Sukses

Cara Sholat Tahajud dan Bacaan Doa Lengkap

Liputan6.com, Jakarta Selain sholat wajib, sholat sunnah juga termasuk amalan yang mesti dijaga dan dirutinkan. Di antara keutamaannya, sholat sunnah akan menutupi kekurangan pada sholat wajib. 

Ada beberapa macam sholat sunnah seperti sholat wudhu, sholat tahiyatul masjid, sholat dhuha, sholat rawatib, sholat tahajud, sholat istikharah, sholat hajat, sholat mutlaq, sholat taubat, sholat tasbih, sholat tarawih, sholat witir, sholat hari raya, sholat khusuf, dan sholat istisqa.

Beragam sholat sunnah yang ada tersebut, ternyata memiliki tata cara sholat dan bacaan yang berbeda-beda. Kali ini Kamis (17/1/2019), Liputan6.com membahas lebih jauh tentang salah satu sholat sunnah tadi, yaitu sholat tahajud. Sholat tahajud sendiri hukumnya sunnah muakkad atau sangat dianjurkan.

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan di waktu malam. Sholat tahajud dapat dikerjakan kapanpun dalam kurun waktu setelah isya, sampai masuknya waktu subuh. Namun waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir.

Sepertiga malam terakhir ini maksudnya adalah lepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh. Sholat sunnah ini minimal dilakukan sebanyak 2 rakaat.

Sholat tahajud dianggap sebagai ibadah sholat sunnah yang paling istimewa, sebab disebutkan dalam Al-Qur’an dapat membuat yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah.

2 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan salah satu sholat malam yang memiliki banyak keutamaan, baik keutamaan untuk dunia maupun akhirat. Keutamaan sholat tahajud antara lain sebagai berikut:

1. Dikabulkannya doa-doa

2. Allah mengangkat derajat ke tempat yang terpuji

3. Mendekatkan diri kepada Allah

4. Memperoleh berbagai kemuliaan

5. Mengusir penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh

6. Menang dalam jihad melawan musuh

7. Meringankan lamanya berdiri pada hari kiamat

8. Mencegah perbuatan dosa dan menghapus kejahatan

9. Muka tampak berkilau dan bercahaya

10. Dapat melancarkan aliran darah

11. Jaminan masuk surga

12. Dicintai Allah SWT

13. Penyelamat dari siksa api neraka

14. Penyebab khusnul khatimahMengerjakan sholat tahajud minimal 2 rakaat. Sementara maksimalnya adalah tidak terbatas, sesuai kemampuan.

Namun, menurut hadis Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW tidak pernah melakukan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jika ditambah dengan witir).

Dari Ibnu Umar radhiallahu anhuma dia berkata: Ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang sholat malam. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

"Sholat malam (tahajud) itu 2 rakaat, 2 rakaat. Jika salah seorang dari kalian khawatir akan masuk waktu Subuh, hendaklah dia sholat satu rakaat sebagai witir (penutup) bagi sholat yang telah dilaksanakan sebelumnya.” (HR. Al-Bukhari No. 990 dan Muslim No. 749)

Jadi, Anda sebaiknya mengerjakan sholat tahajud ini sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

3 dari 4 halaman

Niat dan Cara Sholat Tahajud

Niat 

Ushallii sunnatat tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala.”

Cara sholat tahajud

Mengenai cara sholat tahajud, tidak berbeda jauh dengan sholat sunnah pada umumnya:

1. Cara sholat tahajud yang pertama adalah membaca niat seperti yang sudah dijelaskan di atas. Cukup dibaca dengan suara pelan saja.2. Setelah membaca niat, dilanjutkan dengan membaca takbir.

3. Kemudian membaca doa iftitah (sunah)

4. Lalu membaca surat alfatihah, setelah alfatihah membaca surat pendek yang ada dalam Al Qur’an yang telah dihafal.

5. Kemudian lanjutkan seperti pada langkah langkah sholat pada umumnya. Seperti rukuk, sujud, hingga salam.

6. Setelah salam, disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, kemudian membaca doa sholat tahajud.

4 dari 4 halaman

Doa Sholat Tahajud

Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Arti dari Doa Sholat Tahajud

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada).

Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

 

Reporter: Nisa Mutia Sari

Truk Buah Tergelincir, Ratusan Semangka Penuhi Jalan

Tutup Video