keberadaannya memang belum dibuktikan secara ilmiah. Namun, hewan ini cukup populer karena keindahannya.

Sudah banyak boneka unicorn yang dijual dengan berbagai macam ukuran. Namun, ternyata kamu bisa membuat sendiri boneka unicornmu lho! Kamu bisa membuatnya dengan bahan kain flanel yang mudah ditemukan.

Cara membuat boneka dari kain flanel ini cukup mudah dan murah meriah. Kain flanel sendiri merupakan bahan yang cocok untuk membuat boneka. Kreasi yang dihasilkan kain flanel memang tak terbatas. Kamu dapat mengkreasikan kain flanel sebagai boneka unicorn yang lucu.

Berikut cara membuat boneka unicorn yang dilansir Liputan6.com dari Brightersides, Kamis (14/3/2019) 

 

2 dari 6 halaman

Siapkan Alat dan Bahan

Cara membuat boneka dari kain flanel berbentuk unicorn yang pertam adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan ini mudah ditemukan, mungkin kamu sudah mempunyainya di rumah. Alat dan bahan tersebut antara lain adalah:

- Kain flanel aneka warna. Gunakan warna putih untuk badan unicorn dan warna pelangi untuk ekor dan surai. Untuk tanduk bisa gunakan warna kuning.

- Jarum dan benang

- Spidol hitam atau pena gel

- Stabilo pink

- Pola dan kertas

- Gunting

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Boneka Unicorn: Buat Pola

Setelah bahan dan alat siap, buatlah pola pada sebuah kertas. Cetak pola di atas dan gunting agar menjadi beberapa pola yang membentuk unicorn.

Pilih potongan-potongan kain flanel, kemudian gunakan pola yang ada untuk membentuk bagian-bagian unicorn. Jiplak pola dengan spidol atau pena gel, dan guntinglah setiap potongan dengan rapi.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Boneka Unicorn: Mulai Merakit

Selanjutnya rakit bagian-bagian unicorn. Kamu bisa mulai dengan bagian ekornya. Bagian putih besar adalah pangkal ekor dan 3 bagian kecil lainnya adalah 3 bagian ekor dengan warna berbeda. Tempatkan 3 bagian ekor secara terpisah di pangkal ekor. Potongan-potongan semua harus cocok pada tempatnya.

Setelah itu ambil salah satu potongan tubuh yang akan menjadi sisi belakang tubuh, 5 potongan bulat yang akan menjadi rambut untuk surai dan tanduk.

Tempatkan tanduk dan potongan rambut di atas potongan tubuh seperti yang ditunjukkan pada ilustrasi, dimulai dengan tanduk di dahi, dan potongan surai sedikit tumpang tindih di belakangnya. Pastikan ada cukup banyak tumpang tindih antara potongan-potongan kecil dan potongan tubuh besar dimana kamu akan dapat menjahit atau menempelkannya nanti.

Setelah itu beralih pada dengan bagian tubuh lainnya yang menjadi bagian depan tubuh unicorn, 2 bagian telinga dan bagian mulut setengah lingkaran.

Buat celah kecil di bagian bawah potongan telinga luar. Tindih sisi celah dan jahit bersama-sama. Ini akan membuat telinga sedikit melengkung.Tempatkan bagian luar telinga pada potongan tubuh seperti yang ditunjukkan pada gambar, dan tempatkan bagian dalam telinga di atasnya. Potongan bentuk setengah lingkaran harus cocok dengan area kepala atau hidung di sisi depan unicorn.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Boneka Unicorn: Mulai Menjahit

Sekarang kamu bisa mulai menjahit potongan. Kamu juga dapat menggunakan lem kain untuk menempelkan bagian-bagian yang disiapkan pada langkah sebelumnya.

Jika kamu lebih suka menjahit seperti yang ditunjukkan dalam contoh, kamu dapat menggunakan tusukan sederhana di semua bagian untuk menyatukannya. Kamu juga perlu menjahit detail hidung dan mata di bagian tubuh depan gunakan teknik tusuk feston. Untuk membuat mata unicorn kamu dapat menggambarkan mata terlebih dahulu lalu mulai membentuknya dengan jahitan sederhana.

Selanjutnya, letakkan bagian depan tubuh di atas bagian belakang tubuh, pastikan semua bagian cocok dengan rapi. Mulailah menyatukan potongan-potongan dari sisi depan tubuh dengan menjahit di sepanjang sisi. Buat jahitan yang rata agar terlihat rapi. Sisakan sedikit lubang untuk tempat mengisi isian boneka.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Boneka Unicorn: Masukkan Isian

Ambil sisa dari kain flanel yang ada dan potong menjadi potongan-potongan kecil. Isi tubuh unicorn dengan sisa flanel tersebut hingga penuh dan empuk. Kamu juga bisa menggunakan kapas atau dacorn sebagai isian dari boneka ini. Kemudian tutup dengan jahitan yang sama dan kunci jahitan.

Setelah menjahit ujung yang tertutup, gunakan stabilo merah muda untuk memberikan efek perona pipi unicorn.

Dan kamu telah selesai membuat boneka unicorn!

Loading