Sukses

Fenomena Aneh, Pria Ini Terkejut Temukan Telur di Dalam Telur

Liputan6.com, Australia - Fenomena aneh baru-baru ini terjadi di Queensland, Australia. Seorang peternak ayam di sana dikejutkan dengan sebuah telur yang dihasilkan seekor ayam miliknya. Bahkan, para ilmuwan juga dibuat keheranan dengan misteri telur dengan bentuk tak biasa tersebut.

Scott Stockman, pemilik perusahaan telur Stockman's Eggs, menemukan sebutir telur raksasa dari peternakannya.

Betapa terkejutnya dia saat memecahkan telur itu. Di dalam telur ternyata berisi telur berukuran lebih kecil di dalamnya. Ya, telur itu masih utuh dan terbungkus dalam cangkang. Dia kemudian mengunggah fenomena aneh itu di media sosial pada Minggu pekan kemarin.

Unggahan tersebut ternyata tidak hanya menjadi perbincangan hangat warganet, tapi juga ahli biologi. Fenomena langka ini juga membuat ilmuwan heran.

Fenomena aneh telur dalam telur itu dikenal dengan istilah counter-peristalsis contraction. Hal ini biasanya terjadi ketika telur yang sudah siap keluar, kembali lagi ke dalam sistem reproduksi ayam betina. Ketika telur tersebut kembali, telur kedua terbentuk.

Namun, sangat jarang sekali ada telur dalam telur yang bentuknya sempurna. Terlebih lagi ukurannya bisa berbeda dalam satu inkubasi dan ayam mengeraminya secara bersama-sama.

 

1 dari 2 halaman

Kata Ahli

Salah satu ahli yang bingung dengan fenomena tersebut adalah Profesor Raf Freire, dari fakultas kedokteran hewan Charles Sturt University.

Kepada ABC News, Profesor Freire mengatakan, "Secara biologis, saya berusaha untuk memahami mengapa telur yang lebih kecil tidak bisa keluar, sangat aneh."

Namun, Prof. Freire menambahkan bahwa bukan hal yang aneh jika ayam betina mempertahankan telur.

Hal ini sering ayam betina lakukan saat mereka 'sangat stres'. Tapi biasanya mereka akan mengeluarkannya keesokan harinya.

Reporter:

Sugiono

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Bikin Kaget, Telur Raksasa Ternyata Berisi 2 Telur
Artikel Selanjutnya
Akhir Cerita Remaja Bertelur dari Gowa