Sukses

7 Tradisi Unik Lebaran di Indonesia yang Paling Ngangenin

Ada beberapa tradisi khas yang hanya dilaksanakan pada lebaran, tidak hanya bersilaturahmi, tetapi juga ada sederetan kegiatan unik.

Liputan6.com, Jakarta - Hari raya lebaran memang sangat akrab bagi masyarakat Indonesia. Momen Hari Raya Idul Fitri yang merupakan salah satu hari perayaan umat muslim ini menjadi hari yang paling meriah di dunia.

Ada beberapa tradisi khas yang hanya dilaksanakan pada lebaran, tidak hanya bersilaturahmi, tetapi juga ada sederetan kegiatan unik dan meriah, terutama di Indonesia.

Seperti yang kita tahu, budaya lebaran di Indonesia sangat dinanti-nantikan dan paling ditunggu setiap tahunnya. Karena banyaknya keunikan dan keistimewahan dari hari yang suci ini. Kebanyakan warga Indonesia tidak pernah lupa dengan tradisi-tradisi lebaran yang berlangsung setiap tahun tersebut.

1. Mudik

Kamu pasti juga sering melakukan tradisi yang satu ini? Nah, kalau yang ini hampir tak pernah terlewatkan oleh masyarakat Tanah Air. Mudik seakan menjadi hukum wajib yang dilakukan para perantau, khususnya di Jakarta.

Menjelang lebaran tiba, mereka yang berada di Jakarta sudah pasti pulang ke kampung masing-masing karena ingin merayakan dan memanfaatkan momen lebaran bersama keluarga tercinta. Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri pun tiket pesawat sangat cepat sekali habis terjual. Tak peduli seberapa mahal uang yang harus mereka bayarkan asal bisa berjumpa dengan keluarga di kampung sana. 

2. Makanan Khas Lebaran

Tak hanya di Indonesia, sebagian negara Asia juga memiliki makanan khasnya masing-masing. Tapi, yang nggak boleh tertinggal adalah ketupat sayur. Setiap hari raya Idul Fitri tiba, masing-masing keluarga pasti menyuguhkan makanan spesialnya.

Biasanya, sepulang shalat Idul Fitri menu pertama yang akan disantap adalah ketupat sayur. Tersaji dengan sangat menarik dan menggugah selera, makanan yang satu ini biasanya disajikan lengkap dengan opor, rendang dan kerupuk udang.

3. THR

Tradisi ini juga merupakan turun temurun yang biasanya dilakukan ketika Hari Raya Idul Fitri. Biasanya, tradisi ini akan dibagikan kepada anak-anak kecil, keponakan dan saudara.

Tak hanya dikalangan keluarga saja, di kantor pun tradisi ini sangat dinantikan para karyawannya. Selain itu, juga sudah menjadi ketetapan pemerintah lho. 

4. Mengirimkan Parcel

Saling mengirimkan parcel kepada tetangga, kerabat maupun sanak saudara yang jauh menjadi kebiasaan yang sering dilakukan juga selama bulan puasa dan menjelang lebaran.

Selain untuk menjalin tali silaturahmi, hal ini juga sangat dinanti-nantikan. Tak jarang yang menantikan dan sangat penasaran dengan isi dari parcel tersebut. 

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.