Sukses

Kata Serapan dari Bahasa Inggris, Ternyata Banyak Jenisnya lho

Berikut ini beberapa contoh kata serapan dari Bahasa Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memilik keragaman dan keunikan bahasa. Tak terkecuali keistimewaan yang dimiliki oleh Bahasa Indonesia. Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahasa Melayu.

Meski berasal dari bahasa Melayu, Bahasa Indonesia adalah bahasa yang terbuka. Artinya bahasa ini juga banyak menyerap kata-kata dari bahasa lain.

Penyerapan kata dalam bahasa Indonesia ini disebut juga kata serapan. Kata serapan dalam bahasa Indonesia merupakan kata yang berasal dari bahasa daerah maupun bahasa asing yang ejaan, ucapan dan tulisannya disesuaikan sedemikian rupa dengan penuturan dalam bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia telah menyerap banyak kata dari berbagai bahasa asing dan daerah. Bahasa tersebut antara lain adalah bahasa Sansekerta (Jawa kuno), Arab, Belanda, Cina, Hindi, Inggris, Portugis, Jepang, Parsi, Tamil dan banyak lagi.

Sementara untuk kata serapan yang berasal dari bahasa daerah antara lain adalah bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia seperti Jawa, Sunda, Minang, dan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Serapan dari Bahasa Inggris

Salah satu kata yang banyak diserap dalam bahasa Indonesia adalah kata-kata dari bahasa Inggris. Menurut Senarai Kata Serapan dalam Bahasa Indonesia (1996) yang disusun oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kata serapan dari bahasa Inggris mencapai 1.610 kata.

Dalam sejarahnya, bangsa Inggris pernah menduduki Indonesia meski dalam waktu yang singkat. Masuknya bangsa Inggris ke Indonesia secara tidak langsung juga telah mempengaruhi penuturan bahasa yang ada.

Bahasa Inggris juga merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh seluruh dunia untuk berkomunikasi. Dengan begitu sangat mudah bahasa Inggris diterima dan diserap oleh penutur bahasa Indonesia.

Banyak kata dalam bahasa Inggris yang juga merupakan kata serapan dari bahasa lain terutama bahasa Latin dan Yunani. Dalam hal ini bahasa Indonesia juga menyerap langsung dari bahasa asal tanpa melalui bahasa Inggris.

Ada kaidah tersendiri dalam cara penyerapan sebuah kosa kata bahasa Indonesia. Misalnya dalam bahasa Inggris kata yang mengandung ‘oo’, pengucapan dan penulisannya berubah menjadi ‘u’ dalam bahasa Indonesia. contohnya: ‘cartoon’ dalam bahasa Indonesia diserap menjadi ‘kartun’.

3 dari 4 halaman

Jenis Kata Serapan berdasarkan Proses Penyerapan

Penyerapan sebuah kata asing hingga menjadi sebuah kosa kata bahasa Indonesia juga melalui beberapa proses. Ada tiga jenis kata serapan berdasarkan proses penyerapannya. Proses tersebut antara lain adalah adopsi, adaptasi, dan pungutan.

1. Adopsi

Adopsi merupakan proses penyerapan kosa kata asing yang memiliki makna yang sama dalam bahasa Indonesia tanpa mengubah ejaan,pengucapan, dan penulisan sama sekali.

Contoh kata serapan dari bahasa Inggris yang mengalami proses adopsi adalah bus, data, film, golf, internet, radio dan masih banyak lagi.

2. Adaptasi

Adaptasi adalah proses penyerapan kata asing yang digunakan karena memiliki makna yang sama dalam bahasa Indonesia namun kata tersebut telah mengalami perubahan dalam ejaan, pengucapan dan penulisannya sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Contoh kata serapan dari bahasa Inggris yang melalui proses adaptasi adalah bisnis yang diadaptasi dari kata business, aktor yang diadaptasi dari kata actor, buku yang diadaptasi dari kata buku dan masih banyak lagi.

3. Pungutan

Proses penyerapan kata asing dengan pungutan terjadi karena pemakai mengambil konsep dasar yang ada pada bahasa asalnya. Setelah itu kata tersebut dicari terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Contoh dari kata serapan pungutan dari bahasa Inggris antara lain adalah ‘try out’ yang diserap dengan kata ‘uji coba’, ‘background’ yang diserap dengan ‘latar belakang’, ‘download’ yang diserap dengan ‘unduh’ dan masih banyak lagi kata serapan pungutan lainnya.

4 dari 4 halaman

Contoh Kata Serapan dari bahasa Inggris

Menurut Senarai Kata Serapan dalam Bahasa Indonesia (1996) yang disusun oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kata serapan dari bahasa Inggris mencapai 1.610 kata. Jumlah ini tak menutup kemungkinan akan bertambah.

Nah sebagai informasi dan pengetahuan, berikut beberapa contoh kata serapan dari bahwa Inggris yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Wikipedia Bahasa Indonesia Jumat (1/3/2019).

account - akun

activist - aktivis

actor - aktor

acupuncture - akupuntur

bomb - bom

book - buku

boss - bos

calm - kalem

campus - kampus

cancer - kanker

card - kartu

design - desain

diagnose - diagnosa

dissertation - disertasi

erotic - erotik

ethnic - etnik

evacuation - evakuasi

fermentation - fermentasi

fashion - fesyen

feminine - feminin

homophone - homofon

homograph - homograf

homonym - homonim

innovation - inovasi

insecticide - insektisida

instant – instan

juice – jus

keeper – kiper

landscape - lanskap

lasso - laso

legislative – legislatif

marginal - marjinal

mark - marka

mascot – maskot

negotiation - negosiasi

nuance - nuansa

nuclear – nuklir

oasis - oase

obsession - obsesi

okay – oke

pelican – pelikan

pen - pena

pencil – pensil

quality - kualitas

quantity – kuantitas

relax - rileks

renovation - renovasi

relation – relasi

science - sains

scheme - skema

sceptic – skeptis

taboo - tabu

taxi- taksi

technology – teknologi

unification - unifikasi

unique - unik

unisex – unisex

verandah - beranda

verification - verifikasi

villa – vila

zone - zona

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.