Sukses

Kiat Memilih UKM yang Tepat untuk Mahasiswa Baru

Liputan6.com, Jakarta Salah satu aktivitas yang bisa diikuti mahasiswa baru adalah bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Selain belajar berorganisasi dan melatih cara berkomunikasi, kamu juga bisa menambah relasi dengan teman-teman beru dari berbagai jurusan yang nantinya akan sangat berguna di dunia kerja.

Sebagai mahasiswa baru, alangkah baiknya kamu menentukan UKM mana yang cocok dengan kepribadian kamu. Jangan salah pilih UKM, kamu harus cermat memilih tempat yang tepat untuk menyalurkan bakat. Jangan sampai kamu membuang waktu untuk melakukan kegiatan yang tidak kamu senangi. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa tips saat kamu akan memilih UKM.

1 dari 3 halaman

1. Ketahui UKM yang Akan Kamu Pilih dengan Jelas

Pada Masa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek), biasanya suatu Universitas akan memperkenalkan seluruh kegiatan UKM yang ada di Kampus. Dari situlah, kamu akan mengetahui secara garis besar UKM mana yang cocok buat kamu. Sebelum menjatuhkan pilihan, alangkah baiknya kamu menggali informasi tentang UKM yang menjadi pilihanmu, tujuannya, untuk meyakinkan bahwa kamu tidak salah pilih UKM.

2. Pilih UKM yang Tidak Mengganggu Kuliah

Setiap UKM memiliki intensitas kegiatan yang berbeda-beda, ada yang biasa saja. Namun ada juga yang super sibuk. Tidak jarang, banyak kaka tingkat yang harus menambah semester akibat terlalu sibuk di UKM. Sebagai mahasiswa baru, kamu harus bisa memilih UKM yang tidak terlalu mengganggu belajarmu. Jangan sampai ketika kamu mengikuti UKM, nilai-nilaimu menjadi turun dan mengesampingkan kewajibanmu sebagai mahasiswa untuk belajar.

2 dari 3 halaman

3. Pilih UKM yang Sesuai dengan Passion, Bukan Hobi

Bedakan passion dengan hobi, biasanya hobi hanya memberikan kepuasan sementara. Namun jika kamu memilih UKM sesuai passion, maka kamu akan menjalani semua kegaiatan UKM dengan ikhlas tanpa ada beban sedikit pun karena kamu melakukan apa yang kamu cintai. Serta manfaatnya pun akan terlihat lebih besar.

4. Nikmati Semua kegiatan di UKM 

Memilih UKM yang sesuai dengan passion bisa membuat kamu nyaman untuk belajar didalamnya. Setelah itu, cobalah untuk menikmatinya sehingga kamu tidak akan merasa bosan dengan UKM yang kamu pilih. Jika kalian menikmati semua kegiatan UKM, semuanya akan terasa mudah dan nyaman serta bisa dilakukan secara maksimal.

 

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo (Beragama) Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Mahasiswa Jember Deklarasikan Gerakan Anti-Mencontek
Artikel Selanjutnya
Temui Mahasiswa RI di Korsel, Misbakhun Beber Strategi Jokowi Hadapi Revolusi Industri