Sukses

Jangan Dibuang, Kalian Bisa Manfaatkan Ampas Kopi untuk Deretan Hal Berikut

Liputan6.com, Jakarta Selain teh, kopi menjadi salah satu minuman yang paling digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Tak sedikit orang yang minum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas atau di sela-sela kegiatan setiap harinya.

Kopi diklaim mampu memberikan energi berlebih dan mengusir kantuk. Salah satu jenis kopi yang paling diminati ialah kopi hitam. Nah, biasanya setelah membuat kopi, ampasnya akan dibuang.

Namun ada baiknya kini kalian menghentikan kebiasaan tersebut ya. Banyak yang menganggap bahwa ampas kopi sudah tak berguna lagi. Padahal, ampas kopi memiliki manfaat untuk banyak hal loh. Sayangnya tak banyak yang tahu akan hal tersebut.

Mengusir serangga

Ampas kopi mengeluarkan aroma khas yang ternyata sangat tidak disukai oleh serangga. Jika ingin mengusir serangga seperti kecoa, taburkan saja ampas kopi di luar rumah. Ini akan mencegah serangga masuk ke dalam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menghilangkan noda

Tak banyak yang tahu bahwa ampas kopi bermanfaat untuk menghilangkan noda. Ampas yang bertekstur kasar bisa membantu membersihkan permukaan meja dari noda-noda bekas masakan.

Menyuburkan tanaman

Selain itu ampas kopi juga mampu menyuburkan tanaman secara alami loh. Letakkan saja ampas ini di pot tanaman setiap sebulan sekali.

Buat kulit lebih cerah

Tak cukup sampai di situ untuk kecantikan, ampas kopi bisa membuat wajah lebih cerah. Kalian bisa memanfaatkannya sebagai masker.

Reporter: Ivana Okta

Sumber: Fimela.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Bangga, Barista Indonesia Sabet Juara I Kompetisi Kopi di Qatar
Artikel Selanjutnya
Makin Mendunia, Ekspor Kopi Kintamani Naik 44 Persen