Sukses

Bak Alien, Bayi dalam Kandungan Meletus Keluar dari Rahim

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi kasus dalam bidang medis terbaru baru-baru ini merilis kisah kehamilan ganjil yang mirip kelahiran alien. Dalam film Alien, Xenomorph keluar dengan membelah organ milik inangnya.

Dalam kasus ini, janin meletus keluar dari dinding rahim dan hidup di luar rahim sang ibu. Menurut laporan dari the New England Journal of Medicine, kasus ini terjadi pada seorang wanita yang berusia 33 tahun dengan kehamilan 22 minggu.

Meski ia tampaknya tak memiliki gejala aneh sejak pengecekan pertama, USG secara rutin yang dilakukan oleh wanita itu kemudian mendeteksi sesuatu yang tak terduga. Selanjutnya, magnetic resonance imaging (mri) menunjukkan bahwa dinding rahimnya telah pecah sepanjang 2,5 sentimeter.

Tak hanya itu, kantung ketubannya diketahui telah turun, membiarkan perut dan kaki janin keluar dari rongga yang terbuka. Dokter dari the Angers University Hospital di Perancis yang merawat wanita itu mengaku belum pernah melihat sesuatu yang seperti itu sebelumnya.

Menurut sang dokter, kasus ini termasuk jenis kehamilan pecah. Kasus seperti ini diduga memengaruhi kurang dari 5 kehamilan dari 1.000 wanita hamil yang sebelumnya pernah melakukan operasi sesar.

Ini adalah fenomena yang sangat jarangg terjadi, tapi dapat mengancam nyawa ibu dan anak. Risiko dapat lebih rendah bila terjadi pada kehamilan pertama dan tak pernah melakukan operasi sesar sebelumnya.

Dalam kasus di atas, ruptur uterus sang ibu dan amniocele-nya akhirnya diidentifikasi dan diperbaiki melalui operasi. Setelah melahirkan dengan operasi sesar yang rumit, anak itu dapat bertahan hidup dengan tumbuh sehat.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6