Sukses

Gara-Gara Kuas Makeup Kotor, Wanita Ini Kena Infeksi Kulit

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan makeup merupakan cara untuk merias wajah. Memakai makeup tak lengkap rasanya jika tidak menggunakan brush atau kuas. Kuas itu sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan bentuk.

Sayangnya, terkadang kuas makeup tak dicuci setelah lama dipakai. Hal ini semakin diperparah, jika kuas makeup terus-terusan digunakan tanpa dicuci selama berbulan-bulan.

Tidak hanya kotor dan menjadi sarang kuman dan bakteri, kuas yang kotor dapat menyebabkan timbulnya jerawat bahkan sampai dengan penyakit serius.

Melansir Attn:, Selasa (28/11/2017), Katie Wright merupakan salah satu orang yang sempat mengalami penyakit serius pada wajahnya. Kattie (21) yakin bahwa perubahan pada wajah cantiknya disebakan oleh salah satu kuas alis yang ia miliki.

"Aku tak pernah menyangka bahwa salah satu kuas makeup-ku bakal membuatku jadi begini. Waktu itu, aku merasa sesuatu pada wajahku, terasa seperti terjadi pembentukan jerawat besar," ujar Katie.

 

Katie Wright (21) terkena infeksi kulit dari kuas alisnya. Source: Shared.com

Setelah dikonsultasikan pada dokter barulah diketahui adanya infeksi staph pada wajah Katie. Penyakit ini termasuk pada kasus Cellulitis atau infeksi serius pada kulit.

Gejalanya berupa panas pada kulit. Pembengkakan juga terjadi karena infeksi dapat memengaruhi bagian jaringan pada kulit. Karena wajahnya mengalami pembengkakan, Katie mengaku dirinya sampai sulit untuk membuka matanya.

"Penyakit serius ini dapat berpengaruh pada pengelihatanku serta kerusakan pada bagian otak. Benar-benar berubah menjadi kasus yang amat serius lebih dari yang aku perkirakan," ungkap Katie.

Untuk menyembuhkan penyakit ini, Katie kerap ke rumah sakit dan sering mengonsumsi antibiotik agar infeksinya hilang.

Setelah mengalami pengalaman yang buruk dari kuas makeup, Katie juga memberitahukan betapa pentingnya kesadaran untuk mencuci kuas makeup secara rutin.

1 dari 2 halaman

Seberapa sering wanita membersihkan kuas mereka?

Menurut hasil data Universitas Loyola Marymount, bakteri bisa tumbuh lebih banyak dan lebih cepat pada kuas dibandingkan dengan gagang pintu sekalipun.

Selain itu, mengutip Business Wire, data yang dikumpulkan oleh Anisa International menyebutkan lebih 61 persen wanita yang kerap menggunakan alat-alat makeup seperti kuas, hanya mencucinya sekali selama sebulan atau tidak dicuci sama sekali.

Padahal, alat-alat kecantikan sejatinya bisa jadi musuh utama yang dapat merusak wajah kita. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita rajin mencuci alat-alat makeup seperti kuas.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Noda Hitam Bekas Jerawat Mengganggu, Gunakan Masker Ini
Artikel Selanjutnya
5 Perawatan Kulit Kering yang Bisa Anda Lakukan di Rumah