Sukses

Fantastis, Berani Rogoh Kocek Rp 1,7 M untuk Lihat Bangkai Kapal Titanic?

Liputan6.com, Jakarta - Insiden tenggelamnya kapal Titanic merupakan peristiwa tragis yang tak luput dari ingatan banyak orang. Meski tak sedikit masyarakat mengingat kisahnya dari adaptasi film, tapi Titanic sendiri selalu membuat orang tertarik untuk mengulas sisa sejarahnya.

Namun, ada ungkapan unik dari sutradara film Titanic, James Cameron. Menurutnya lebih banyak orang yang telah pergi ke ruang angkasa daripada pergi ke bangkai Titanic.

Mungkin, misteri ruang angkasa mendorong banyak orang untuk mengetahuinya lebih dalam. Akan tetapi, menjelajah bangkai kapal Titanic dapat menjawab rasa penasaran kita, jika ingin melihatnya secara langsung.

Melansir All That Interesting, Rabu (18/4/2018), sebuah perusahaan berbasis di Washington, Ocean Gate menawarkan ekspedisi penyelaman ke kapal Titanic. Walaupun kedengarannya tak sesulit seperti persiapan ke luar angkasa. Namun ekspedisi menjelajah ke bangkai kapal tua itu, tidak semudah seperti yang kita bayangkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekspedisi ini bukan untuk orang yang lemah

"Ini bukan untuk seseorang yang lemah," kata Stockton Rush, CEO OceanGate Inc. Sebelum melakukan ekspedisi, para peserta diwajibkan berlatih dalam waktu yang panjang untuk mengatasi situasi darurat. Bahkan ada juga tahap pelatihan pada tangga baja setinggi 20 kaki.

Oleh sebab itu, peserta yang boleh bergabung dalam ekspedisi biasanya berkisar dari usia 23 hingga 75 tahun. Selain itu, daya tahan fisik juga diperlukan.

"Kami memiliki beberapa orang yang merupakan pendaki gunung atau yang pernah melakukan perjalanan bersepeda selama satu minggu melintasi Alpen serta orang lainnya yang telah pergi ke Kutub Selatan," kata Rush.

Menurutnya, kebanyakan peserta yang terbagi dalam kelompok sengaja dibuat bervariasi. Namun, mereka bisa bersatu karena punya sifat petualang.

Di tahun 2019, Ocean Gate akan kembali membuka kesempatan ini kepada 18 orang. Selain memerlukan persiapan khusus, penyelam juga harus memperkirakan waktu secepat mungkin. Mengingat bahwa kapal itu telah karam lebih dari seabad yang lalu di dasar laut, ada kemungkinan besar Titanic akan mulai segera hancur.

Sayangnya, untuk mengikuti ekspedisi ini kamu perlu mengeluarkan uang sebesar $ 130.000 atau setara Rp 1,7 Miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.