Sukses

Cara Bangun Pagi Ini Buat Kamu Bisa Lakukan Banyak Kegiatan

Cara bangun pagi ini akan buat kamu lebih bersemangat.

Liputan6.com, Jakarta Melakukan rangkaian kegiatan hampir dimiliki oleh setiap orang. Sehingga tak jarang orang untuk memulai melakukan aktivitasnya di pagi hari. Namun, tak banyak orang juga ternyata sangat sulit bangun pagi. Apakah kamu salah satu yang berkomitmen untuk bangun pagi lebih awal dan selalu gagal melakukannya?

Ya, memang banyak yang kesulitan untuk bangun pagi. Bangun pagi memang menjadi masalah sulit bagi beberapa orang. Lalu bagaimana cara bangun pagi agar dapat melakukan aktivitas lebih awal?

Kali ini Liputan6.com, Rabu (27/2/2019) telah merangkum dari Purewow beberapa cara bangun pagi yang bisa kamu terapkan mulai besok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Atur Rencana untuk Kegiatan Esok Hari

1. Alasan yang kuat

Selain memiliki keinginan untuk bangun pagi, hal yang paling penting harus dilakukan sebelumnya adalah memiliki rencana kegiatan apa yang harus dilakukan di pagi hari. Yap, kamu perlu merencanakan kegiatan apa yang ingin kamu lakukan di keesokan harinya.

Saat kamu memiliki rangkaian kegiatan yang sudah tersusun dengan baik untuk besok, maka kamu ada alasan yang kuat mengapa harus bangun pagi.

2. Cari cara ala kamu

Buat kamu yang belum terbiasa bangun pagi lebih awal, pastinya kamu memerlukan penyesuaian agar bisa bangun pagi. Bagaimana caranya? Nah, misalnya saja kamu ingin bangun jam 8 pagi. Jangan atur alarm untuk berbunyi di jam 7, ya.

Kamu bisa setting alarm di 10 menit sebelumnya. Secara rutin, kamu tingkatnya durasi jam bangunmu. Keesokan harinya, kamu bisa mengatur alarm di 20 menit, 30 menit, dan seterusnya.

3. Tidur lebih awal

Nah, untuk mendapatkan bangun pagi, langkah ini perlu atau wajib kamu lakukan. Ini jelas bahwa semakin cepat kamu pergi tidur di malam hari, maka semakin cepat juga kamu akan bangun di pagi hari. Bukan hanya tidur cepat dan bangun dengan cepat, kamu juga perlu memastikan bahwa dalam sehari kamu mendapatkan 8 jam waktu untuk tidur, ya.

3 dari 4 halaman

Dapatkan Cahaya Matahari Pagi

4. Dapatkan cahaya matahari pagi

Setelah berhasil bangun pagi, pastikan kamu juga mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari pagi. Mengapa? Soalnya, sinar matahari pagi dapat membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D dan meningkatkan kadar serotonin yang dapat meningkatkan mood kamu.

5. Cari cara agar kamu benar-benar bangun

Kalau sudah mengatur waktu alarm bangun tidurmu, letakkan ponsel kamu jauh dari tempat tidur, ya. Hal ini akan membuat kamu bergerak untuk mematikan alarm yang berbunyi di pagi hari.

6. Minum segelas air

Nah, saat setelah bangun, pastikan kamu langsung minum segelas air, ya. Karena dengan meminum segelas air putih sesaat setelah kamu bangun tidur, akan dapat membuat kamu lebih waspada, membakar metabolisme, dan rehidrasi tubuh setelah berjam-jam tidak terkena air.

Selain itu, dengan meminum air putih setelah bangun di pagi hari dapat mencegah kamu makan secara berlebihan saat sarapan.

7. Rapikan tempat tidur

Setelah bangun dan sudah minum segelas air, segeralah untuk merapikan tempat tidur. Hal ini perlu dilakukan guna mencegah kamu untuk kembali tidur di atasnya.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Bangun Pagi

Setelah beberapa cara bangun pagi di atas, ternyata bukan tanpa alasan loh kenapa kamu perlu bangun pagi. Rupanya ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dari bangun pagi. Berikut Liputan6.com, Rabu (27/2/2019) telah merangkumnya dari berbagai sumber terkait manfaat dari bangun pagi.

1. Tubuh segar

Saat kamu mecoba cara bangun pagi, maka tubuh akan terasa lebih segar. Hal ini dikarenakan tubuh menghirup udara segar yaitu oksigen yang belum tercampur oleh polusi udara.

Makin segar lagi kalau kamu melakukan olahraga di pagi hari. Tubuh kamu akan menjadi segar dan bugar pastinya.

2. Otak berfungsi maksimal

Yap, dengan bangun pagi maka kamu akan mendapatkan udara yang lebih segar. Udara segar yang masih kaya oksigen di pagi hari sangatlah penting bagi peredaran darah dalam tubuh. Saat kamu menghirup udara segar, maka kamu akan menambah kadar oksigen dalam darah yang juga membuat aliran darah lancar.

Saat aliran peredaran darah yang maksimal dan kandungan oksigen yang baik dalam darah akan mengalir ke otak. Proses ini akan membantu kamu untuk meningkatkan dan memaksimalkan fungsi otak.

3. Membangkitkan semangat

Secara psikologi, energi positif dalam tubuh dapat diciptakan dengan bangun pagi dan menghirup udara pagi hari. Semangat bangun pagi jauh berbeda dengan orang yang bangun di siang hari.

Kalau kamu bangun pagi, akan memiliki mimic yang berseri-seri karena bersemangat. Sedangkan kalau kamu bangun siang, cenderung berwajah lesu dan kurang bersemangat.

4. Lebih produktif

Bangun pagi membuat kamu akan lebih produktif, loh. Mengapa? Ya. Karena saat bangun pagi, kamu jadi memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan lebih awal. Kamu akan memiliki waktu yang hening dan baik untuk berkonsentrasi.

Peneltian yang dilakukan oleh Professor Biologi di University of Education di Heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energy yang lebih banyak.

5. Membuat mental lebih sehat dan positif

Saat kamu bangun pagi, kamu akan memiliki suasana yang lebih baik dan mental yang lebih optimis. Kamu juga lebih mudah merasa puas. Dibandingkan dengan orang yang terbiasa bangun di malam hari dan tidur di pagi hari, jika dikaitkan dengan kecerdasan dan kreativitas, cenderung memiliki suasana yang negatif seperti perasaan depresi dan pesimis.

Kalaupun pekerjaan kamu tidak berada di jam pagi hari, setidaknya menyempatkan diri bangun di pagi hari, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.