Sukses

Intip 5 Fakta Aneh Gunung Padang Cianjur, Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak tahu tentang bangunan bersejarah piramida, dengan bentuk bangunan seperti prisma segi empat ini merupakan salah satu bangunan dari tujuh keajaiban dunia yang terletak di Mesir. Namun di Indonesia juga terdapat gunung yang bentuknya menyerupai piramida atau sering disebut sebagai piramidanya Indonesia.

Gunung Padang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Piramida Indonesia ini, merupakan salah satu situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Gunung yang terletak di desa Karyamukti – Cianjur ini, memiliki beberapa fakta menarik, diantaranya:

1. Gunung Padang Bukan Piramida Indonesia

Piramida Indonesia adalah sebutan lain bagi Gunung Padang yang lebih dikenal dibanding nama aslinya sendiri. Namun sayangnya sebutan tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada. Sebab, faktanya Gunung Padang bukanlah sebuah Piramida. Melainkan sebuah Punden Berundak. Dimana tiap undakan terdiri dari lima teras dengan nama undakannya masing-masing.

2. Gunung Padang Dikelilingi Oleh Lima Bukit, Lima Sungai, dan Lima Gunung

Bagaikan sebuah titik pusat, Gunung Padang dikelilingi oleh lima bukit dan lima sungai sekaligus. Orientasi gunung padang juga tegak lurus sejajar dengan lima gunung di sekelilingnya.

Simak Intip 5 Fakta Menarik Tentang Gunung Padang, di Forum Liputan6 yang ditulis Muhammad Tarmizi menggunakan akun @MTarmiziM meng-klik tautan ini.


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya: Ini Cara Bule Menawar Tukang Becak di Jogja. Yuk berbagi di Forum Liputan6.

Penulis:

Arieska Amelia - Universitas Budi Luhur