Sukses

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah dan Praktis

Liputan6.com, Jakarta Barang bekas yang dibiarkan terkadang membuat lingkungan di rumah menjadi terlihat kurang nyaman. Padahal, barang bekas bisa disulap menjadi peralatan yang bermanfaat. Selain itu, daur ulang barang bekas seperti barang-barang berbahan dasar plastik juga bisa menyumbang kelestarian lingkungan hidup.

Selain dijual ke tukang rongsok, Anda juga bisa memanfaatkan barang bekas di rumah menjadi kerajinan tangan. Selain bisa mengurangi jumlah barang bekas di rumah, kerajinan tangan juga bisa membuat pemandangan di rumah menjadi enak dilihat.

Penasaran seperti apa caranya? Berikut Liputan6.com kumpulkan cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dan praktis, yang dijamin bakal membuat rumah Anda semakin indah dan lebih terorganisir, seperti yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Plastik Bekas

Kehadiran barang sehari-hari yang berbahan plastik mungkin menguntungkan manusia dalam beraktivitas. Namun, makhluk hidup lain yang menempati bumi ini tidak merasakan sisi positif dari adanya barang plastik. Nyatanya, hewan-hewan di lautan belakangan ini seringkali terdampak bahayanya barang plastik.

Banyak sekali berita yang menyebutkan kejadian nahas yang dialami ikan-ikan di laut. Misalnya saja kura-kura yang hidungnya tersumbat sedotan plastik sehingga harus dicabut hingga berdarah. Tak hanya itu saja, seekor paus sperma pun ditemukan mati dalam keadaan perutnya yang dipenuhi dengan ribuan plastik.

Dari fenomena tersebut, sudah jelas bahwa plastik sangatlah berbahaya karena tidak dapat terurai. Untuk itu, alangkah baiknya memanfaatkan barang-barang berbahan plastik, seperti botol minum plastik bekas untuk didaur ulang menjadi kerajinan tangan.

Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan cara membuat kerajinan tangan dari botol plastik bekas agar bumi ini bisa langgeng ditinggali anak cucu di masa depan kelak. Yuk simak selengkapnya, yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

Pot Bunga dan Sayuran Gantung

Banyak orang yang suka mengonsumsi minuman bersoda yang di jual di supermarket atau toserba terdekat. Namun, tahukah Anda bahwa botol plastik pembungkus minuman soda itu bisa dijadikan kerajinan yang cantik dan menyegarkan mata? Anda bisa mempraktikkan caranya di rumah agar bisa membuat taman dadakan.

Pertama, siapkan botol plastik bekas berukuran 1.5 liter dengan jumlah sesuai kebutuhan. Usahakan untuk mengumpulkan botol plastik bekas yang masih tertutup rapat. Selanjutnya, lubangi bagian tengah botol dengan pisau sehingga seperti membentuk persegi panjang seperti yang terlihat pada gambar.

Lalu, masukkan tanah subur khusus untuk menanam bunga dan sayuran. Kemudian tanam berbagai bunga kecil atau sayuran yang sekiranya cukup ditampung botol plastik bekas tersebut. Kaitkan setiap botol hingga membentuk susunan cantik seperti pada gambar. Jangan lupa untuk rajin menyirami tanaman Anda agar selalu indah dipandang mata.

Lampu Gantung ala Restoran Mewah

Ketimbang melukai hewan-hewan tidak berdosa, mending botol plastik yang sudah tidak dipakai Anda manfaatkan menjadi hiasan di rumah. Rupanya, selain bisa dijadikan pot bunga, botol plastik juga bisa dibuat lampu gantung ala restoran mewah, lho!

Anda hanya perlu menyiapkan botol plastik 600 ml dengan jumlah sesuai kebutuhan. Jika bisa, siapkan banyak botol plastik untuk membuatnya terlihat besar. Potong setiap ujung botol dengan ukuran seperti pada gambar. Tempelkan kumpulan ujung botol tersebut hingga membentuk setengah lingkaran.

