Sukses

Ini Obat yang Selamatkan Demi Lovato dari Kritis Saat Overdosis

Penyanyi ternama Demi Lovato mengalami overdosis namun nyawanya masih bisa diselamatkan setelah mengonsumsi obat ini.

Liputan6.com, Jakarta Kabar Demi Lovato mengalami overdosis menjadi viral sejak Selasa (24/7/2018) kemarin. Pasalnya penyanyi berusia 25 tahun itu, ditemukan dalam keadaan tidak sadarkan diri pada keadiamannya di Hollywood Hills sampai langsung dilarikan ke rumah sakit di Los Angeles.

Beruntungnya nyawa Demi Lovato masih bisa diselamatkan oleh para tim medis. Di sisi lain ternyata ada obat ampuh yang mampu menyelamatkannya dari kematian.

Narcan adalah obat pertolongan pertama pada kasus dugaan overdosis. Obat ini akan bekerja dengan membalikkan efek overdosis narkotik. Dalam kasus ini Demi Lovato sebenarnya sudah mengalami rehabilitasi dan bersih dari narkotika selama enam tahun lalu.

Sayangnya, Demi Lovato kembali berpesta semalaman sampai ia lupa lirik lagunya sendiri saat manggung di California.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Obat yang mempu membantu orang-orang saat mengalami overdosis

Obat ini berbentuk spray yang disemprotkan ke salah satu lubang hidung. Ia akan bekerja untuk normalisasi pernafasan orang yang terkena gejala overdosis. Narcan akan bekerja efektif pada kasus overdosis fentanyl, heroine, dan obat pembunuh rasa sakit.

Namun Narcan bukanlah obat penyembuh overdosis. Obat ini hanya akan membantu pasien overdosis mencapai fase sadar. Efeknya hanya akan berlangsung kurang lebih 30-90 menit saja. Untuk penanganan lebih lanjut, pasien tetap harus ditangani paramedis.

Dalam beberapa kasus, pasien yang telah diberi Narcan tetap harus diberi pernafasan bantuan. Di Amerika Serikat sendiri masyarakat bisa mengakses Narcan dengan bebas di apotek dan toko obat.

Bahkan pemerintah menyarankan masyarakat memiliki stok Narcan bila terjadi emergensi. Harga Narcan berkisar antara 130-140 dollar (1.8-2 juta rupiah) sedangkan obat generik Naloxone dijual 20-40 dollar (290-580 ribu rupiah) per dosis. 

Walaupun dapat menyelamatkan nyawa orang-orang yang mengalami overdosis. Namun Narcan, bukan solusi yang tepat untuk dikonsumsi oleh para pecandu. Untuk mengatasi kecanduan rehabilitasi merupakan tindakan yang terpenting untuk dilakukan.

Reporter

Rezka Aulia

Sumber: Kapanlagi.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.