Sukses

Yuk Cegah Alzheimer dan Parkinson Lewat Secangkir Kopi

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda penikmat kopi, ada kabar baik bagi Anda. Menurut sebuah penelitian batu, kopi bisa membantu melindungi Anda dari pengembangan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Dengan mengonsumsi kopi, terdapat beberapa korelasi dengan penurunan risiko pengembangan penyakit tersebut.

Menurut Dr. Donald Weaver dalam penelitiannya, kopi memiliki senyawa yang berpengaruh terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Senyawa yang terdapat dalam kandungan kopi tersebut masih terus diteliti.

Tim peneliti melihat terdapat tiga jenis kopi, yaitu jenis kopi panggang ringan, panggang gelap dan panggang tanpa kafein.

2 dari 2 halaman

Senyawa baik dalam kopi

Mereka mengidentifikasi sekelompok senyawa yang dikenal sebagai 'phenylindanes', yang muncul sebagai hasil dari proses pemanggangan biji kopi.

Phenylindanes tersebut mampu mencegah, atau lebih tepatnya dapat menghambat penggumpalan dua fragmen protein yang umumnya menjadi penyebab Alzheimer dan Parkinson.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah menyelidiki seberapa menguntungkannya senyawa yang terkandung dalam kopi tersebut, dan apakah mereka memiliki kemampuan untuk memasuki aliran darah atau melewati penghalang antara darah ke otak.

Dengan demikian, ada baiknya bila orang-orang yang sudah lanjut usia mengonsumsi kopi dalam batas wajar sehari-hari.

 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

Artikel Selanjutnya
Peneliti Latih Kecerdasan Buatan untuk Deteksi Alzheimer
Artikel Selanjutnya
Hikayat Jenang Kopi dari Dataran Tinggi Kopi-Kopi Juara