Sukses

Warga Korea Selatan Diprediksi Punah Tahun 2750, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Korea Selatan saat ini menjadi negara dengan kemajuan industri hiburan yang sangat pesat. Banyak boyband, aktor, hingga penyanyi  Korea yang terkenal di seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Memiliki paras yang cantik dan tampan, keturunan Korea dianggap bidadari bumi yang sesungguhnya. Namun tahukah kamu, jika warga asli Korea Selatan di prediksi akan mengalami kepunahan pada tahun 2750?

Dilansir dari Telegraph, prediksi ini tidak mengherankan, mengingat tingkat kelahiran warga Korea Selatan sangatlah rendah bisa mencapai 0 persen atau hanya 1,19 anak per wanita.

Riset yang dilakukan oleh Institut Brookings dan Majelis Nasional Seoul, jika saat ini populasi warga Korea sekitar 50,2 juta orang. Maka akan menurun drastis di akhir abad ini menjadi 20 juta orang saja, dan jumlah ini tidak dihitung dengan jumlah imigran yang datang ke Korea.

Hal ini diperparah dengan dengan usia menikah di Negeri Gingseng itu yang semakin mundur. Yang semula orang Korea menikah rata-rata pada usia 25 tahun, namun sekarang usia normal untuk menikah yaitu pada usia 35 tahun.

1 dari 2 halaman

Jadi Perhatian Serius di Korea Selatan

Menurut data badan statistik setempat, pada tahun 2013 hanya ada 8,6 bayi lahir per seribu penduduk. Tingkat kelahiran ini merupakan yang terendah sejak tahun 1970.

Jika tidak ada program serius dari pemerintah untuk menanggulangi masalah ini, tidak menutup kemungkinan orang asli Korea akan mengalami kepunahan pada tahun 2750.

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo (Beragama) Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Korut Kirim Jenderal 'Pembunuh' ke Penutupan Olimpiade, Korsel Berang
Artikel Selanjutnya
Pendaftaran Baru Travel Agent Resmi Korea Dibuka Hingga 2 Maret 2018