Sukses

Cara Membuat Bros Kupu-Kupu dari Kain Flanel, Praktis dan Murah

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara untuk mengembangkan kreativitas. Salah satunya adalah membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan dapat berupa segala macam benda yang dapat dibuat sendiri.

Bahan-bahan dari kerajinan tangan dapat berupa apa saja mulai dari bahan bekas atau bahan-bahan tertentu. Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan adalah kain flanel.

Kain flanel cocok menjadi media berkreasi untuk kerajinan tangan. Kreasinya yang dihasilkan kain ini tak terbatas. dengan begitu kain flanel sangat cocok diutak-atik oleh para tangan kreatif.

Tak sulit membuat aneka kreasi dengan flanel. Kamu bisa menyulap flanel menjadi sebuah gantungan kunci, jepit rambut, tas, bros, dan masih banyak lagi. Berbagai macam warna yang dimiliki membuat kamu bebas berkreasi.

Bros merupakan salah satu benda yang dapat dibuat dengan bahan kain flanel. Dengan sedikit kreativitas, kamu dapat menciptakan ragam Bros Dari Kain Flanel yang cantik dan menarik. Dengan bros-bros buatan tangan ini kamu dapat tampil cantik dan menawan. Selain itu kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk sebuah bros. Bahan dan alat untuk membuat bros flanel ini cukup murah dan mudah ditemui.

Tak hanya digunakan untuk dirimu sendiri, kamu juga dapat menjadikan bros flanel ini sebagai hadiah untuk sahabatmu. Bahkan jika kamu pandai memanfaatkan peluang, bros-bros hasil kreativitas tanganmu ini dapat kamu jual dan menghasilkan uang yang lumayan untuk jajan.

2 dari 3 halaman

Mengenal kain flanel

Kain flanel atau dalam bahasa Inggris disebut dengan felt merupakan jenis kain yang terbuat dari serat wol tanpa metode tenun. Kain ini dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain beragam tekstur dan jenis. Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain.

Sekadar informasi, flanel rupanya merupakan jenis kain yang lebih tua dari kain tenun dan rajut. Di Turki, bekas penggunaan kain flanel yang ditemukan diperkirakan berasal dari tahun 6500 SM, jenis kain flanel terumit ditemukan dalam bentuk awetan di Siberia pada tahun 600 M.Legenda di Sumeria, menyatakan bahwa kain flanel pertama kali dibuat oleh Urnamman. Pada masa lalu, kain flanel digunakan untuk membuat topi para pria.

3 dari 3 halaman

Membuat Bros Kupu-kupu

Kamu bisa memulai dengan bentuk kupu-kupu untuk bros flanelmu. Cara membuat bros kupu-kupu dari kain flanel cukup mudah. Banyak bentuk dan cara membuat bros kupu-kupu dari kain flanel yang dapat kamu pilih.

Berikut adalah salah satu cara membuat bros kupu-kupu dari kain flanel yang dapat kamu praktekkan sendiri di rumah. cara membuat bros kupu-kupu dari kain flanel ini dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber Kamis (28/2/2019).

Cara Membuat Bros kupu-kupu dari Kain Flanel: Siapkan Bahan Dan Alat

Cara membuat bros kupu-kupu dari kain flanel yang pertama adalah dengan menyipakan peralatan dan bahan. Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan untuk cara membuat bros kupu-kupu dari kain flanel

- Kain flanel berbagai warna

- Kawat Chenille (kawat ini berupa kawat yang dilapisi kain lembut yang akan memberi kesan bulu-bulu halus)

- Peniti khusus untuk bros

- Gunting

- Lem tembak

- Jarum pentul

 

Cara Membuat Bros kupu-kupu dari Kain Flanel: Buat Sayap Kupu-Kupu

Ambil dua lembar kain flanel berbeda warna. Gunting kain flanel membentuk sebuah lingkaran. Masing masing lingkaran dengan ukuran berbeda. Satu lembar lain flanel dengan ukuran lingkaran besar, dan satu lembar lainnya dengan ukuran yang lebih kecil.

Selanjutnya satukan kedua lembar kain flanel tadi hingga membentuk sebuah sayap kupu-kupu. Satukan kedua lembar kain flanel menggunakan jarum pentul dengan cara mengerutkannya pada bagian tengah hingga membentuk sebuah sayap kupu-kupu dengan dua warna.

 

Cara Membuat Bros kupu-kupu dari Kain Flanel: Bentuk Kupu-Kupu Dengan Kawat Chenille

Langkah berikutnya, lepas jarum pentul namun pastikan serutan dari kedua kain flanel tidak lepas. Tahan serutan kain flanel menggunakan kedua jari.

Setelah itu lilit bagian tengah flanel yang dikerutkan tadi menggunakan kawat chenille. Lilit bagian tengah kedua flanel tersebut untuk membentuk badan kupu-kupu. Gunakan sisa lilitan kawat chenille untuk membentuk antena yang ada pada kepala kupu-kupu.

Kupu-kupu dari kain flanel sudah selesai dibuat, mudah dan singkat bukan? Sekarang kamu hanya perlu menempelkan peniti khusus agar kupu-kupu flanel ini dapat kamu gunakan sebagai bros.

 

Cara Membuat Bros kupu-kupu dari Kain Flanel: Tempelkan Peniti Khusus Bros

Setelah selesai membuat kupu-kupu dari flanel, tempelkan peniti khusus untuk agar kupu-kupu flanel dapat digunakan sebagai bros.

Rekatkan peniti bros pada bagian belakang kupu-kupu flanel menggunakan lem tembak. Pastikan peniti telah merekat kuat agar tak mudah lepas.

Bros kupu-kupu dari kain flanel sudah selesai dibuat, kamu dapat menyematkannya di baju, jilbab, tas, atau di mana saja yang kamu inginkan.