Sukses

Tak Cuma Apel, Makan Alpukat Tiap Hari Juga Jauhkan Anda dari Dokter

Liputan6.com, Jakarta - Menurut sebuah penelitian, makan apel setiap hari dapat menjauhkan Anda dari dokter. Namun tak hanya itu, mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari juga memiliki manfaat yang sama.

Penelitian terbaru menunjukkan alpukat dapat membantu melindungi Anda dari diabetes dan penyakit jantung. Menurut ilmuwan, mengonsumsi buah alpukat dapat menjadi cara yang baik untuk mencegah sindrom metabolik. Namun, apa sebenarnya sindrom metabolik itu?

Ini merupakan istilah yang digunakan dokter untuk menggambarkan keadaan tertentu di tubuh yang membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Ini termasuk tekanan darah tinggi, lingkar pinggang besar, dan trigliserida tinggi.

Pedoman untuk mengonsumsi alpukat tiap hari berasal dari tinjauan data yang dilakukan oleh periset Iran dan dipublikasikan di jurnal Phytotheraphy Research. Ini melihat pada 129 penelitian yang telah dipublikasikan tentang efek makan alpukat pada berbagai sindrom metabolik.

Menurut para peneliti, alpukat memiliki efek terbesar dan paling bermanfaat pada kadar kolestrol Anda. Mengonsumsi alpukat dapat memengaruhi beberapa pengukuran kolestrol, termasuk kolestrol LDL (kolestrol baik), HDL (kolestrol jahat), dan kolestrol total.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain itu, efek lipid-lowering, antihypertensive, antidiabetes, antiobesitas, antitrombotik, antiesterosklerosis, dan kardioprotektif dari aplukat juga terlihat dalam beberapa penelitian. Dalam bahasa sederhana, ini berarti alpukat memiliki cukup banyak manfaat untuk menghindari sindrom metabolik.

"Studi baru ini menunjukkan alpukat benar-benar layak mendapat status makanan super," ungkap Cynthia Sass, editor nutrisi Health Nutrition pada Food & Wine, dalam sebuah wawancara.

Meski alpukat tinggi lemak dan kalori dibanding buah lainnya, lemak alpukat adalah jenis yang baik. Jadi, jangan takut menambahkan alpukat dalam makanan Anda sehari-hari.

Artikel Selanjutnya
5 Buah Kaya Cairan, Teman Jalankan Puasa Ramadan
Artikel Selanjutnya
8 Tips Menu Buka Puasa Agar Tubuh Tetap Langsing di Bulan Ramadan