Sukses

Banjir Jakarta, Ini 5 Persiapan yang Harus Dilakukan

Jakarta mendapatkan peringatan banjir kiriman, siaga 1 dari bendungan Katulampa. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki Februari 2018, Jakarta mendapatkan peringatan banjir kiriman, siaga 1 dari bendungan Katulampa. Maka dari itu, masyarakat harus waspada terhadap bencana banjir ini. Tidak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga pada aktivitas.

Selain menyelamatkan barang-barang berharga, apa saja persiapan yang harus dilakukan saat terjadi banjir? Berikut ulasannya.

1. Surat Berharga

Amankan surat berharga, yang mudah hancur terkena air banjir. Kamu bisa menyimpannya dalam tas kedap air atau simpan di lantai atas rumah (jika rumah bertingkat).

2. Selamatkan Aggota Keluarga

Jika kamu memiliki keluarga lansia, atau sedang sakit, prioritaskan mereka terlebih dahulu. Bawa ketempat yang lebih aman, dan nyaman.

3. Aliran Listrik

Jika air sudah masuk ke dalam rumah, matikan aliran listrikmu. Air dapat menghantarkan listrik, jadi berhati–hatilah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Barang Berharga

Amankan barang berhargamu seperti perhiasan, karena sangat mudah terbawa arus banjir. Jangan meletakkan ponsel di sembarang tempat, dan jauhkan dari area banjir.

5. Jangkauan Anak

Jika ada anggota keluarga yang masih berusia di bawah 10 tahun, sebaiknya diperhatikan. Dan peringatkanlah untuk tidak main di area banjir, atau malah berenang menggunakan rakit.

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.