Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Mengeluh Sakit pada Telinga, Ternyata Dokter Temukan Kecoak

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria asal Shanghai dilarikan ke rumah sakit di Distrik Fengxian karena mengeluhkan rasa nyeri yang parah pada lubang telinganya. Ketika dokter menyelidiki keluhannya secara lebih lanjut, ternyata rasa sakit itu disebabkan ada serangga di dalam telinganya.

Akhirnya pria 35 tahun itu menemukan jawaban bahwa sumber sakitnya disebabkan kecoak hidup di dalam telinganya. Dokter yang bersangkutkan menyebutkan bahwa panjang kecoak itu mencapai tiga milimeter pada telinga pria malang tersebut.

Untuk mengeluarkannya, dokter menuangkan sedikit alkohol kepada pasiennya untuk melumpuhkan kecoak agar tidak bergerak di dalam telinga. Kemudian dokter mengambil serangga itu menggunakan pinset kecil.

Kondisi ini bukan tidak mungkin bisa terjadi pada kita. Apa yang harus dilakukan untuk menghindarinya dan apa yang harus dilakukan jika ini terjadi?

2 dari 2 halaman

Foto kecoak yang diambil dari telinga pria tersebut

Jika kamu mengalami masalah seperti ini, ada baiknya untuk tidak menyinari saluran telinga dengan senter. Selain itu, jangan coba-coba untuk menarik serangga dalam telinga tanpa bantuan orang lain. Hal ini dapat berakibat serangga tersebut justru masuk lebih dalam ke telinga.

Selain menggunakan alkohol, dokter juga menyarankan untuk menuangkan sedikit air hangat ke dalam telinga supaya serangga yang masuk menjadi lumpuh dan tidak bergerak. Setelah itu dilakukan, kita bisa pergi ke rumah sakit supaya serangga itu bisa diambil oleh tim dokter.

Jangan sampai kamu nekat untuk menyemprotkan insektisida ke dalam telingamu. Walaupun bisa membunuh serangga, hal ini dapat menyebabkan efek samping pada telingamu. Telingamu justru bisa mengalami pembengkakan.

Sebenarnya ada bahaya yang yang mengancam jika kita salah melakukan tindakan ketika serangga masuk ke dalam telinga. Robeknya gendang telinga sebenarnya sangat memungkinkan terjadi apabila serangga yang masuk merasa terganggu dan mencari jalan keluar dari telinga. Alih-alih keluar, serangga justru masuk lebih dalam ke telinga kita.

Infeksi dan luka juga mungkin terjadi ketika kita berusaha mengeluarkan serangga  dengan benda lain. Gigitan serangga juga bisa terjadinya dan menyebabkan infeksi dalam telinga. Selain mengganggu pendengaran, serangga yang masuk ke dalam telinga bisa juga berpotensi masuk ke bagian otak.

Cara pencegahan yang bisa dilakukan, yakni selalu membersihkan tempat tidur, apalagi ketika kita akan beristirahat. Selain itu, jangan menaruh makanan di dekat tempat tidur dan ada baiknya untuk menggunakan penutup telinga saat tidur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading