Sukses

Patut Dicoba, 8 Kuliner Indonesia Ini Mirip Makanan Korea

Liputan6.com, Jakarta Kamu penggemar drama Korea? Jika iya, pasti kamu sering melihat makanan-makanan Korea yang sedang hits di Indonesia. Memang, makanan Korea saat ini sedang menjadi tren kuliner di Indonesia seperti Tteokbokki, Bibimbab, Kimbab, dan masih banyak yang lainnya. Yang paling terkenal ialah Kimchi.

Bahkan hampir seluruh kota memiliki warung makan bertema Korea dan menyediakan makanan khas Korea ini. Meskipun beberapa makanan Korea yang ada di Indonesia sebagian besar telah dimodifikasi agar sesuai dengan selera orang Indonesia, tetap saja akan ramai. Namun jika ingin merasakan rasa original dari makanan tersebut, tentu saja kamu harus mendatangi Negeri Ginseng itu.

Namun bagi kamu yang belum pernah merasakan makanan khas Negeri Ginseng ini, tak perlu khawatir. Ya, karena ada lho kuliner Indonesia yang mirip dengan makanan Korea.

Jadi kamu nggak perlu pergi jauh hanya untuk merasakan makanan Korea. Dan di bawah ini ada 8 kuliner Indonesia yang mirip dengan makanan Korea yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (30/1/2019).

2 dari 5 halaman

Bibimbab dan Dakkochi

1. Bibimbab dan Nasi Pecel

Kedua makanan ini selain sama-sama menggunakan nasi, mereka juga menggunakan berbagai macam sayuran loh. Akan tetapi yang membedakan ialah, jika Bibimbab menggunakan saus pedas Korea atau Gochujang, sedangkan nasi pecel menggunakan saus kacang. Dan nasi pecel ini pun bisa kamu dapatkan di mana saja.

2. Dakkochi dan Sate ayam

Jika dilihat sekilas kedua makanan ini tampak mirip ya. Dakkochi dan sate ayam ini memang hidangan daging ayam yang disajikan dengan cara ditusuk. Namun pada dakkochi ini mereka memiliki sayuran di tengahnya dan juga bumbu dasar yang berbeda. Jika sate ayam disajikan dengan saus kacang, maka dakkochi disajikan dengan bumbu khas Korea.

3 dari 5 halaman

Tteokbokki dan Kimchi

3. Tteokbokki dan Cilok

Nah pasti kamu sering kan melihat makanan Korea ini di dalam drama-drama korea. Nggak perlu khawatir nih jika kamu ingin mencicipinya. Karena Tteokbokki ini ini mirip dengan cilok lho. Keduanya memiliki tekstur yang kenyal dan saus yang digunakan pun sama-sama pedas.

4. Kimchi dan Asinan

Makan Korea yang sangat terkenal ini ternyata mirip loh dengan makanan khas Indonesia. Kimchi ini memiliki rasa yang pedas dan juga asam tentu saja cocok dengan lidah Indonesia.

Makanan satu ini mirip dengan asinan Bogor yang pedas dan juga asam. Akan tetapi yang membedakan ialah bahannya. Jika kimchi menggunakan sawi segar saja, lain halnya dengan asinan yang memiliki berbagai macam sayuran di dalamnya.

4 dari 5 halaman

Kimbab dan Kultarae

5. Kimbab dan Lemper

Lemper ini adalah kimbabnya orang Indonesia lho. Ngga percaya? Lihat saja kedua makanan ini sama-sama berbahan dasar beras dan juga memiliki isian di dalamnya. Tapi yang membedakan adalah pembungkusnya.

Jika lemper dibungkus dengan daun pisang yang tentu saja tidak bisa dimakan, maka lain halnya dengan kimbab yang pembungkusnya bisa dimakan. Hal ini dikarena kimbab memiliki pembungkus rumput laut yang tentu saja akan menambah cita rasa saat dimakan.

6. Kultarae dan Gulali

Kedua makanan ini merupakan jajanan manis tradisional. Selain itu, keduanya juga memiliki bahan dasar berupa gula loh. Pembuatan kedua makanan ini pun sama, yaitu dengan cara menarik-narik adonan hingga terlihat seperti rambut nenek. Hanya saja, kultarae ini memiliki isian kacang di dalamnya.

5 dari 5 halaman

Jeungpyon dan Japchae

7. Jeungpyon dan Kue Apem

Kedua makanan ini merupakan jajanan tradisional dari Korea dan juga Indonesia. Jeungpyon ini menggunakan tepung beras sebagai bahan utama, begitu pula dengan kue apem. Yang membedakan hanyalah cara penyajiannya saja.

Jeungpyon ini disajikan selagi hangat untuk menemani kamu saat musim panas. Sedangkan kue apem, kamu bisa memperolehnya di mana saja yang menjual jajanan pasar.

8. Japchae dan Bihun

Jika dilihat dari penampilannya saja, kedua makanan ini hampir sama. Cara memasak dan menyajikannya pun sama, yaitu sebagai pendamping nasi. Yang membedakan kedua makanan ini adalah bahan utama pembuatannya.

Jika bihun terbuat dari tepung sagu, maka Japchae terbuat dari tepung ubi jalar. Tentu saja tekstur yang kamu dapatkan sedikit berbeda, karena Japchae ini sedikit lebih kenyal daripada bihun.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Sup Kimchi Tahu Pedas Hangat yang Lezat