Sukses

5 Kutipan Stephen Hawking Ini Buat Kamu Tak Menyerah Jalani Hidup

Liputan6.com, Jakarta - Stephen Hawking meninggal dunia di rumahnya di Cambridge pada Rabu (14/3/2018) waktu setempat. Informasi ini juga disampaikan langsung oleh anak-anak dari Stephen Hawking, Lucy, Robert, dan Tim Hawking.

"Ayah tercinta kami telah meninggal dunia pada hari ini. Kami sangat berdukacita," kata Lucy.

Fisikawan ternama itu meninggal di usia 76 tahun. Nyatanya, usia tersebut sudah melampaui diagnosis dokter. Saat diketahui positif menderita penyakit neurologis amyotrophic lateral sclerosis (ALS) pada usia 21, dokter telah memprediksi bahwa Stephen Hawking hanya mampu bertahan hidup selama satu hingga dua tahun lagi.

Namun takdir berkata lain, Hawking justru mampu bertahan hidup hingga usianya melebih 70 tahun. Ini berarti dirinya telah berjuang dengan penyakit tersebut selama 50 tahun. Kepergian Hawking tentu membawa duka mendalam bagi keluarga, kerabat, serta banyak orang. Apalagi kiprah Hawking sebagai fisikawan ternama di dunia patut diapresiasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Menyerah Jalani Hidup

Dunia tentu kehilangan sosok Hawking yang tak hanya cerdas, tapi juga tak pernah menyerah menjalani hidup. Ada beberapa kutipan Hawking yang mampu menguatkan saat kalian terpuruk dan kecewa baik pada diri sendiri maupun orang lain. Berikut ini beberapa penggalan kalimat Stephen yang dimuat pada situs The Limitless Mind.

1. Ingatlah untuk melihat bintang-bintang di atas langit, jangan tundukkan kepalamu. Jangan pernah menyerah pada pekerjaan. Pekerjaan memberikanmu makna dan tujuan. Tanpanya, kehidupan akan terasa hampa.

2. Kalau kamu cukup beruntung menemukan cinta, ingatlah bahwa cinta itu ada dan jangan pernah kamu sia-siakan.

3. Pesan dari kuliah ini adalah, Black Holes ternyata tidak sehitam yang mereka gambar. Mereka bukan penjara yang kekal, yang dulu mereka pikir. Banyak hal yang bisa keluar dari Black Hole baik ke luar, maupun ke alam semesta lainnya. Jadi, kalau kamu merasa ada di Black Hole, jangan menyerah; (pasti) ada jalan keluar.

4. Seseorang harus punya sikap positif dan harus menciptakan lingkungan positif, di mana dia berada di dalamnya. Kalau orang tersebut tidak sempurna secara fisik, dia tidak boleh "cacat" secara psikis.

5. Kalau kamu difabel, mungkin itu bukan kesalahanmu, tapi tidak baik kalau kamu menyalahkan dunia atau berharap dunia mengasihanimu.

Reporter:

Karla Farhana

Sumber: Bintang.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.