Sukses

Muda Bergerak Campaign, Gerakan Bantu Komunitas Sosial

Liputan6.com, Jakarta Mengingat bahwa masalah sosial di Indonesia terbilang tak sedikit, hal ini mendorong banyak orang, terutama kaum muda untuk membentuk komunitas-komunitas sosial.

Dalam memecahkan sejumlah permasalahan sosial dalam masyarakat, komunitas dibutuhkan sebagai aksi nyata dengan tujuan mengurangi dan mencari solusi atas sejumlah permasalahan sosial yang ada.

Namun, setiap komunitas sosial pasti menghadapi hambatannya masing-masing. Oleh karena itu, Putri tanjung, CEO dari Creativepreneur Event Creator bersama dengan Code for Indonesia dan Kreavi membentuk gerakan sosial bernama Muda Bergerak.

Muda Bergerak merupakan sebuah program yang diinisiasi untuk membesarkan dampak baik dari komunitas-komunitas sosial dalam masyarakat. Program gerakan sosial ini sengaja dibuat untuk memberikan kemudahan dan membesarkan dampak baik dari komunitas sosial melalui teknologi dengan kolaborasi bersama developer dan desainer.

Muda Bergerak sebelumnya sudah melakukan pendaftaran pada 20 Oktober 2017 yang lalu dan telah menjaring hampir 300 komunitas. Melalui serangkaian seleksi dan tahapan, dari jumlah 300 komunitas, kini terpilih lima komunitas terbaik.

"Ada tiga seleksi namun utamanya kita memilih komunitas yang sudah berdampak jadi memang ada kontribusi nyata terhadap masyarakat dan kepada orang lain." ujar Putri tanjung, Founder dari Muda Bergerak Campaign, dalam acara Presentation Day #MudaBergerak, Rabu (20/12/2017) di Jakarta.

Lima komunitas yang tepilih dari seleksi dilihat sebagai komunitas yang punya dampak secara nyata di tempatnya masing-masing. Semangat para anggota dan founder komunitas dalam memberikan manfaat kebaikan untuk orang lain, serta isu-isu sosial yang relevan diangkat oleh komunitas merupakan sejumlah faktor pertimbangan dalam seleksi.

Meskipun begitu, hambatan sebagaian besar komunitas yang terpilih belum mengoptimalkan aspek digital mereka. Itulah sebabnya, Muda Bergerak memberikan peluang bagi kelima komunitas yang terpilih untuk mengikuti Bootcamp Muda Bergerak.

2 dari 3 halaman

Lima komunitas yang terpilih

Dalam pembinaan tersebut para komunitas akan diberikan strategi untuk mengoptimalkan dan membantu aspek digital dan konten dalam komunitas-komunitas tersebut. Hal ini bertujuan agar komunitas yang terpilih, semakin meningkatkan dampak besar mereka di masyarakat.

Setelah mendapatkan pembinaan, kelima komunitas akan dipantau perkembangan mereka dan kemudian melakukan presentasi dari hasil perencanaan yang telah mereka lakukan. Kelima komunitas yang terpilih dan melakukan presentasi meliputi;

For Children Foundation, komunitas yang berfokus pada isu bullying pada anak di Indonesia. Garda Pangan, komunitas asal kota Surabaya yang berfokus pada food waste atau makanan berlebih yang biasanya terbuang sia-sia.

Gerakan Mendongeng Indonesia, gerekan untuk menyajikan pembelajaran menyenangkan melalui dongeng kepada anak-anak. Indonesia Bicara, komunitas yang memiliki visi menyebarkan kesadaran berpolitik kepada genarasi muda di Indonesia.

Komunitas terakhir yakni Klinik Jalanan, merupakan komunitas yang berfokus pada pusat rehabilitasi dan pendidikan bagi anak-anak jalanan yang menyalahgunakan inhalen di Samarinda.

3 dari 3 halaman

Rencana berikutnya

Untuk ke depannya Putri sebagai Founder Muda Bergerak, berharap program gerakan sosial seperti ini akan dilakukan secara  tahunan. Ia juga berharap untuk bekerja sama dengan lebih banyak komunitas sosial di acara mendatang.

"Karena komunitas ini sudah menjadi bagian dari keluarga kami, jadi nantinya kita akan terus sering berkomunikasi, membuat acara bersama, dan akan terus mendukung lima komunitas ini," tutur Putri.

Menurut pernyataan para komunitas yang terpilih, mereka merasa terbantu dengan adanya Muda Bergerak. Dalam program tersebut komunitas yang bersangkutan mendapat kemudahan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kampanye-kampanye sosial mereka.

Selain itu dengan adanya Muda Bergerak, lima komunitas yang terpilih juga dapat mengembangkan dampak mereka ke masyarakat secara luas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video