Sukses

Usia Setengah Abad, Pria Ganteng Ungkap Rahasia Bisa Awet Muda

Gaya hidup dan pola makan yang sehat merupakan kunci seseorang menjadi awet muda.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Chuando Tan sempat menjadi perbincangan publik. Pria asal Singapura itu disorot karena foto-fotonya beredar di jejaring sosial. Banyak warganet tak menyangka paras ganteng yang dimilikinya ternyata tak sesuai dengan usianya.

Pria ganteng itu kelahiran 1967, dan usianya kini menginjak 51 tahun. Namun tak disangka, meski usianya mencapai setengah abad, pria ini seolah-olah berusia 20-an.

 

Pada tahun1980-an, Chuando sempat bekerja sebagai model. Bahkan, dia mulai melebarkan sayap sebagai penyanyi pop pada tahun 90-an. Namun sayangnya, karier bernyanyinya tidak bertahan lama dan itulah yang membuatnya beralih profesi sebagai fotografer.

Sambil mengunggah hasil fotonya, sesekali dia juga mengunggah foto dirinya. Dan saat itulah semuanya dimulai.

 

"Saya memutuskan untuk membuat akun Instagram karena saran dari beberapa teman saya karena saat ini banyak fotografer yang mengunggah hasil karyanya tersbeut pun lewat akun Instagram sehingga kita dapat mengetahui seberapa besar antusiasme masyarakat terhadap hasil karya saya. Saya juga meracuni pengikut saya di Instagram dengan mengunggah beberapa foto diri untuk membagikan pemikiran saya dalam kolom caption," KATA Chuando.

Para pengikutnya di Instagram pun akhirnya menyadari bahwa pria tersebut ternyata sudah berusia 51 tahun, tetapi sama sekali tidak terlihat seperti usianya.

Sebagian orang berpendapat bahwa hal tersebut adalah hasil dari genetika. Ada pula yang berpendapat karena Chuando tinggal di Singapura yang memiliki udara bersih, obat-obatan yang baik, dan produk-produk yang dijual disana pun berkualitas tinggi.

Namun ternyata bukan alasan tersebut, dia mengungkapkan bahwa dirinya memiliki pola makan dan gaya hidup yang baik. Nah, penasaran kan rahasia awet muda ala Chuando. Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Asupan makan yang baik

Chuando berpegang pada prinsip bahwa tubuhnya merupakan representasi dari semua yang ia konsumsi. Ia percaya bahwa kondisi kesehatan berikut juga dengan penampilannya, 70% bergantung pada makanan yang ia makan dan 30% pada olahraga yang ia lakukan.

Itu sebabnya Chuando makan enam butir telur rebus tanpa kuning telurnya setiap pagi pada saat sarapan. Selain itu, ia juga minum segelas susu dan menambahkan alpukat seta buah beri untuk sarapannya. Makanan tersebut memiliki jumlah protein dan energi yang bagus untuk memulai hari.

Selain telur, ia juga mengonsumsi ayam dengan nasi, sayuran panggang, dan sup ikan di siang hari. Chuando mengakui bahwa kenikmatan pada es krim merupakan kelemahannya sehingga ia tetap mengonsumsi es krim walau tidak sering.

Ia juga menghindari minuman kopi dan teh dengan meminum banyak air mineral. Rokok dan minuman beralkohol pun tidak ia konsumsi. Ia lebih memilih untuk makan salad yang terbuat dari sayuran segar untuk makan malam.

3 dari 6 halaman

Olahraga selama 90 menit setiap hari

Chuando melakukan latihan kekuatan empat kali seminggu, atau setidaknya tiga kali apabila aktivitasnya sedang padat. Ia menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit untuk kegiatan ini. Latihan kekuatan selalu ia lakukan seperti kardio.

Namun, karena mengalami cedera lutut, ia tidak melakukan jogging dan menggantinya dengan berjalan cepat di atas treadmill. Selain itu, Chuando juga berenang setiap hari selama satu jam pada waktu malam.

4 dari 6 halaman

Hanya melakukan apa dia suka

Mungkin kalimat barusan seringkali dianggap sepele tetapi berapa banyak dari kita melakukan apa yang benar-benar kita sukai? Mungkinkah itu salah satu rahasia dari awet muda?

Semua yang hendak kamu lakukan akan mempengaruhi jiwa dan oleh karena itulah hal tersebut berdampak pada seluruh tubuh.

"Saya telah mencoba banyak pekerjaan yang berbeda dan akan menetap pada apa yang sangat saya sukai. Saya senang bergaul dengan banyak orang, saya suka berkomunikasi, saya suka mengatur jalannya sebuah pemotretan, dan saya suka mengambil foto. Jika Anda melakukan apa yang tidak Anda sukai, Anda akan merasakan kesulitan dan ketidaknyamanan. Tentu saja hal tersebut tidak akan memperkuat kesehatan Anda," ujar Chuando.

 

5 dari 6 halaman

Tidak menggunakan perawatan kulit apapun

Beberapa orang yakin bahwa Chuando pernah menjalani operasi plastik dan menggunakan beberapa perawatan wajah khusus. Namun, dirinya mengatakan bahwa kulit wajahnya sangat sensitif. Ia hanya mencuci dengan air bersih dan menggunakan krim pelembab pada wajahnya.

6 dari 6 halaman

Tidak pernah telat tidur

Chuando selalu mengupayakan untuk tidak tidur di atas jam sebelas malam, dan ia selalu bangun pada pagi hari. Ia yakin bahwa bekerja atau menonton film pada malam hari tidak meningkatkan kesehatan.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, ia akan berhenti makan 5-6 jam sebelum tidur.

Melalui gaya hidup sehat yang Chuando terapkan, tentu berdampak pada wajahnya yang terlihat awet muda. Jadi, apakah kamu tertarik mengikuti gaya hidup ala Chuando?

 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini