Sukses

Inovasi Terbaru dari Jepang, Toilet yang Bisa Dibawa ke Mana-Mana

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu pernah mengalami keadaan darurat saat perut sudah tidak bisa diajak kompromi tapi toilet tak tersedia? Jika ya, mungkin kamu akan senang mendengar kabar ini.

Dua perusahaan di Jepang membuat inovasi toilet yang bisa dibawa ke mana saja dengan nama minimLET.

Adanya toilet darurat ini amat diperlukan saat kita dihadapkan dalam situasi yang mendesak, seperti di lokasi bencana alam atau saat dalam perjalanan yang jauh.

Perusahaan desain Nendo dan perusahaan Sugita-Ace yang memasok perabotan, bekerja sama untuk mencari solusi kesulitan akses toilet. Desain untuk toilet ini sengaja dibuat simpel agar semakin praktis dibawa ke mana-mana.

 

 

1 dari 3 halaman

Ada tenda penutup dan payungnya

Desainer dari perusahaan Nendo membuat toilet praktis ini dengan menggunakan enam benda. Mereka menyiapkan dudukan toilet, pipa almunium, kain tenda nilon, tisu saku, kantung sampah serta zat pengental. Beberapa benda dari toilet tersebut bisa digunakan secara multifungsi.

Tiang almunium bisa digunakan untuk menopang tempat duduk toilet. Pipa itu juga bisa digunakan untuk mendirikan tenda nilon. Barang-barang seperti botol air dan kaleng minuman juga bisa menopang tempat duduk toilet.

Tenda nilon dapat dikenakan pada tubuhmu saat sedang buang air. Kamu juga bisa gunakan payung bersama tenda nilon agar tidak terganggu saat buang air, sekaligus menjaga privasimu.

2 dari 3 halaman

Hanya seukuran laptop

Keunikan lainnya dari inovasi minimLET, juga bisa muat dibawa dengan tas seukuran laptop. Tas yang disediakan oleh minimLET bisa juga menahan beban 16 liter air.

Saat ini mereka masih mengembangkan inovasi tersebut. Namun, kedua perusahaan sudah memastikan bahwa MinimLET akan diluncurkan pada tahun 2018 mendatang.

Mengingat bencana alam kerap kali terjadi dan menyebabkan sulitnyanya akses toilet, hadirnya inovasi toilet ini diharapkan akan dapat membantu menyediakan toilet di saat darurat.

Bagaimana tanggapanmu tentang toilet ini?

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang
  • Toilet
Artikel Selanjutnya
5 Teknologi Modern Ini Ternyata Sudah Ditemukan Para Leluhur
Artikel Selanjutnya
Insinyur Jepang Wujudkan Mimpi Bikin Robot Gundam