Selanjutnya, masukkan bohlam lampu berwarna putih dan kabelnya melalui celah di atas setengah lingkaran ujung botol. Salurkan dengan listrik dan lampu gantung ala restoran mewah sudah siap dipajang di rumah Anda. Tunggu dulu! Sisa botol yang tidak dipakai bisa didaur ulang menjadi kerajinan tangan lain, seperti yang akan dijelaskan setelah ini.

Sapu dari Botol Minum Bekas

Karena ujung botol sudah dipakai, akan sayang jika sisanya hanya dibuang karena akan menyebabkan masalah lingkungan lain. Jangan khawatir, Anda bisa gunakan sisa botol minum bekas menjadi sapu. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya membutuhkan kayu untuk pegangan lalu ikat kayu dan botol menggunakan kawat.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Ban Bekas

Selain botol plastik bekas, Anda juga dapat mengkreasikan ban bekas menjadi kerajinan tangan. Entah itu ban motor maupun ban mobil bekas, keduanya bisa disulap menjadi perkakas yang indah dipandang.

Cermin Indah dari Ban Motor Bekas

Untuk yang satu ini, Anda hanya perlu menyiapkan ban motor bekas dan cermin dengan bentuk menyesuaikan ukuran ban. Selanjutnya, cat ban motor bekas tersebut dengan warna putih agar terlihat aestetik, seperti yang terlihat pada gambar.

Meja Unik di Kafe

Jika Anda punya ide membangun sebuah kafe untuk nongkrong, Anda bisa memanfaatkan ban bekas mobil untuk dikreasikan menjadi meja. Dua ban mobil bekas sekiranya cukup untuk membuat satu meja unik seperti pada gambar. Jangan lupa untuk mengecat ban tersebut sehingga terlihat indah.

Tempat Menyimpan Payung

Di mana ada niat, di situ ada jalan. Seperti contoh cara membuat kerajinan tangan berikut, Anda bahkan bisa membuat tempat menyimpan payung dari ban mobil bekas. Anda hanya perlu melubangi ban bekas sesuai kebutuhan hingga muat untuk dimasukkan payung. Alhasil, Anda tidak akan lupa menaruh payung.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan Bekas

Vas Bunga Sedotan

Sedotan plastik bekas bisa dikreasikan menjadi vas bunga indah yang bisa dipajang di ruang tamu rumah Anda. Caranya adalah dengan mengumpulkan sedotan plastik dan ditempelkan satu sama lain hingga membentuk vas bunga seperti yang terlihat pada gambar.

Kotak Pensil

Selain menjadi vas bunga, sedotan juga bisa disulap menjadi kotak pensil putra putri Anda di rumah. Kumpulkan sedotan plastik sebanyak-banyaknya dan tekuk dengan sisi yang sama sebanyak empat kali hingga terbentuk persegi. Lalu tumpuk sedotan plastik yang telah ditekuk untuk ditempelkan pada tabung karton agar menjadi kotak pensil.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Bingkai Foto

Kardus bekas rupanya bisa dibuat menjadi bingkai foto. Caranya adalah dengan menyiapkan kardus bekas untuk dibuat berlapis-lapis seperti pada gambar. Buat juga tatakan untuk menyangga bingkai foto dari kardus bekas. Jangan lupa untuk membuat pola untuk menghias tampilan bingkai atau bisa juga dengan mengecatnya.

Rak Buku

Selain kardus bekas besar yang biasa Anda temukan, Anda juga bisa memanfaatkan kardus bekas bungkus susu bubuk yang Anda konsumsi. Misalnya adalah untuk membuat rak buku maupun laci ala-ala. Caranya adalah dengan menumpuk kardus-kardus tersebut hingga membentuk rak buku ataupun laci.

Tatakan atau Alas Laptop

Bagi seorang mahasiswa atau murid sekolah, laptop mungkin menjadi barang penting untuk menunjang pendidikan. Biasanya, mereka akan membutuhkan tatakan laptop agar tidak asal taruh.

Selain itu, tatakan laptop juga berfungsi untuk menghindari panas berlebih yang diakibatkan sentuhan meja dengan laptop. Maka, Anda bisa memanfaatkan kardus bekas berukuran tebal untuk dijadikan tatakan meja seperti pada gambar.

Loading