Sukses

Posisi Duduk di Kelas Bisa Ungkap Kepribadianmu, Kamu yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Posisi menentukan prestasi. Jargon tersebut tentu tak asing terdengar ketika kamu duduk di bangku sekolah maupun perguruan tinggi, kan? 

Setiap orang tentu memiliki posisi duduk favorit agar bisa belajar dengan baik dan nyaman ketika di kelas. Ada yang suka duduk di depan, agar bisa memahami mata pelajaran. Ada pula yang memilih posisi duduk di tengah maupun di belakang.

Menurut Chris, meskipun pilihan tempat duduk di depan kelas mungkin meningkatkan ikatan kita dengan guru dan dosen. Namun ternyata, pilihan itu tidak serta merta membuat nilai kita bagus.

"Dalam kelas yang lebih besar, para mahasiswa yang duduk di depan memang cenderung lebih pintar. Bagaimanapun juga, menyuruh siswa yang tidak pintar untuk duduk di depan kelas juga tidak akan terlalu membantu," kata Chris seperti melansir dari USA Today.

Nah, dari posisi-posisi tempat duduk itu sendiri, ternyata juga melambangkan karakter masing-masing orang. Penasaran seperti apa? Berikut ulasannya.

1. Tempat duduk depan

Wilayah ini bisa dibilang tempat siswa yang jago berstrategi. Ada dua ahli strategi di posisi ini. Pertama, strategi untuk kebaikan.

Mereka ini tampil jadi siswa yang selalu ingin fokus belajar. Mereka biasanya akrab dengan guru, sering berkomunikasi dengan guru, bahkan enggak jarang jadi 'asisten pribadi' yang kerap membantu guru. Berharap nilai bagus, bisa jadi salah satu tujuan mereka.

Kedua, ahli strategi yang menganut prinsip tempat berbahaya adalah tempat teraman. Nah, penganut prinsip ini adalah siswa yang sebenarnya malas belajar, tapi biar enggak ketahuan makanya mereka duduk di depan. Maklum guru-guru lebih 'awas' matanya merhatiin siswa yang duduk di belakang. 

2 dari 3 halaman

2. Tempat duduk tengah

Karakter penghuni wilayah tengah ini adalah sosok yang santai dan mencari aman dari 'ancaman', seperti maju ke depan kelas untuk mengerjakan soal yang diberikan guru. Mereka bisa ribut di suatu kesempatan, bisa juga sangat diam di situasi lainnya.

Bisa dibilang para penghuni 'tengah' ini diisi oleh siswa yang enggak pengen terlihat menonjol. Biasanya, karakter mereka lebih santai dibanding mereka yang duduk di depan. Enggak jarang, penghuni tengah ini sebenarnya pusat dari segala 'keributan' yang terjadi di dalam kelas.

3 dari 3 halaman

3. Tempat duduk belakang

Sejumlah orang, atau termasuk kamu lebih suka memilih tempat duduk di belakang. Individu ini identik dengan siswa nakal, pembuat onar atau kegaduhan di kelas. Padahal pada kenyataannya, penghuni belakang ini malah kerap mendapat perhatian para guru.

Karena selalu menjadi perhatian guru, siswa yang duduk di bangku belakang malah cenderung kreatif dan mencari cara agar ulah mereka tak menjadi sorotan guru dan teman-temannya. Jadi, kamu tipe individu yang senang dengan posisi duduk yang mana?

Reporter:

Regga Hendarto

Sumber: Brilio.net

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tabrakan, Satu Keluarga Gagal Hadiri Wisuda Anak
Loading
Artikel Selanjutnya
Buaya atau Perahu, Objek yang Pertama Kamu Lihat Ungkap Kepribadianmu
Artikel Selanjutnya
Pilih Satu Kupu-Kupu Favorit, Bisa Ungkap Ketakutan Bawah Sadarmu