Sukses

Ngeri, 7 Fenomena Ini Bakal Terjadi Kalau Es di Kutub Mencair

Ini tujuh ilustrasi yang memprediksikan fenomena yang bakal terjadi jika seandainya dua kutub bumi kita meleleh.

Liputan6.com, Jakarta - Memang peran manusia berpengaruh besar pada perubahan ekstrem di bumi. Polusi hingga pemanasan global merupakan faktor utama yang menyebabkan terjadinya penurunan drastis lingkungan hidup kita.

Dampaknya bisa berakibat fatal sampai membuat dua kutub di bumi sampai meleleh. Mencairnya es kutub, berimbas besar pada keberlangsungan hidup manusia.

Tempat kita di daratan bisa tenggelam akibat kutub yang mencair. Lamaan Brainberries, sampai mengilustrasikan fenomena yang bakal terjadi kalau seadainya kutub es benar-benar mencair.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Naiknya permukaan laut.

Fenomena satu ini sudah pasti terjadi jika es di kedua kutub bumi mencair. Bayangkan saja, jika es di pegunungan runtuh bisa membuat tsunami, bagaimana jika seluruh es mencair. Ya, Luas daratan tentu saja ikut berkurang, pulau-pulau kecil terancam hilang tenggelam air laut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

3 dari 8 halaman

2. Cuaca ekstrem terus menerus

Di Eropa Barat rupanya terjadi fenomena kekeringan yang bahkan bisa dilihat dari luar angkasa. Beberapa wilayah di dunia bahkan yang tadinya panas terik dalam hitungan jam bisa tiba-tiba hujan badai.

Selain itu, musim panas yang sangat panas atau musim dingin yang sangat dingin dan juga munculnya badai di mana-mana karena perubahan suhu yang ekstrem.

4 dari 8 halaman

3. Relokasi penduduk besar-besaran

Selain orang-orang yang hidup di kutub, penduduk yang tinggal di pesisir pantai juga harus pindah karena naiknya permukaan laut. Tak cuma itu, jika saja es di kedua kutub mencair, siap-siap saja penduduk di Miami dan Shanghai harus pindah ke tempat yang lebih aman.

Ya, menurut peneliti, jika es di kedua kutub bumi mencair, Miami dan Shanghai mungkin hilang dari peta dunia.

5 dari 8 halaman

4. Sungai Amazon berubah jadi lautan

Jika es di kedua kutub mencair, airnya tentu saja membanjiri sungai ini. Dan tentu saja air dari lelehan es ini akan mengubahnya menjadi laut yang menutupi sebagai besar wilayah Brasil.

6 dari 8 halaman

5. Beruang kutub punah

Saat ini, populasi beruang kutub sangat memprihatinkan. Jika es di kedua kutub mencair, dapat dipastikan beruang kutub akan mati kelaparan dan mereka akan segara punah dari muka bumi. Hal ini sama berlaku untuk anjing laut dan juga walrus yang hidup di kutub utara.

7 dari 8 halaman

6. Gurun pasir semakin meluas

Bukan cuma soal es di kutub yang mencair, tetapi tanaman juga akan mati karena kekeringan. Suhu tinggi yang membuat es di kutub mencair tentu saja membuat kekeringan dan tak bisa untuk ditanam.

8 dari 8 halaman

7. Ekosistem laut tak bisa diprediksi

Tidak bisa diprediksi di sini maksudnya adalah akan meningkat secara besar-besaran. Ikan akan memiliki banyak makanan karena plankton akan menggantikan ganggang, yang dapat menyebabkan ikan dan mamalia laut akan meningkat hingga 70%.

Reporter

Rizky Mandasari

Sumber: Brilio.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini