Sukses

Waspada, 7 Gejala di Mata Pertanda Kesehatan Anda Bermasalah

7 gejala di mata ini menandakan Anda memiliki masalah kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Tidak banyak yang menyadari dan seringkali dianggap remeh, kita sebenarnya memiliki ketergantungan yang besar pada mata. Sebagai satu dari lima indra, penglihatan membuat kita memungkinkan menjalani aktivitas dengan baik.

Yang harus Anda perhatikan, mata juga dapat menjadi penanda akan masalah kesehatan yang Anda derita. Tidak percaya? Berikut 7 gejala di mata yang menandakan Anda memiliki masalah kesehatan.

1. Penglihatan kabur

Memiliki penglihatan yang buram bisa menjadi gejala beberapa kondisi serius pada kesehatan. Ini meliputi diabetes sampai stroke.

2. Melihat aura

Jika Anda melihat lampu berkedip atau pola ziz-zag di satu sisi mata Anda, itu bukan aura. Itu bisa berarti Anda mengalami migrain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kelopak mata terkulai

Jika Anda melihat kelopak mata Anda terkulai, itu bisa menjadi pertanda penyakit neuromuskular yang mengganggu fungsi otot. Kelopak mata yang terkulai bisa menutupi semua atau sebagian pupil mata. Ini tentu dapat memengaruhi penglihatan Anda.

4. Melihat bintik-bintik

Meski ada banyak alasan mengapa Anda melihat bintik-bintik, penyebab paling umum adalah karena kerusakan penglihatan. Lebih dikenal sebagai eye floaters, perawatannya hanya diperlukan pada kasus yang parah.

 

3 dari 4 halaman

5. Mata berwarna merah muda atau merah

Jika mata Anda berwarna demikian, bisa jadi Anda menderita konjungtivitis yang merupakan infeksi pada membran mata. Konjungtiva adalah lapisan tipis jaringan yang menutupi bagian putih mata Anda.

6. Ada 'cincin' di sekitar kornea

Jika Anda melihat sebuah cincin di sekitar kornea mata Anda, terutama jika berwarna putih atau abu-abu, ini bisa berarti Anda memiliki kolestrol tinggi. Ini juga dikenal sebagai arcus kornea dan lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 60 tahun.

 

4 dari 4 halaman

7. Mata menguning

Jika mata Anda menguning, itu bisa menjadi indikasi penyakit hati. Bila jumlah sel darah merah yang sangat tinggi dipecah, bilirubin dapat dengan cepat terbentuk di tubuh. Penyakit hati juga dapat menyebabkan kadar bilirubin meningkat secara signifikan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.