Sukses

Deretan Kota di Indonesia Paling Meriah Saat Perayaan Malam Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya Indonesia, negara-negara lainnya di seluruh ikut merayakan dan menikmati saat-saat perayaan pergantian akhir tahun. Kembang api dan musik menjadi bagian penting yang akan menyemarakkan kemeriahan perayaan akhir tahun.

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang memiliki wilayah yang luas, wilayah Indonesia dibagi menjadi beberapa provinsi, daerah dan kota. Setiap kota merayakan dan menjadi saksi pergantian tahun. Perayaan dan selebrasi dilakukan dengan berbeda-beda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kota-kota termeriah saat merayakan malam pergantian akhir tahun di Indonesia:

1. Jakarta

Jakarta menjadi salah satu kota termeriah dalam merayakan malam pergantian tahun, tidak salah memang karena Jakarta merupakan Ibu kota negara Indonesia. Banyak festival dan perayaan pesta kembang api yang dilakukan di Jakarta. Tak hanya pesta kembang api, malam tahun baru di Jakarta juga dimeriahkan para musisi Indonesia. Tempat-tempat di Jakarta yang biasa dijadikan tempat pelaksanaan festival adalah Ancol, Monas, dan Taman Mini Indonesia Indah.

2. Bandung

Tak jauh dari Jakarta, Bandung dapat menjadi salah satu tempat untuk merayakan malam pergantian tahun yang meriah. Biasanya kalian dapat datang ke area Lembang dan Dago atau kalian dapat datang ke pusat perayaan malam tahun baru dibandung, yaitu area Gedung Sate dan Alun-Alun Kota Bandung.

Pemerintah akan membebaskan area itu dari kendaraan bermotor untuk membebaskan atau memberikan ruang kepada masyarakat menikmati malam pergantian tahun di kota bandung. Hal ini yang menjadikan bandung sebagai salah satu kota dengan festival tahun baru yang paling meriah.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

2 dari 2 halaman

Meriah Malam Pergantian Tahun Di Indonesia

3. Makasar

Pantai Losari menjadi salah satu tempat untuk merayakan pergantian tahun baru yang meriah dan menarik. Pantai ini akan menyuguhkan keindahan pantai di malam hari beserta pesta kembang api yang meriah.

Selain itu kalian dapat berwisata kuliner sambil menunggu detik-detik pergantian tahun baru. Setelah puas dengan pesta kembang api, tunggulah hingga pagi menjelang dan sunset pertama muncul, maka lengkaplah momen pergantian tahun kalian.

4. Yogyakarta

Kota pelajar dan budaya, itulah Yogyakarta. Dengan kayanya kebudayaan yang ada pada kota Yogyakarta, Anda dapat menikmati kemeriahan malam pergantian tahun baru. Tepatnya pada area Malioboro akan Anda dapati banyaknya atau padatnya pengunjung yang hendak menyaksikan pesta kembang api, seta suara terompet yang bersautan menambah kesemarakan malam pergantian tahun.

5. Medan

Kota Medan adalah salah satu kota yang merayakan malam pergantian tahun baru dengan meriah. Kota Medan menyelenggarakan pesta kembang api, serta menyuguhkan pertunjukan khas kebudayaan Sumatera Utara.

Selain kemeriagannya kalian dapat mendapatkan suasana relijius Medan seperti Dzikir bersama atau mereka akan berdoa bersama-sama untuk terwujudnya haraoan dan cita-cia mereka di tahun yang baru.

6. Semarang

Selain keempat kota tadi, kurang rasanya jika tidak menyebutkan kota Semarang sebagai kota yang penuh kemeriahan dalam memberikan suguhan pertunjukkan seni dan kembang api saat malam pergantian tahun.

Selain hal-hal tadi, kalian dapat membeli lampion untuk diterbangkan di malam tahun baru. Dalam lampion tersebut kalian dapat menyertakan doa dan harapan di tahun yang baru.

Reporter :

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta