Sukses

Punya 5 Penyakit Ini, Kamu Tergolong Manusia Super dan Langka

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya memiliki penyakit berasosiasi dengan sesuatu yang tak menyenangkan dan berbahaya. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, memiliki suatu kondisi penyakit dapat membuat Anda menjadi manusia super.

Tak percaya? Berikut 5 penyakit langka yang membuat pengidapnya seperti manusia super seperti dilansir dari Bright Side.

1. Memori super

Hyperthymesia adalah kondisi di mana seseorang dapat mengingat sejumlah besar pengalaman hidup mereka secara mendetail. Hanya ada 60 orang di dunia yang memiliki kondisi seperti ini.

Pasien biasanya dapat memberikan penjelasan rinci setiap hari dari kehidupan mereka, bahkan sejak kecil. Mereka bisa membacakan bagian-bagian dari buku yang mereka baca bertahun-tahun lalu.

Orang yang menderita hyperthymesia tidak pernah salah menggambarkan kenangan atau momen manis yang ingin mereka lupakan. Bisa dibilang, mereka mengingat semuanya.

BBC pernah melaporkan kasus Rebecca Sharrock, penulis asal Australia yang ingat bagaimana ia terbungkus selimut merah jambu saat usianya baru 7 hari. Ia bahkan bisa membacakan bagian-bagian dari Harry Potter tanpa melupakan sepatah katapun. Namun, ada efek samping yang ia terima. Ia selalu mengeluh sakit kepala, insomnia, dan cepat lelah.

 

1 dari 5 halaman

2. Tak peka terhadap rasa sakit

Analgesia kongenital sejatinya adalah kondisi di mana seseorang tak dapat merasakan sakit fisik. Sebanyak 40 kasus pernah dilaporkan di satu desa di Swedia memiliki sindrom ini.

Sepintas, ini terlihat seperti kekuatan super karena tak dapat merasakan sakit. Bahaya penyakit ini terletak pada kenyataan bahwa pasien yang tak dapat merasakan rasa sakit yang dapat berbahaya.

Misalnya apabila terjadi pada anak kecil, maka ia bisa melukai dirinya saat bermain, merusak kornea mata, menggigit lidah, bahkan tidak mengetahui bahwa tulang mereka patah.

 

2 dari 5 halaman

3. Kemampuan untuk melakukan segala hal

Sindrom savant adalah kondisi langka spesifik untuk individu dengan gangguan perkembangan saraf, seperti sindrom autisme dan Asperger. Orang dengan kondisi ini sangat berbakat dalam hal musik, mewarnai, perhitungan, pembuatan kartografi, dan pembuatan model 3D.

Pasien sindrom ini dapat langsung menghitung perkalian angka tiga digit atau nama pada hari spesifik beberapa tahun kemudian. Salah satu kasus misalnya, Stephen Wiltshire, dapat menggambarkan peta London secara terperinci setelah penerbangan ke kota lain.

Banyak orang menyebut pasien sindrom ini sebagai jenius karena memiliki bakat ekstrem di beberapa bidang. Namun, terlepas dari itu, pasien dapat menunjukkan gejala inferioritas, termasuk keterbelakangan mental. Salah satu contoh terkenal dari pasien savant adalah Forrest Grump dari novel karya Winston Groom.

 

3 dari 5 halaman

4. Ketidakpekaan terhadap rasa dingin

Selain sindrom tak dapat merasakan sakit, adapula sindrom tak dapat merasakan rasa dingin. Salah satu contoh kasus ini adalah Wim Hof yang membuat bingung dokter dengan kemampuannya menahan rasa dingin yang ekstrem.

Pria asal Belanda ini dapat memanjat gunung Mont Blanc hanya memakai celana pendek, berenang di bawah selokan waduk beku, dan terbenam dalam es selama 120 menit.

Spesialis mengklaim dirinya sebagai fenomena yang unik. Namun, Wim sendiri mengaku kemampuannya untuk tahan dingin didapatkan dari latihan panjang.

 

4 dari 5 halaman

5. Tak punya rasa takut

Penyakit Urbach-Wiethe adalah kelainan genetik yang menyebabkan tak adanya rasa takut. Hanya 300 kasus yang diketahui dan seperempatnya terjadi di Afrika Selatan.

Pasien paling terkenal dari sindrom ini adalah wanita Amerika dengan nama SM (inisial diberikan untuk menjaga anonimitasnya). Periset pernah mencoba menakut-nakuti ia dengan berbagai cara: laba-laba, ular berbisa, film horor, menguncinya di rumah berhantu, tapi semua usaha tersebut sia-sia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Penyakit Langka Buat Wanita ini Alergi kepada Suaminya