Sukses

Bantu Persalinan Tetangga, Dokter Ini Bersihkan Bayi di Dapur

"Saya buka pintu kamar mandi, seluruh lantainya sudah penuh darah dan air ketuban. Kepala bayi sudah keluar."

Liputan6.com, Jakarta Dalam kondisi apa pun, seorang dokter harus sigap membantu menangani banyak hal dan kejadian yang tak terduga jika keahliannya dibutuhkan. Inilah yang dialami oleh dokter bernama Gia Pratama. Dokter itu sigap menolong tetangganya yang melahirkan sendirian, dan diwarnai dengan kejadian lucu.

Pengalaman itu sempat ia bagikan melalui akun twitter pribadinya @GiaPratamaMD pada Jumat (5/1/2018).

Ceritanya, dokter Gia baru saja pulang ke apartemennya. Tiba-tiba, Bu Ketua RW menelponnya dengan nada panik.  "Dok, ada ibu di Tower B mau melahirkan, dia cuma berdua dengan anaknya yang SD! Dokter bisa bantu?" demikian kata Ketua RW seperti ditullis dokter Gia di twitternya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bayi lahir di kamar mandi

Tanpa pikir panjang, dokter itu langsung membawa alat-alatnya dan meluncur langsung ke apartemen sang ibu yang berusaha melahirkan sendirian. Saat tiba di lokasi, dokter itu dibukakan pintu oleh kakak sang bayi.

Kondisi yang harus dihadapi dokter Gia bisa membuat orang biasa pingsan. "Lokasi ibunya di kamar mandi, ketika saya buka pintu kamar mandi, seluruh lantainya sudah penuh darah dan air ketuban. Kepala bayi sudah keluar," kata dokter Gia.

Untungnya sebagai dokter yang profesional dan berpengalaman, dokter Gia tetap tenang dan bertindak cepat mengendalikan keadaan. Dia langsung mengambil handuk yang tergantung dan memimpin persalinan.

 

 

Tak lama setelah itu, bayi laki-laki sehat seberat tiga kilogram berhasil dilahirkan. Dokter Gia memutuskan untuk mengurus sang bayi, sedangkan seorang bidan membantu menangani plasenta.

Namun, karena lokasi persalinan bukan di rumah sakit, akhirnya sang dokter harus membersihkan bayi menggunakan tempat yang tersedia di rumah, yakni di dapur.

Ternyata aksi sang dokter membersihkan bayi langsung difoto oleh kakak sang bayi. Bayi itu kemudian dibersihkan di antara cangkir, panci, dan bahkan ada penampakan pembersih piring Sunlight yang tertangkap kamera.

"Sunlight bukan cuma piring, bisa juga bayi," kata dokter Gia dengan nada bercanda. 

3 dari 3 halaman

Komentar lucu

Tentunya, Dokter Gia tidak benar-benar membersihkan bayi menggunakan Sunlight. Namun, karena penampakan foto yang lucu saat di dapur, hal ini menarik sejumlah orang untuk berkomentar.

"Pantes bayinya bersih bersinar aa dokter," tulis akun bundaslanky.

"Tren 2018 bersihkan bayi baru lahir pakai sunlight ya dok" sahut Rediana Murti.

"Parutan buat apa ya dok?" tanya akun Gina1481.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.